Pilih Mana, Belajar Pagi Atau Malam?
Pilih Mana, Belajar Pagi Atau Malam?

Kapan Waktu yang Paling Efektif Untuk Belajar, Pagi Ataukah Malam?

Posted on

Ada yang bilang bahwa waktu yang paling baik digunakan untuk belajar adalah di pagi hari, karna pada saat itulah pikiran kita masih fress dan masih memiliki energi penuh yang dapat digunakan untuk beraktifitas. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa waktu yang paling tepat digunakan untuk belajar adalah saat malam hari, karna di saat malam tak ada suara bising yang mengganggu dan bisa membuat konsentrasi kita buyar dan akhirnya hilang. Mungkin kamu pernah merasa bingung akan hal yang satu ini. Tetapi di balik setiap waktu tersebut mereka juga memliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lebih Memilih Waktu Pagi

Belajar Di Pagi Hari
Belajar Di Pagi Hari

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memilih belajar di saat pagi hari adalah ketika baru bangun tidur di pagi hari di situ kita memiliki lebih banyak energi dan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dibanding waktu lain. Nah, pada saat inilah yang bisa membuat kita akan lebih fokus melakukan suatu hal serta kita bisa menyerap lebih banyak informasi dengan tajam dan jelas. Para pakar pendidikan juga sangat menyarankan agar bisa memaksimalkan waktu belajar di saat hari masih pagi. Karna begitu hari semakin siang dan matahari semakin meninggi maka pikiran kita juga akan semakin panas dan pikiran kita akan merasa semakin lelah untuk bisa memikirkan sesuatu, meskipun itu hal yang sangat kecil dan remeh.

Selain itu, alasan lain yang dapat digunakan untuk lebih memilih waktu belajar di pagi hari yaitu akan lebih memudahkan kita dalam hal mengingat pelajaran, jika kamu memiliki jadwal untuk ujian di pagi hari ini. Dan jangan lupa selalu perhatikan suasana sekitarmu saat belajar di pagi hari, pastikan kamu mendapatkan penerangan dari cahaya matahari yang cukup dan pastikan posisimu itu jauh dari tv dan gadget yang bisa mempengaruhi mood belajarmu. Mendapat sinar matahari yang cukup itu akan sangat bermanfaat bagi kesehatanmu dan dapat membantumu dalam mengatasi hal yang membuatmu kesulitan dalam belajar.

Kekurangan jika kamu memilih waktu ini adalah bisa saja kamu akan terpengaruh dengan berbagai macam aktifitas yang seru yang membuatmu ingin segera menyelesaikan waktu belajar dan mulai beralih pada aktifitas yang lain. Apalagi jika ditambah dengan godaan gadgetmu yang selalu menyala dan mengingatkanmu dengan apa yang terjadi di media sosial pada pagi hari ini. Akan lebih baiknya jika gadget itu bisa kamu manfaatkan untuk memutar musik yang bisa membuatmu lebih bersemangat, dan jangan sampai kamu salah memilih lagu dan malah memutar lagu mellow yang hanya akan membuatmu merasa mengantuk lagi.

Lebih Memilih Waktu Malam.

Belajar Di Malam Hari
Belajar Di Malam Hari

Jika kamu lebih memilih waktu malam, ini juga mempunyai keuntungan tersendiri. Tapi juga ini tergantung kemempuanmu apakah kamu akan bisa merasa lebih fokus di malam hari atau justru akan merasa semakin mengantuk. Di saat malam hari tak ada yang bisa mengganggumu untuk belajar. Mungkin hanya burung hantu yang akan menemanimu menghabiskan kesibukan belajar pada malam itu. Kamu juga tak memiliki alasan lain untuk bisa beralih dari kegiatan belajarmu, karna umumnya di saat malam hari semua aktifitas kehidupan akan berhenti sejenak. Keuntungan lain adalah di saat malam kamu akan lebih mudah mengembangkan kreatifitasmu dan dapat dengan mudah memunculkan berbagai macam ide baru.

Tapi kekurangannya adalah bagi kamu yang memiliki rasa takut berlebihan akan merasa tidak nyaman dan cemas bila berlajar terlampau larut malam. Maka sesuaikan juga dengan kemampuanmu. Jangan sampai saking terlenanya dengan belajar sampai terlupa dengan kondisi badanmu.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang menunjukkan kapan waktu yang paling efektif digunakan untuk belajar. Tapi meskipun begitu semua itu juga tergantung dengan kemampuan dan kemauan masing-masing ya. Jangan terlalu memaksakan diri sehingga melupakan kondisi fisik dan mentalmu dan akhirnya kamu tak dapat menikmati waktu belajarmu. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply