10 Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Posted on

Tak heran jika buah jambu biji sering disebut sebagai buah super, kandungan yang dimiliki buah jambu biji sangatlah lengkap dan baik untuk tubuh anda. Buah yang bernama latin Psidium guajava ini sangatlah banyak ditemukan di pulau jawa, kandungan vitamin C yang dimiliki buah ini sangat bernutrisi untuk kesehatan anda. Inilah beberapa kandungan dari buah biji yang baik untuk kesehatan anda :

  • Vitamin A pada buah jambu biji sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit
  • Kandungan folat pada buah jambu biji sangat baik untuk ibu hamil, agar terhindar dari cacat tabung saraf
  • Iycopene pada buah jambu biji muda dapat melindungi kulit anda dari sinar UV
  • Banyaknya kandungan antioksidan, seperti Iutein dan cryptoxanthin
  • Kandungan kalium pada buah jambu biji dapat berperan penting pada daerah jantung anda
Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan
Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan

Kandungan jambu biji diatas, telah membuktikan bahwa jambu biji memang mengandung banyak nutrisi untuk tubuh anda. inilah manfaat buah jambu biji untuk kesehatan anda :

  1. Mengobati diabetes

Kandungan serat yang dimiliki buah jambu sangatlah tinggi, kandungan serat inilah yang mampu membantu penyerapan gula pada tubuh dan dapat menurunkan kandungan insulin dan glukosa pada tubuh anda. Cobalah untuk mengkonsumsi jambu biji untuk menyembuhkan penyakit diabetes anda.

  1. Memaksimalkan penglihatan

Jambu biji yang kaya oleh vitamin A ini mampu menjaga penglihatan anda saat diusia lansia. Selain itu, jambu biji juga mampu memperlambat datangnya katarak, menghindari penyakit mata dan degenerasi makula. Bisa dibilang bahwa kandungan buah jambu bij ini sama halnya dengan buah wortel.

  1. Mencegah hipertensi

Jambu yang kaya serat mampu menurunkan tekanan darah, sebab buah jambu dapat mencegah penebalan darah dan membantu kerja jantung dengan baik, sehingga terhindar dari penyakit jantung.

  1. Menyehatkan tiroid

Zat tembaga yang berasal dari buah jambu adalah zat terpenting untuk mengatur metabolisme tiroid didalam tubuh yang dapat mengotrol penyerapan dan produksi hormon, selain itu kelenjar dari tiroid juga dapat mengatur sistem organ tubuh dengan lancar.

  1. Mengobati sembelit

Jambu biji berfungsi sebagai obat pencahar, tepatnya pada bagian bijinya jika biji tersebut dikunyah atau ditelan. Selain itu, jambu biji juga membatu pergerakan kerja usus agar tetap sehat dan membersihkan bagian usus.

  1. Mengobati diare

Jambu biji mengandung senyawa astringents yang mampu melindungi tubuh terkena diare, penyembuhan melalui disentri yang dapat menghilangkan lendir pada usus dan juga membunuh mikroba jahat . Nutrisi lain yang terkandung didalam jambu biji seperti karetenoid, kalium dan vitamin C juga dapat memperkuat sistem pencernaan tubuh.

  1. Obat batuk dan demam

Jambu biji mengandung vitamin C yang dapat mencegah anda terkena infeksi dingin dan virus. Cobalah untuk meminum jus jambu ataupun rebusan daun jambu yang dapat mengurangi lendir anda yang menyebabkan batuk dan juga dapat menghambat mikroba pada paru paru.

  1. Merawat kulit

Zat astrigents yang dikandung oleh jambu biji dapat menghindari anda dari masalah kulit,seperti mengencangkan kulit, membuat kulit makin bersinar, menghilangkan kerutan dan lainnya. Cobalah untuk memakan buahnya langsung ataupun dengan merebus buah atau daunnya, anda bisa mendapatkan zat astrigents yang terkandung didalam buah jambu biji tersebut.

  1. Menyerap nutrisi

Senyawa mangan pada buah jambu biji dapat membantu tubuh anda untuk menyerap nutrisi kedalam usus ketika anda makan dan minum. Sebab, kesehatan anda juga tergantung pada nutrisi yang mampu anda serap untuk tubuh anda.

  1. Merelaksasi tubuh

Mungkin anda adalah seorang karir, cobalah untuk mengkonsumsi jus jambu biji yang mengandung magnesium, kandungan magnesium itulah yang dapat mengembalikan mood anda dan mengendurkan saraf saraf otot anda yang tegang menjadi rileks kembali.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply