10 Buah Yang Baik Bagi Ibu Hamil
10 Buah Yang Baik Bagi Ibu Hamil

10 Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Posted on

Mengkonsumsi buah-buahan yang banyak akan manfaat memang sangat baik untuk dikonsumsi setip hari. Selain dapat menyehatkan tubuh, sering mengkonsumsi buah-buahan segar juga dapat menyegarkan tubuh dan tenggorokan, serta dapat memenuhi asupan yang diperlukan oleh tubuh. Sebab itu, jangan pernah ragu mengkonsumsi buah-buahan setiap hari karna dapat membuat tubuh anda menjadi semakin sehat dan fit.

Beberapa Macam Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Beberapa Macam Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Umumnya, buah-buahan memiliki manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya, apalagi bagi ibu hamil. Berbagai jenis buah sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil untuk menyehatkan bayi dalam kandungan mereka, seperti halnya 10 buah sehat yang baik dikonsumsi ibu hamil berikut:

1.Anggur

Berbagai kandungan yang terdapat dalam anggur sangat penting dan diperlukan oleh ibu hamil, baik bagi kesehatan ibu hamil maupun bagi kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Kandungan yang terdapat dalam anggur yang sangat penting dan diperlukan ibu hamil di antaranya beta karoten, fosfor, zat besi, DHA, asam folat, magnesium, kalsium, omega 3, serat, vitamin A, C, dan B1. Asam folat adalah salah satu dari beberapa kandungan di atas yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Kandungan asam folat membantu membentuk saraf otak janin, mengurangi resiko cacat pada bayi yang lahir, dan membantu pembentukan tabung otak bagi janin.  Mengkonsumsi anggur secara rutin adalah salah satu cara untuk membuat anak yang ada dalam kandungan menjadi cerdas. Selain membantu untuk membentuk saraf otak janin, kandungan folat dan kalsium yang terdapat dalam anggur dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin, dan juga dapat memperkuat tulang sang ibu. Namun yang harus diperhatikan dalam hal mengkonsumsi anggur secara rutin adalah ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi anggur lebih dari 500 gram perhari, karna anggur juga memiliki kandungan alkohol yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya.

2.Apel

Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan C yang terkandung dalam buah apel sangat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya. Apel bahkan disarankan untuk dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil apalagi apel hijau yang memiliki kandungan lebih banyak daripada apel merah. Selain kaya kana vitamin, apel juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk memperlancar sistem pencernaan ibu hamil. Ditambah dengan kandungan asam malat dan tannin yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu selama masa kehamilan, serta dapat mengurangi rasa mual yang biasanya menjadi gejala kehamilan.

3.Cherry

Berbagai kandungan dalam buah cherry seperti kalium, zat besi, mangan, tembaga, dan lain-lain sangat baik bagi ibu hamil karna bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan membuat kulit bayi yang ada dalam kandungan menjadi lebih putih dan bersih. Jadi, bagi anda ibu hamil yang menginginkan bayi anda memiliki kulit yang putih dan bersih, cobalah untuk mengkonsumsi buah cherry setiap hari. Selain manfaat di atas, buah cherry juga dapat memperlancar aliran darah, serta dapat menjadi garnis atau makanan penghias bagi makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga dapat merubah mood menjadi baik dan menambah nafsu makan ibu hamil. Buah cherry bisa dikatakan sebagai buah yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan ibu hamil, dan jika ibu hamil memililki nafsu makan yang baik maka nutrisi yang dibutuhkan olehnya dan janin yang ada dalam kandungannya dapat terpenuhi.

4.Buah Naga

Manfaat buah naga bagi ibu hamil memang tidak diragukan lagi, berbagai kandungan yang terdapat dalam buah naga sangat baik bagi ibu hamil apabila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan. Buah naga yang dianggap sebagai buah larangan saat hamil ini ternyata mengandung karoten, zat besi, karbohidrat, serat, dan folat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang sedang mengalami anemia atau kurang darah, hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang tinggi dalam buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah, selain itu karoten yang terdapat dalam buah naga berfungsi untuk menyempurnakan indera penglihatan janin selama masih dalam kandungan.

5.Strawberry

Beberapa kandungan dalam buah strawberry yang baik bagi ibu hamil sudah diketahui banyak orang, seperti kalium, asam folat, vitamin B, C, dan asam ellagic dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Kandungan vitamin C yang tinggi yang terdapat dalam buah strawberry juga dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi janin. kandungan lain buah strawberry juga dapat membantu pembentukan sel darah merah dan perkembangan sistem saraf bayi.

6.Alpukat

Alpukat mengandung berbagai macam zat yang baik bagi ibu hamil seperti vitamin B kompleks, kalium, dan asam folat yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya serta dapat membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin. alpukat juga dapat mengurangi mual yang biasanya terjadi pada ibu hamil. Kandungan lain dalam alpukat seperti vitamin C, E, dan K akan membantu memperkuat tulang janin dan tulang sang ibu.

7.Pisang

Kandungan dalam buah pisang yang dibutuhkan oleh ibu hamil menjadikan buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi sebanyak 3-4 buah setiap hari. Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah pisang yang sangat diperlukan oleh ibu hamil adalah folat yang berfungsi untuk membantu proses perkembangan saraf dan otak janin saat dalam kandungan sehingga dapat meminimalisir resiko bayi terlahir cacat. Kandungan zat besi tinggi yang terdapat dalam buah pisang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang mengalami anemia karna zat besi dapat mebantu pembentukan sel darah merah. Kalium yang terkandung dalam buah pisang juga dapat membantu mengurangi resiko pembengkakan saat masa kehamilan.

8.Salak

Salak adalah salah satu buah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil karna berbagai kandungan yang dimilikinya. Salak bisa mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil, dan juga dapat membantu mengatasi gangguan pada asam lambung yang biasanya menyebabkan gejala mual pada ibu hamil. Salak juga memiliki kandungan pectin yang dapat membantu perkembangan otak dan memori janin, sehingga dapat mencerdaskan janin yang ada dalam kandungan.

9.Mangga

Buah yang satu ini mungkin tidak asing lagi bagi ibu hamil karna mereka sering ngidam untuk bisa memakannya. Buah mangga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil apalagi saat trimester awal, karna berbagai kandungan yang dimilikinya seperti serat, magnesium, vitamin A, B6, C dan lainnya sangat berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan perkembangan fungsi kognitif pada bayi, dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Asam folat dan kalium yang terdapat dalam buah mangga juga dapat bermanfaat untuk membantu menstabilkan tekanan darah dan sistem detak jantung, menyeimbangkan elektrolit tubuh, membantu sistem kerja saraf dan otot tubuh, dan membantu menghindarkan janin dari kecacatan.

10.Nangka

Meskipun buah nangka memiliki mitos dapat menggugurkan kandungan, namun sebenarnya buah nangka memiliki manfaat yang besar bagi ibu hamil. Kandungan vitamin A, dan B3 yang terdapat dalam nangka dapat membantu perkembangan organ mata pada janin, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga membantu ibu hamil mengontrol stress saat masa kehamilan.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply