4 Skill Yang Mampu Membuatmu Bersaing Di Zaman Modern Digital Ini

Posted on

Di zaman sekarang ini kita memerlukan kemampuan yang bisa membuat hidup kita jadi sejahtera. Beberapa hari yang lalu para pembesar bisnis dunia membahas, kemampuan apa saja yang wajib dipunyai oleh generasi milenial di zaman modern yang serba digital sekarang ini?. Tentu saja beberapa dari mereka menjawab kemampuan yang bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital, agar bisa hidup lebh optimal. Di zaman modern yang serba digital ini, umumnya kebanyanakan para perusahaan mencari atau sangat ingin merekrut programer sebagai tulang punggung perusahaan mereka dan sebagai kunci keberhasilan mereka. Tanpa programer perusahaan itu akan kehabisan ide dan akhirnya impian mereka tidak bisa terwujud. Selain para programer perusahaan juga sangat pergantung pada analis data atau orang-orang yang pandai dalam menganalisa dan mengolah data dan juga mereka sangat di andalkan perusahaan untuk membaca selera pasar untuk memberikan keuntungan sebanyak-banyaknya kepada perusahaan. Keinginan untuk memiliki keahlian seperti ini emang sangat banyak sih. Perusahaan manapun pasti sangat suka dengan kemampuan membaca data dan menerapkan teknologi ini. Baik itu oleh mesin maupun manusia.

Tapi ingat menurut situs Harvard busines review, bahwa mesin dan komputer punya batas dalam menggantikan kemampuan dari manusia. Secanggih-canggihnya komputer dan mesin tetap lebih canggih lagi otak manusia ciptaan allah. Karena yang menciptakan mesin-mesin canggih itu manusia dan yang menciptakan manusia adalah allah jadi semuanya itu bercabang dari terkecil hingga terbesar.
Walaupun skils tekhnis dianggap sebagai penentu kesuksesan suatu perusahaan, sebenarnya skill non teknis liberal arts juga nggak kalah penting. Tapi tunggu kalian pasti bingung apa itu liberal arts atau seni liberal adalah kelompok ilmu pendidikan yang meguasai imu seni, linguistik, ilmu ipa, bahasa, matematika, sastra, filosofi,psokologi, agama. Seni liberal biasanya digunakan di sistem pendidikan. Juga meskipun dia menekuni ilmu ipa dan matimatika, seni liberals aslinya lebih identik sama jurusan-jurusan non-eksata, alias “jurusan jurusan di bidang IPS”, yang banyak sekali mengandalkan kemampuan otak kanan, seperti emosi dan kreativitas. Menurut havard busines review kali ini dia menjelaskan bahwa sebenarnya skill non-teknis yang dipelajari para mahasiswa jurusan seni liberal nggak kalah penting dengan skiill teknologi tentunya. Sebagai kunci suksesnya perusahaan empat skill ini juga bisa menjadi skill utama juga. Menurut harvard business review empat skill itu adalah Kreativitas, kemampuan medengarkan, Empati, dan kemampuan menentukan visi misi yang jelas.
Jika ingin bersaing di dunia modern yang serba digital ini kita harus memiliki 4 skiill tadi tentunya.

4 Skiil Yang Bisa Membuatmu Bersaing Di Dunia Yang Serba Digital Ini

Kreativitas

orang yang kreativ tentunya akan selalu pentiny yaa bagi perusahaan, karena seorang pekerja yang kreativ akan membantu perusahaan membuat produk-produk yang bagus dan berkualitas. Orang yang kraetiv juga mempunyai pandangan yang dinamis dan mudah mengikuti perkembangan zaman, shingga di bisa selalu beradaptasi dengan zaman modern yang serba digital ini.

This week we explore what creativity is and how it works.

Empati

Empati adalah sifat yang mau untuk bisa merasakan apa yang orang lain rasakan (mudah membantu). Berempati itu tidaklah mudah loe sobat. Nggak banyak loeh orang yang punya sifat empati ini. Kalian mungkin bertanya-tanya hubungan apakah empatin dengan pekerjaan. Gini yaaa menurut saya dari havard……………… agar sebuah perusahaan bisa sukses, perusahaan harus memiliki orang yang punya empati. Kenapa???. Dengan menempatkan diri di posisi pelanggan yaaa. Dengan katalain, berempati sekarang paham’ kan, ya, kenapa bisa induvidu yang punya sifat empati bakal selalu di sayang perusahaan dan nggak akan bisa tergantikan oleh mesin.? Karena itulah rasa empati harus dimiliki oleh seseorang jika ingin sukses.!!!empati

Kemampuan Mendengarkan

Yaaaaa gimana siiih caranya agar kita bisa lebih berempati??? Haaah caranya dengan kita bisa menjadi pendengar yang baik. Jika kreativitas dan empati merupakan inti dari sukses, kalau begitu mendengarkan merupakan inti dari empati.Jadi jika kalian bisa mendengarkan hal-hal di sekitar kalian dengan baik dan sabar, kalian pasti bisa memahami banyak hal dan juga jika kalian bisa menjadi pendengar yang baik kalia juga bisa membangun budaya kerja yang lebih kuat dengan sesama rekan kerja maupun customer.pendengaran

Kemampuan Bisa Menentukan Visi-misi yang jelas

Perusahaan itu gak hanya membutuhkan pemimpin yang visioner aja. Nah, kemampuan menentukan visi misi yang bagus ini sangat di butuhkan di dunia bisnis ini juga membutuhkan intuisi yang kuat.visi-misi

Jadi Meskipun kalian bukanlah jurusan teknis jangan takut bersaing di zama modern yang serba digital ini OK ingat kalian punya kemampuan-kemampuan nonteknis yang bisa kamu asah lagi agar siap bersaing di zaman ini. Sekian dari saya semoga sedikit ini bisa menambah wawasan anda lebih luas lagi.

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply