Manfaat Buah Kelapa

Menguak Manfaat Tumbuhan 1000 Manfaat

Posted on

Apakah kalian semua sudah mengetahui, tumbuhan apa yang disebut sebagai tumbuhan 1000 manfaat? Tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia, tumbuhan yang hampir semua bagiannya memiliki manfaat. Tumbuhan tersebut adalah pohon kelapa. Yup, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan yang banyak sekali ditemui di area pantai ini merupakan tumbuhan yang bisa hidup di area curah hujan antara 1300-2300 mm/tahun. Tumbuhan yang sangat tidak asing lagi ditelinga kita ini sangatlah banyak memiliki manfaat sejak dulu, maka dari itu banyak yang menyebutnya tumbuhan 1000 manfaat. Pohon yang memiliki dahan tanpa cabang yang menjulang tinggi, daun yang memanjang dan buah yang bergerumun dipangkal daun ini sangatlah identik kepergunaannya, dan manfaatnya yang tidak sia sia. Saking banyaknya manfaat pohon ini, sampai sampai pramuka pun mempergunakan tunas kelapa sebagai lambang. Karena apa? Karena begitu banyaknya manfaat pohon kelapa yang menandakan bahwa seorang pramuka harus juga berguna dan tidak boleh menjadi orang yang sia sia.

Pohon Kelapa
Pohon Kelapa

Nah, kembali ke topik pembahasan. Memangnya bagian mana saja sih yang bermanfaat? Mudah sekali untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ya, semua bagian pohon kelapa itu memang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Mulai dari yang paling dasar yaitu akar, daun, lidi, hingga buahnya pun juga berguna, baik buah yang muda ataupun buah yang sudah tua juga bermanfaat. Nah,untuk mengetahuinya lebih jelas lagi, ayo kita bahas satu persatu manfaat dari pohon kelapa :

  • Akar

Kita mulai dari yang paling dasar dari bagian pohon. Yup  bagian akar, ha? memangnya akar kelapa bisa bermanfaat? Memang mungkin tak terlintas di benak kita jika akar pohon kelapa juga ikut bermanfaat. Memang belum banyak orang yang tau kalau akar juga bisa digunakan sebagai pewarna alami dan juga bisa dipergunakan sebagai obat diare, juga ada sebagian orang yang menggunakan akar sebagai kontruksi bangunan (penyangga bangunan). Dan yang lebih kreatif lagi ada yang mempergunakannya sebagai berbagai bentuk kerajinan tangan misalnya gelang, kalung.

Akar Pohon Kelapa
Akar Pohon Kelapa
  • Batang

Setelah itu naik ke bagian atasnya, yaitu batang. Batang pohon kelapa mengandung silika yang membuat pohon ini menjadi elastis. Karena keelastisan yang dimiliki pohon kelapa, membuat pohon ini sering digunakan sebagai desain struktur dan interior, juga bisa diaplikasikan sebagai eksterior bangunan, dan bahkan biasa dibuat sebagai bahan baku kertas.

Batang Pohon Kelapa
Batang Pohon Kelapa
  • Daun

Sebenarnya bukanlah daunnya, tapi lidinya yang lebih bermanfaat. Yaitu bisa digunakan sebagai sapu lidi. Tetapi daunnya yang masih muda atau biasanya kita menyebutnya sebagai janur bisa digunakan untuk membuat ketupat dan anyaman dekorasi untuk upacara adat. Bahkan ada manfaat lain daun yang belum banyak diketahui orang, yaitu sebagai pakanan ternak. Dan bahkan daun kelapa merupakan makanan favorit gajah.

Daun Kelapa
Daun Kelapa
  • Buah

Buah kelapa juga banyak bermanfaat bagi manusia. Karena buah kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Buah Kelapa
Buah Kelapa

Ada beberapa bagian dari buah kelapa, yaitu meliputi :

  1. Daging buah

Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, daging buah kelapa yang masih muda bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai campuran dalam minuman ataupun makanan. Dan daging buah kelapa yang sudah tua bisa dijadikan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan.

Daging Buah Kelapa
Daging Buah Kelapa
  1. Tempurung

Tempurung kelapa juga bisa digunakan sebagai arang untuk memasak, bahan kerajinan tangan, juga bisa diolah sebagai filter rokok dan penyerap gas berbahaya. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat tempurung kelapa yang tidak bisa saya sebutkan disini.

Tempurung Kelapa
Tempurung Kelapa
  1. Sabut kelapa

Sabut kelapa berasal dari buah kelapa itu sendiri. Sabut buah kelapa juga banyak bermanfaat yaitu bisa digunakan sebagai bahan bakar, keset, dan lainnya.

Sabut Buah Kelapa
Sabut Buah Kelapa

Nah, itulah manfaat buah kelapa yang sangat banyak macamnya yang tidak bisa saya sebutkan semuanya dalam artikel ini. Sekian artikel kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply