8 Ciri Ciri Teman yang Baik dan Tulus

Posted on

Apabila ada orang lain selain keluarga dan kerabat yang wajib anda perjuangkan di dunia adalah seorang teman. Teman adalah salah satu harta yang paling berharga yang harus dimiliki oleh semua orang. Teman adalah salah satu tempat untuk mengutarakan berbagai keluh kesah dan masalah. Teman juga bisa menjadi tempat untuk berbagi rasa senang dan kesedihan. Hal ini tentunya membuat anda semakin ada artinya di dunia. Namun ada teman yang baik dan tulus yang selalu ada untuk kita ada juga teman yang hanya ada pada saat dia butuh saja.

Berikut ini merupakan 8 ciri ciri teman yang baik dan tulus antara lain yaitu:

  1. Dalam segala kondisi apapun dia selalu ada

Seperti yang kita bahas di atas, teman adalah tempat untuk mengutarakan segala suka dan duka bukan hanya ada di saat dia butuh saja. Teman yang baik dan yang tulus akan menjadi orang pertama yang akan menghibur ketika anda sedang susah atau sedang mempunyai masalah. Teman yang seperti inilah yang harus kita pertahankan.

  1. Selalu memberi

Ciri ciri teman yang baik dan tulus selanjutnya adalah dia akan memberikan bantuan disaat kita membutuhkannya, bahkan kandang tanpa disadari sebenarnya ada teman yang secara diam diam membantu anda tanpa sepengetahuan anda. Teman yang seperti inilah merupakan teman yang baik dan tulus. Bukan dengan mereka yang akan menuntut anda dalam melakukan suatu hal yang semestinya tidak anda lakukan contohnya disuruh mengerjakan PR, mentraktir dan lain sebagainya.

  1. Yang selalu atau mampu menjaga rahasia

Ciri ciri berikutnya adalah teman yang selalu atau mampu menjaga rahasia yang anda bagi dengannya. Dia juga pasti akan menjaga rahasia tanpa anda minta, bukan tambah membocorkan bahkan mengumbar rahasia yang anda miliki. Ini sangatlah penting, karena saat ini banyak teman yang bermuka dua, ketika di depan anda dia akan berkata baik namun jika di belakang malah mencemooh atau menjelek jelekan anda.

  1. Sikapnya yang tidak dibuat buat atau tulus

Ciri ciri teman yang baik selanjutnya adalah temna yang tulus kepada anda serta sikap dan perilakunya tidak dibuat buat. Teman seperti ini memang biasanya menyebalkan sebab dia sering berterus terang kepada anda mengenai hal baik maupun buruk tentang anda. Contohnya waktu saat ini anda sedang memakai pakaian, kemudian teman anda memberi kritikan bahwa pakaian yang anda pakai tersebut tidak cocok atau warnanya kurang cocok untuk anda dan lain sebagainya. Namun anda juga perlu mengingat, jika anda berada di posisi teman anda tadi anda harus melakukannya dengan lembut dan tidak terlalu menusuk ke hati teman anda.

  1. Teman yang mau memaafkan

Teman yang baik adalah teman yang mau memaafkan dan minta maaf tanpa mempunyai rasa gengsi disaat kalian sedang bertengkar dengannya. Baik itu anda dahulu yang memulainya atau teman anda dulu yang memulainya.

  1. Selalu jujur

Teman yang baik akan memberikan yang terbaik untuk anda termasuk memberikan saran dan perkataan yang jujur. Teman yang selalu jujur akan membuat anda menjadi lebih baik karena apapun yang anda kerjakan akan dikoreksi dan dibenarkan. Teman yang seperti ini akan memberikan umpan balik serta saran jika anda membutuhkannya. Lakukan hal ini dengan perkataan yang baik dan halus jangan sampai perkataan anda justru malah menyakiti hatinya.

  1. Selalu setia

Kesetiaan adalah salah satu poin terpenting dalam sebuah hubungan baik itu dalam hubungan keluarga, sahabat, teman dan yang lainnya. Mengapa setia itu sangat penting? Karena dalam kehidupan pasti ada pasang surutnya, dimana anda tidak akan selalu berada di atas melainkan pasti akan merasakan ketika ada di bawah. Teman yang baik dan setia akan berusaha menemani anda serta menghibur anda disaat anda sedang berada di bawah. Apabila anda menemukan teman yang seperti itu, janganlah anda sia siakan dan selalu hormati dia.

  1. Tanpa syarat

Ciri ciri teman yang baik dan tulus selanjutnya adalah teman yang membantu tanpa rasa pamrih dan tidak menginginkan sedikitpun imbalan dari anda. Namun jika anda memiliki teman yang seperti itu jangan lupa selalu melakukan hal yang sama ya.

Demikian artikel tentang 8 ciri ciri teman yang baik dan tulus semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply