motivasi diri
motivasi diri

Cara Sederhana Memotivasi Diri Sendiri

Posted on

Cara Sederhana Untuk Memotivasi Diri Sendiri.

Ingin memotivasi diri sendiri berarti mau berdiskusi dan mau focus serta terarah. Tidak hanya itu, anda juga di tuntut untuk siap menghadapi tantangan yang menuntut anda harus berfikir sebagai pribadi yang cerdas dan tegas agar tidak dimanipulasi dan selalu berfikir positif. Nah, kali ini saya akan membahas beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memotivasi diri anda sendiri dengan mudah.

motivasi diri
motivasi diri

Membentuk Pola Pikir

  1. Berfikir positif.

Hal apapun akan terasa sulit jika kita memiliki pola pikir yang negative atau pola pikir yang menghambat diri sendiri. Menerapkan Berfikir positif adalah langkah utama yang harus anda lakukukan untuk memotivasi diri anda. dan berhentilah berfikir negative. Usahakan ketika  anda sedang berfikiran negative, alihkan perhatian anda ke tempat lain. Apa lagi jika anda memikirkan cara memotivasi diri. Hal yang perlu anda lakukan adalah, bertanyalah pada diri anda sendiri, apakah pikiran- pikiran negative tersebut penting untuk dipikirkan. Hal ini akan menghambat usaha anda, jika anda terus memikirkan hal yang lain.

 

  1. Membangun rasa percaya diri.

Berfikir positif tentang arti kehidupan ini berarti anda telah berfikir positif terhadap diri anda sendiri. Apabila anda berfikir bahwa anda tidak mampu dan sebagainya hal itu akan membuat anda menghambat setiap usaha anda. cobalah anda ingat kembali bagaimana sulitnya untuk mencapai keberhasilan anda. dan apa alasan yang mampu menghalangi anda untuk mencapai kesuksesan tersebut.

 

  1. Ketahuilah bahwa kendala itu akan selalu ada.

Anda perlu mengingat bahwa sebuah kegagalan mungkin saja akan terjadi dan selalu berusahalah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan hidup anda. keinginan menjadi pribadi yang perfeks, hal ini akan hanya membuat diri anda menjadi frustasi dan akan mudah untuk mneyerah. Ada kalanya, saat kegagalan itu terjadi. Terkadang penyebab dari hal itu adalah diri anda sendiri, yaitu karena anda mengambil keputusan yang tidak tepat. Tetapi hal ini juga dapat terjadi karena lingkungan luar. Kesiapan akan menghadapi hal ini sangat bermanfaat di kemudian hari.

 

Menciptakan momentum

  1. Fokuslah pada tujuan akhir yang positif.

Biasanya hal ini membuat kita lebih mudah untuk mengenali hal- hal yang tidak kita inginkan. Begitu juga pada hal- hal yang sangat kita takuti. Kita sering menjumpai kesulitan untuk menentukan hal apa yang sebenarnya membuat kita bahagia. Dan apa saja yang sedang kita perjuangkan. Dalam hal mencapai sesuatu, bagaimanapun caranya, kita harus selalu memulai semua itu dengan memikirkan hasil akhir yang positif, bukan malah pikiran yang negative.  Dengan berfikir positif bukan berarti anda  harus menjadi yang terbaik, namun anda cukup melakukan apa yang mampu anda lakukan.

 

  1. Memulailah dari hal-hal yang kecil

Memiliki tujuan akhir yang sangat tinggi akan membebani diri anda. misalnya anda akan melaksanakan ujian dan sebaginya dengan membaca buku 5 jiid sekaligus, hal ini akan membuat anda jenuh. Tetapi annda harus memulainya dengan sedikit demi sedikit. Dengan menggunakan cara ini dapat memberikan anda hasil yang baik, dan juga tidak membuat beban pikiran anda.

 

  1. Selalu mencatat hal- hal yang ingin anda capai.

Manusia ingin mencari makna dan tujuan hidupnya, hal ini bukan hanya sekedar untuk menjaga kelangsungan hidup saja. Namun kita mencari tujuan dalam melakukan suatu pekerjaan, melakukan hobi, atau bahkan dalam menjalin suatu hubungan. Kita perlu menghindari kegiatan yang tidak menyenangkan. Entah itu anda ingin bekerja lembur, ingin menurunkan berat badan, menentukan waktu belajar yang rutin agar mendapatkan nilai yang baik. catatlah semua hal yang anda lakukan . hal ini dapat memacu semangat anda dan alkhasil akan menunjukkan hasil positif dari  prilaku anda , yang akan membuat hidup anda lebih bermakna.

 

  1. Istirahat yang cukup.

Kita perlu istirahat yang cukup. Penelitian mengatakan bahwa mahasiswa yang beristirahat dengan cukup bisa belajar lebih baik dari pada mahasiswa lain yang kurang beristirahat. Seperti yang sudah kita ketahui. Otot- otot tubuh kita juga memerlukan istoirahat, beristirahat bukanlah untuk orang yang bermalas- malasan. Tetapi untuk mereka yang selalu menjaga kesehatan diri dan agar bisa terus melakukan pekerjaannya dengan baik.

 

  1. Jangan takut untuk melakukan kesalahan

untuk mendapatkan cara yang terbaik demi mencapai sesuatu, biasanya kesalahan tersebut muncul ketika kita melakukan hal- hal yang sebelumnya belum pernah kita lakukan. Selama anda berkembang dan selalu ingin menjadi yang lebih baik, kesalahan tersebut bisa saja terjadi. Pada kenyataannya, dari kesalahan tersebut bisa bermanfaat bagi kita. Setidaknya hal tersebutr bisa membantu kita untuk mencapai tujuan yang sukses.

Memepertahankan motifasi

  1. Carilah teman yang baik.

Sayangnya ada orang –orang yang bisa menghilangkan motivasinya. Ceritakanlah motivasi yang ingin anda pertahankan kepada teman, saudara, atau keluarga, yang paling utama anda perlu menceritakannnya pada orang tua. Dan anda perlu bertanya pada diri anda adakah orang terdekat anda yang dapat membantu anda agar tetap focus dan selalu bersemangat?

 

  1. Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain.

Jika hal ini terjadii pada diri anda, ini sangat cepat untuk menghilangkan motivasi dalam diri anda. perlu anda ketahui bahwa mereka tidak akan pernah menjadi anda dan anda tidak akan pernah menjadi mereka. Jadi pertanyaannya, buat  apa? Meskipun hal ini sudah sering anda dengar. Yang terpenting adalah semua hal yang telah anda perbaiki. Bukan memikirkan kelebihan yang terjadi pada orang lain.

Inilah pentingnya untuk mencatat proges keseharian anda. dan anda juga harus tahu dimana posisi anda sebelum sebelumnya dengan diri anda yang sekarang.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply