10 Cara Menghilangkan Sifat Cuek dan Jutek

Posted on

Cuek diartikan sebagai sifat tidak peduli dengan keadaan atau situasi di sekitarnya. Seseorang yang mempunyai sikap cuek seringkali sulit untuk terlibat dalam situasi yang dimana dia dibutuhkan. Dia akan lebih memilih mengurusi kepentingan dirinya sendiri dari pada terlibat dalam berbagai hal. Orang yang cuek memang terlihat memiliki perbedaan yang sanagt kecil dengan orang jutek dan egois.

10-cara-menghilangkan-sifat-cuek-dan-jutek-2

Sering orang yang cuek bersikap jutek atau judes kepada orang lain. Karena mereka tidak mau ambil pusing dengan pendapat orang lain. Dengan menjadi orang yang cuek dan jutek dapat membuat mereka tersisih dari pergaulan. Tidak akan ada orang yang menyukai untuk bergaul dengan orang yang bersikap cuek dan jutek.

Apakah anda termasuk golongan orang yang bersikap cuek? Bersikap cuek berarti anda tidak tergerak untuk mengambil bagian dalam hal apapun yang akan melibatkan dirinya sendiri dengan orang lain.

Dibawah ini akan kita bahas tentang 10 cara menghilangkan sifat cuek dan jutek diantaranya yaituu:

  1. Menyadari sifat buruk pada diri sendiri

Cara yang simple untuk merubah sifat yang cuek dan jutek adalah menyadari kekurangan yang terdapat pada dirinya sendiri dan berkeinginan untuk mengubahnya dengan cara menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Belajarlah mulai dari hal hal kecil seperti berbuat dengan mempertimbangkan atau menjaga perasaan orang lain, sehingga anda akan lebih menjaga setiap ucapan atau tidakan yang dapat menyakiti hati orang lain.

  1. Belajarlah untuk berempati

Biasanya orang yang cuek kurang atau bahkan tidak memiliki rasa empati atau kepedulian terhadap orang lain, sehingga dia tidak mempertimbangkan setiap tindakannya tersebut. Anda bisa melakukan cara mengubah kepribadian anda agar menjadi orang yang memiliki empati atau menjadi lebih peduli lagi terhadap orang lain dengan cara menempatkan dirinya di posisi orang lain. Dengan itu anda akan mengetahui cara menghargai orang lain dan anda dapat menghilangkan sifat cuek tersebut sedikit demi sedikit.

  1. Berusaha untuk memikirkan orang lain

Mungkin anda biasanya hanya tau cara memikirkan diri sendiri, sekarang anda harus mencoba untuk memulai memikirkan orang lain serta dampak dari perbuatan anda kepada orang itu. Agar teman menyukai kita, anda harus mempunyai sifat yang tercantum dalam ciri ciri teman yang baik dan tulus, anda juga harus memiliki usaha untuk memikirkan perasaan dan kondisi orang lain.

  1. Belajar untuk membaca situasi

Biasanya orang yang mempunyai sifat cuek tidak bisa membaca situasi yang sedang berlangsung. Dia akan melakukan berbagai hal yang dia kehendaki bahkan dia tidak peduli bagaimana situasi yang sedang terjadi. Mungkin anda dapat belajar membaca situasi dengan benar, contohnya ketika anda sedang menghadapi orang yang marah atau mungkin tersinggung oleh anda, maka cara menghadapi orang yang pemarah harus sebisa mungkin anda atasi dengan baik.

  1. Memulai dengan terlibat

Agar sifak cuek yang anda miliki hilang, anda dapat memulainya dengan terlibat dalam lingkungan sekitar. Mulailah dengan bergabung dalam kegiatan yang ada di lingkungan anda, contohnya anda bergabung dalam keluarga atau komunitas di tempat yang anda tinggali. Hal tersebut akan menjadi cara untuk dapat memulai menumbuhkan rasa peduli terhadap diri anda.

  1. Dengan cara memulai mendengarkan

Seseorang yang memiliki sifat cuek biasanya tidak akan mau mendengarkan orang lain yang sedang mempunyai masalah. Cobalah untuk menemukan cara cara untuk menghilangkan sifat egois pada diri sendiri dengan memulai usaha untuk menjadi pendengar yang baik untuk orang lain, dan cobalah anda kesampingkan kebutuhan pribadi anda sejenak.

  1. Dengan cara memperluas pergaulan

Orang yang mempunyai sifat cuek biasanya juga tidak akan peduli untuk menjalin pertemanan yang akrab. Hal ini disebabkan karena dia tidak menganggap orang lain penting dan dia terlalu sibuk dengan dirinya sendiri. Untuk menghilangkan sifat tersebut  yaitu anda dapat memperluas pergaulan dengan memulai mencari teman baru.

  1. Memperbaiki kekurangan diri sendiri

Mungkin anda mempunyai sikap cuek sebab sebenarnya anda sendiri adalah orang yang kurang percaya diri, mungkin juga anda memiliki sifat pendiam atau bahkan pemalu. Jika masalahnya adalah ini, anda mungkin dapat mencari cara untuk menghilangkan rasa pemalu, pendiam, serta cara mengatasi kurang percya diri dengan cara melibatkan diri dalam pergaulan.

  1. Lebih ringan tangan

Jika anda sebelumnya lebih banyak berdiam diri dan cuek saat anda melihat orang asing sedang membutuhkan bantuan, kali ini anda harus berusaha untuk memberi bantuan kepada orang tersebut. Hal ini sangat perlu agar dikenal sebagai orang yang baik hati dari pada orang yang jutek dan cuek.

  1. Lebih ramah terhadap orang

Tidak rugi untuk menemukan cara mengubah diri menjadi lebih baik dengan bersikap ramah. Mulailah dengan cara menyapa orang yang anda kenal dengan tulus dan halus. Tanyakan tentang kabar mereka, mulailah dengan perbincangan kecil, tunjukkan kepedulian terhadap diri mereka dengan tulus. Dan jangan lupa untuk selalu tersenyum.

Demikian artikel tentang 10 cara menghilangkan sifat cuek dan jutek semoga dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply