manfaat tidur keadaan gelap
manfaat tidur keadaan gelap

5 Cara Tidur yang Baik dan Sehat Menurut Rasulullah

Posted on

Tidur merupakan aktivitas kita setiap hari yang wajib di lakukan oleh setiap orang yang bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh kita, setelah melakukan kegiatan seharian. Tidur tidak hanya memejamkan mata saja, namun meskipun raga kita terlelap, namun sering kali istirahat ini tidak berkualitas. Sehingga ketika bangun tidur, bukannya tubuh merasa segar tapi malah terasa begitu lemas.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang patut untuk kita teladani, termasuk dalam hal tidur. Nabi yang telah hidup kurang lebih sekitar 1400 tahun silam ini ternyata memiliki cara tidur yang sangat baik dan berdampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Para ilmuwan mengatakan bahwa cara tidur yang di terapkan oleh Nabi semasa hidupnya ini dapat mendatang kan kesehatan bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa cara tidur nabi yang patut untuk kita contoh.

tidur sehat ala Rasulullah
tidur sehat ala Rasulullah
  1. Tidur dalam keadaan gelap.

Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya selalu tidur dalam keadaan gelap. Berdasarkan hadist, dalam kondisi gelap saat kita tidur ini dapat menghindarkan pandangan setan yang berkeliaran di sekitar kita. Namun selain itu cara ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Seorang ahli biologi menemukan suatu fakta bahwa adanya hubungan antara kondisi terang dan kekebalan tubuh saat kita tidur. Bagi orang yang menyalakan lampu sepanjang malam ketika tidur, akan mengalami turunnya kadar hormone melatonin pada tubuh kita yang berguna untuk mendorong kualitas aktivitas antioksidan secara optimal. Selain itu juga dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh rentan akan terserang penyakit.

 

Ternyata dampak lain,dari  tidur dalam kondisi terang yaitu akan berdampak pada jam  biologis tubuh dan hal ini dapat menjadi pemicu ekspresi yang berlebihan dari beberapa sel yang di kaitkan dengan terjadinya pembentukan sel kanker. Penelitian lain juga menjelaskan tentang kolerasi antara tingkat depresi seseorang dan cahaya lampu saat tidur. Dan ia menyimpulkan bahwa orang yang bekerja shif malam dengan orang yang bekerja selalu terkena cahay lampu pada malam hari, hal ini akan meningkatkan resiko terkena depresi.Semua penelitian ini tentunya menjadi penguat hadist Nabi Muhammad tentang perintah tidur dalam keadaan gelap.

 

  1. Tidur dengan keadaan miring ke kanan.

Semasa hidupnya Nabi Muhammad juga tidur dengan memiringkan tubuhnya kea rah kanan. Nabi pernah memerintahkan “berbaringlah kalian diatas rusuk sebelah kananmu(dengan miring kekanan)”. Mungkin kebanyakan dari kita berfikir bahwa islam memang selalu mengutamakan sebelah kanan di bandingkan dengan kiri. Namun ternyata, perintah Nabi tersebut mampu memberikan efek medis yang begitu  mengagetkan, para ilmuwan menemukan beberapa manfaat dai tidur dengan cara yang satu ini. Padahal nabi telah mengetahuinya sejah zaman dahulu.

Hasil penelitian ini sudah di publikasikan dii New York pada tahun 2011 lalu meneukan bahwa posisi tidur dengan keadaan tubuh miring ke kanan dapat mengurangi resiko gangguan pada fungsi jantung. Hal ini di karenakan posisi tidur yang memiringkan tubuh kekanan dapat membuat posisi jantung yang berada di sebelah kiri tidak akan tertindih olehg organ tubuh yang lainnya. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatn jantung saja, namun jga bermanfaat untuk organ lainnya, seperti otak, empedu, lambung dan juga banyak pada organ lainnya.

 

  1. Tidak tidur tengkurap.

Salah satu khadist yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad pernah menghampiri seorang pria yang sedang tidur disuatu masjid dalam posisi tengkurap. Lalu Nabi membangunkannya dan beliau berkata “bangkitlah engkau sesungguh nya tidurmu itu adalah tidur dalam neraka jahanam.” Hadist tersebut jelas melarang kita untuk tidur dalam posisi tengkurap. Larangan ini bukanlah tanpa sebab. Nabi melarang tidur tengkurap karena akan menyebabkan dampak negative pada tubuh kita. Dalam dunia medis juga menemukan bahwa tidur dengan posisi tengkurap dapat menyebabkan terjadinya kekurangan asupan oksigen yang hal ini akan mempengaruhi kinerja otak dan jantug kita. Hal ini sudah pasti berbahaya bagi tubuh kita, karena dua organ tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup.

 

  1. Tidak tidur terlentang.

Nabi juga melarang kita untuk tidur terlentang dengan terlalu lama. Tidur dengan posisi terlentang dapat menyebabkan menekan tulang punggung. Selain itu menurut beberapa penelitian, seorag yang tidur dalam posisi terlentang akan menyebabkan seseorang untuk bernafas melalui mulutnya. Hal ini di sebabkan karena pada hidung manusia terdapat lender serta bulu- bulu halus yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang ikutr masuk kehidung bersama udara ketika kita menghirupnya. Dan bernagfas melalui mulut dapat membuat rongga mulut menjadi kering dan alhasil akan menyebabkan seseorang mengalami peradangan pada gusi.

 

  1. Tidur setelah solat isya’

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk tidur setelah isya’. Jika di pandang dari segi kesehatan sendiri, malam adalah waktu yang tepat untuk menetralkan racun, sebagai ekspresi hati sehingga sangat memerlukan keadaan yang tenang. Namun jika kita begadang maka sekresi ini tidak akan berjalan dengan baik sebagaimana yang seharusnya. Sehingga jiak hal ini di lakukan dalam kurun waktu yang cukup panjang akan menyebabkan penyakit kanker hati.

 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat sebagai pengetahuan baru. Sebenarnya semua amalan yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad adalah hal yang terbaik yang memang di contohkan untuk umatnya. Sehingga apa saja yang telah dilakukan oleh Nabi, sudah sebaiknya menjadi teladan bagi kita semua meski pun tanpa di dahului oleh penelitian secara ilmiah sekalipun.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply