15 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
15 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

15 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Posted on

Manfaat buah naga bagi ibu hamil tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi ibu hamil itu sendiri. Buah naga yang akhir-akhir ini menjadi buah yang populer karna memilki segudang manfaat banyak dijumpai di pasar tradisioanal maupun di supermarket. Bentuk buah naga yang identik dengan naga sering dikaitkan oleh orang China sebagai buah pembawa hoki. Buah yang satu ini memang memilki bentuk yang unik, kulit buah yang berwarna merah menyala, dan memilki kulit yang berlapis-lapis seperti kulit naga, dan hal inilah yang menyebabkan buah ini dinamai dengan buah naga.

Buah Naga Daging Merah
Buah Naga Daging Merah

Daging buah naga juga beraneka ragam, tidak seperti buah lain yang hanya memilki satu jenis daging buah saja. Tingkat kemanisan buah naga ditentukan oleh warna dagingnya, ada 4 jenis warna daging buah naga yaitu merah, putih, kuning, dan hitam. Buah naga yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan ini mulai populer di Asia khususnya di Indonesia saat pertama kali dikenalkan oleh warga China yang sering menggunakan buah naga untuk acara keagamaan.

Setelah mengulas sedikit tentang buah naga, saya akan menjelaskan tentang beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil, namun sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu cirri-ciri buah naga.

Ciri-Ciri Buah Naga:

1.Buah naga tergolong dalam jenis tumbuhan kaktus, sehinnnga bisa hidup di daerah yang kekurangan air.

2.Kulit buah naga umumnya berlapis-lapis dan memilki 2 warna yaitu kuning dan merah.

3.Pohon buah naga pun juga hampir sama seperti tumbuhan kaktus.

4.Buah naga memilki bunga yang dapat dikonsumsi, buah naga juga memilki akar serabut.

5.Bunga buah naga yang tidak rontok dapat membentuk bakal tumbuhan buah naga.

6.Bunga buah naga memilki warna krem dan bisa mekar pada pukul 9 malam. bagian dalam mahkota bunganya berwarna putih, dan di dalamnya juga terdapat benang sari.

7.Pohon buah naga bisa merambat dan memilki lapisan lilin.

Banyak ibu hamil yang menjahui buah naga karna mereka menganggap buah naga adalah buah larangan saat hamil. Tapi ternyata banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah naga ternyata sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, dan berikut 15 manfaat buah naga bagi ibu hamil:

1.Menjadi Sumber Energi

Buah naga bisa menjadi pilihan saat ibu hamil mulai merasa lemas dan kurang energi. Karna dalam 100 gram buah naga terkandung 9 sampai 14 gram karbohidrat. Dan saat hamil, wanita dianjurkan untuk mengkonsumssi 135 gram karbohidrat perhari.

2.Membentuk Sel Darah Merah

Dalam 100 gram buah naga mengandung 0,65 miligram zat besi, zat besi yang terkandung dalam buah naga dapat membentuk sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko anemia yang diderita oleh ibu hamil. Dan bagi ibu hamil yang sedang mengalami anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah naga, baik dimakan secara langsung atau dijadikan jus.

3.Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Janin

Folat yang terkandung dalam buah naga sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Karna saat ada di dalam kandungan, janin perlu tumbuh dan berkembang.  Jikalau ibu hamil kurang mengkonsumsi folat, maka janin dalam kandungan akan kurang asupan untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan, hai ini dapat menyebabkan janin tersebut rentan terkena keguguran dan kecatatan.

4.Meningkatkan Imuns atau kekebalan tubuh

Saat hamil, wanita memerlukan asupan vitamin C yang cukup untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit dan virus. Buah naga sangat disarankan karna memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Jika sistem kekebalan tubuh ibu hamil tidak kuat, kekebalan tubuh bayi dalam kandungan pun juga akan melemah.

5.Menghindari Masalah BAB

Wanita yang sedang hamil rentan terkena masalah pencernaan. Agar BAB lancar pada saat hamil, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat salah satunya adalah buah naga. Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga dapat digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan.

6.Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi ibu hamil karna bisa memberi pengaruh buruk pada janin. Radikal bebas dapat menyebabkan kecacatan pada janin, dan juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

7.Membentuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Buah naga mengandung banyak kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Asupan kalsium sangat diperlukan untuk janin karna tulang dan gigi adalah bagian yang penting.

8.Menyerap Protein

Protein adalah salah satu zat yang penting dan sangat diperlukan oleh janin. Protein diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak janin. Namun sayangnya tidak semua protein yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa terserap dengan baik. Kandungan vitamin B1 yang terdapat dalam buah naga dapat membantu dan mempercepat penyerapan zat protein yang diperlukan oleh janin.

9.Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin

Kandungan karoten dalam buah naga bermanfaat untuk menyempurnakan indera penglihatan janin yang masih terus berkembang di dalam kandungan.

10.Menormalkan Tekanan Darah

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam buah naga dapat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah, sehingga buah naga sangat baik dikonsusmsi oleh ibu hamil yang sedang mengalami hipertensi.

11.Menormalkan Gula Darah

Saat hamil apalagi saat hamil tua ibu hamil biasanya lupa dengan kontrol makanan dan minuman yang masuk pada tubuh mereka, hal ini menyebabkan gula darah semakin naik. Jika ibu hamil mengalami kenaikan gula darah yang cukup tajam, maka ibu hamil akan rentan terkena komplikasi saat kehamilan. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi buah naga, mengkonsumsi buah naga minimal 100 gram perhari dapat menormalkan kadar gula dalam darah ibu hamil.

12.Mengembangkan Sistem Syaraf Tulang Belakang

Selain untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, kandungan folat yang tinggi yang terdapat dalam buah naga juga bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf tulang belakang pada janin. Karna jika sistem syaraf pada janin tidak berkembang dengan baik, janin rentan terkena cacat tulang syaraf tulang belakang.

13.Menghindarkan dari Penyakit Beri-Beri

Karna penyakit beri-beri bisa menyerang ibu hamil kapan saja, mengkonsumsi buah naga setipa hari sangat dianjurkan karna buah naga mengandung banyak vitamin B1 yang bermanfaat untuk menangkal penyakit beri-beri.

14.Menyeimbangkan Metabolisme Sel

Kandungan vitamin B1 yang terdapat dalam buah naga memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyeimbangkan metabolisme sel. Metebolisme sel yang seimbang akan berpengaruh baik pada kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

15.Mencegah Kelahiran Prematur

Bayi yang lahir prematur disebabkan karna ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung folat. Dan buah naga adalah buah yang banyak mengandung folat yang baik untuk mencegah bayi lahir prematur.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply