Kenapa Harus ada Kata Rindu Didunia ini?

Posted on

Mungkin kata rindu yang satu ini sudahlah tidak asing di telinga anda bukan. Rindu adalah perasaan yang tiba-tiba saja muncul pada saat kita itu menginginkan sesuatu yang pernah ada, bisa saja mendambakan sesuatu yang dulunya pernah kita alami, dan ataupun yang baru saja kita rsakan tetapi dia pergi begitu saja dan menghilang dari kehidupanmu.

Rasa rindu yang membuat kita bersedih
Rasa rindu yang membuat kita bersedih

Terkadang rindu juga bisa membuat kita pedih, tapi dia adalah kepediahan yang akan berujung manis, karena di dalmnya kepedihan itu ada rasa kebahagian berlebih saat kepedihan itu terpenuhi dengan apa yang kita inginkan nantinya.

Rasa rindu yang kita rasakan secara berlebihan juga bisa membuat kita termenung, bersedih dan bahkan kita akan menangis karena rasa rindu itu. Karena keinginan kita itu terlalu membara dan tak bisa lagi kita kendalikan. Rindu juga sangatlah mengharukan dan menggairahkan, adanya keheningan yang menggelisahkan yang ada di dalam rindu itu sendiri. Rasa hati yang hampa, pilu, lara dan sebagainnya yang juga bisa mengganggu perasaan hati kita. Dan rasa rindu itu uga meracuni pikiran dan akan membuat konsentrasi kita yanga ada di otak itu hilang.

Adapun objek rindu itu sangatlah bermacam loh guys, bisa rindu pada kenangan, rindu pada teman lama, rindu sahabat, rindu pada masa lalu, rindu orang tua, rindu keluarga dan yang paling umum dari rasa rindu itu ialah rindu akan kekasih hati. Atau yang sering kita kenal dengan kata kengen.

Oke, dan disini saya mempunyai beberapa tips bagaimana sih cara mengatasi ras rindu atau kangen itu? Antara lain sebagai berikut :

  • Ikhlas kepada Allah

Ikhlas adalah salah satu termanjur dari prnyakit rindu. Kalau kamu benar-benar ikhlas kepada Allah, percayalah Allah juga akan menolongmu dari penyakit kerinduan yang sedang kamu rasakan. Da ketika pemuda itu ikhlas kepada Allah, maka Allah juga akan memilihnya untuk menghidupkan hatinya. Di saat itulah mungkin segala kekejian akan berpaling dari kamu dan dia akan takut untuk mencari penggantinya selain hanya pada Allah. Keadaan seperti itu tidaklah beda dengan sepotong ranting yang meliuk kesana kemari dan mengikuti arah angin.

  • Berdo’a

Do’a ini juga mengandung sikap kefakiran serta sikap kerendah dirian seseorang di hadapan Allah. So, do’a juga merupakan salah satu bentuk kita beribadah kepada Allah yang Maha Agung. Bahkan ketika seseorang berada di dalam kesempitan dan dia bersunggung-sunggung akan do’anya itu, maka niscahya Allah itu akan mengabulkan do’anya itu.

  • Menejamkan pandangan

Pandangan yag beulang-ulang juga sebagai pematik terbesar yang dapat menyalakan apai hingga terbakarlah hati itu dengan sebuah kerinduan. Bahkan Ibnu Taimiyah berkata: “Allah juga menjadikan pandangan dan kemaluan sebagai sebab untuk mensucikan jiwa. Dan konsekuensinnya kita dari menjaga jiwa adlah dengan menghilangkan segala bentuk kejahatan, kezaliman, syirik, perbuatan keji dan masih banyak lagi.

  • Mencari kesibukan dan aktif

Dalam situasi yang kosong kegiatan, biasanya lebih banyak orang yang mudah memikirkan orang yang dia cintai. Tapi kalau dalam keadaan sibuk yang luar biasa berbagai pikiran itu akan mudah lenyap begitu saja. So, untuk memangkas kerinduan akan seseorang sebaiknya kamu melakuakan untuk menyibukan diri dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat baik itu dunia ataupun akhirotnya.

  • Menghindari nyanyian dan film percintaan

Nyanyian dan fil-film percintaan itu memiliki andil yang sangatlah besar untuk mengobarkan kerinduan pada seseorang yang kita cintai. Apalagi jika nyanyian itu dikemas dengan mendayu-dayu, mengharu-biru dan tentunya hal ini akan mengetarkan hati orang yang sedang ditimpa kerinduan itu. Dan demi keselamatan dan kejernihan hatimu sendiri akan adanya kerinduan yang melanda, sehingga sempat para ulama berkata, “Nyanyian adalah salah satu tarian perzinahan.”

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply