7 Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Posted on

Kita sebagai anak harusnya bersyukur karena telah diberi kehidupan yang aman dan tentram serta diberi kehidupan yang berkecukupan. Sebagai seorang anak akan selalu dilindungi serta dijaga oleh kedua orang tuanya dengan cara apapun, sebsb anak merupakan buah hati dan tumpuan harapan mereka. Dari kecil, anak selalu dirawat dan dididik oleh kedua orang tuanya agar menjadi orang yang dapat berperilaku yang baik dan dapat menjaga dirinya sendiri serta faham akan menghargai orang lain.

Tidak ada seorangpun yang bisa menandingi kasih sayang orang tua yang tulus kepada anaknya. Yang dapat dilakukan oleh seorang anak untuk membalas budi kepada kedua orang tuanya yaitu hanyalah bakti sebagai seorang anak.

Keutamaan berbakti kepada kedua orang tua

Berbakti kepada orang tua adalah cara seorang anak untuk menunjukkan bahwa mereka meletakkan penghargaan yang tinggi kepada orang tuanya. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa bakti terhadap orang tua. Berikut ini adalah 7 keutamaan berbakti kepada orang tua antara lain:

  1. Merupakan amalan yang paling utama

Sebelum melakukan amalan yang lain, kita harus melakukan berbagai hal yang menunjukkan bakti kita terhadap orang tua lebih dahulu. Berbakti terhadap kedua orang tua merupakan cara membahagiakan orang tua, sebab mereka pasti mengetahui rasa peduli dan rasa hormat kita terhadapnya.

  1. Mendapat ridho dari Allah jika orang tua memberikan ridhonya

Saat kita megerjakan sesuatu hal, sebaiknya kita meminta ridho dari orang  tua terlebih dahulu, agar semuanya dapat berjalan dengan lancar. Ridho yang telah orang tua berikan merupakan ridho Allah juga dalam hal baik yang kita lakukan. Cara untuk mengetahui apakah orang tua memberikan ridhonya yaitu dengan cara memintanya secara langsung untuk segala apapun yang sedang kita cita citakan ataupun usahakan. Contohnya jika ada orang tua yang tidak merestui pada pasangan hidup kita, pasti ada penyebabnya yaitu hubungan yang tidak direstui orang tua. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memperoleh restu jika kita ingin meneruskan hubungan dengan pasangan hidup kita.

  1. Memiliki nilai yang sama dengan berjihad

Keutamaan selanjutnya yaitu memiliki nilai yang sama dengan berjihad. Jihad merupakan cara umat islam dalam memperjuangkan keyakinan. Berbakti kepada orang tua memiliki nilai yang sama besarnya dengan berjihad. Jika terlebih lagi orang tua kita telah berusaha menjadi orang tua yang baik.

  1. Orang tua merupakan tiket menuju surge

Jika kita ingin masuk ke dalam surga, maka tiketnya yaitu harus berbakti terhadap kedua orang tua. Tetaplah kita berbakti terhadap orang tua, meskipun mereka berbuat dzhalim sekalipun. Senantiasa itu meninggikan peran seorang ibu dalam keluarga dan peran seorang ayah dalam keluarga itu dapat menggiring kita untuk masuk kedalam pintu surga.

  1. Akan dilapangkan rezeki dan usianya

Peran seorang anak dalam keluarga yaitu hanya untuk berbakti kepada  kedua orang tua. Jika kita selalu berusaha untuk berbakti kepada orang tua, maka kita akan mendapat kemudahan dalam masalah rezeki dan akan dipanjangkan usianya.

  1. Mendapat ampunan dari Allah

Apabila kita berbakti terhadap orang tua, itu merupakan salah satu cara agar mendapatkan ampunan dari Allah atas segala kesalahan yang kita lakukan. Salah satu ciri ciri orang yang baik hati adalah orang tersebut berbakti terhadap kedua orang tuanya dengan rasa tulus.

  1. Akan mendapat keturunan yang berbakti pula

Salah satu keutamaan berbakti kepada kedua orang tua yaitu kita dapat mendapatkan bakti yang sama dari keturunan kita nanti, karena mereka malihat contoh dari yang kita berikan yaitu kita sebagai seorang anak harus bisa menunjukkan bakti terhadap orang tua.

Sebagai seorang anak, kita harus selalu berusaha menunjukkan bakti terhadap orang tua yang telah  berjasa merawat kita sampai dewasa. Memang sangat sulit untuk membalas jasa orang tua yang sudah banyak berkorban utuk merawat kita. Oleh karena itu, usahakan untuk berbakti terhadap orang tua dengan ikhlas dan tulus agar semua keutamaan tersebut dapat kita peroleh.

Demikian artikel tentang 7 keutamaan berbakti kepada orang tua semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply