sebelum 100%
Tidak Harus 100% Kok!

7 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Men-Charge Ponsel, Agar baterai Tetap Awet

Posted on

Mungkin sebagian orang yang mempunyai ponsel pernah berfikir dan bertanya-tanya, mengapa ponsel jaman sekarang ini lebih cepat rusak? Tidak seperti ponsel jaman dulu yang tahan banting dan sangat awet.

Pada jaman sekarang ini teknologi semakin maju dan harus kamu pahami dengan baik. bukan hanya fasilitasnya yang berevolusi yang semakin keren, akan tetapi kita sebagai pengguna pun juga harus lebih update daripada sebelumnya. Bahkan untuk seseorang yang memegang atau selalu melekat pada ponsel cara memakainya juga mengalami sedikit perubahan. Jika saja menggunakan ponsel jaman sekarang cara pemakaiannya masih sama dengan menggunakan ponsel jadul, maka kamu melakukan suatu kekeliruan. Misalnya saja saat kamu mengisi daya ponselmu atau nge-charge, kebanyakn orang pasti berfikir bahwa men-charge ponsel masih sama denga yang dulu. Dan mungkin hanya berfikir sangat simpel hanya membutuhkan stop kontak saja dan charge udah selesai. Padahal hampir semua kerusakn ponsel jaman sekarang diakibatkan dengan cara men-charge yang keliru. Sehingga disini saya akan membagikan sedikit penjelasannya.

1. Membiarkan Ponsel Mati Dengan Sendirinya Saat Kehabisan Baterai.

baterai-habis
Jangan Sampai Kehabisan Baterai Yaa…

Yang membuat baterai mudah nge-drop yaitu saat membiarkan baterai smartphonemu hingga nol persen dan hal ini termasuk tindakan yang ceroboh. Karena jika kamu membiarkan smartphonemu mati total itu juga bisa mengakibatkan ion lithium dalam baterai lebih cepat menguap dan rusak. Apalagi jaman sekarang ini banyak sekali smartphone yang menggunakan sumber energi yang berbeda dengan HP jadul.

2. Jangan Men-Charge Smartphone Sampai 100 Persen Sebelum Kamu Mencabutnya. Jaman Udah Beda Guys..

sebelum 100%
Tidak Harus 100% Kok!

Kebanyakan orang yang memiliki smartphone pasti berfikir bahwa bahwa mengisi baterai hingga 100 persen adalah hal yang baik. namun ternyata pengertian seperti itu malah keliru. Dan para ahli menyarankan untuk membiarkan ponsel terisi dari 30 hingga 80 persen saja. Karena pada saat itulah performa ponsel sedang bagus-bagusnya. Dan bila kamu mengisinya dengan muatan yang penuh hingga 100 persen malah akan memberikan daya yang berlebihan ketika ponselmu kamu gunakan.

3. Selalu Menggunakan Power Bank Untuk Mengisi Daya, Malah Mebuat Bateraimu Jebol.

powerbank
Jangan Sering-Sering Pakai Power Bank

Ketika kamu berpergian dan kamu kehabisan baterai lalu hal yang mudah dan sangatkh simpel adalah menggunak power bank. Karena kelebihannya yang praktis itulah banyak orang yang menyukainya. Akan tetapi sebaiknya kamu jangan menggunaknnya terlalu sering.

Karena pada power bank terdapat tegangan yang berbeda dengan charge dan yang membuat baterai lebih mudah rusak dan melembung. Bahkan yang lebih parahnya keseringan menggunakan power bank juga bisa menimbulkan kerusakan pada kartu SIM, lho.

4. Pelindung HP yang Masih Menempel Saat Di Charge Bisa Membuat Smartphone Cepat Panas.

pelindung
Jangan Ada Pelindung Ketika Men-Charge HP

Kesalahan yang jarang sekali orang mengerti yaitu ketika men-charge ponsel pelindungnya masih tetap menempel. Hal ini menyebabkan ponsel lebih cepat panas, mengapa? Karena ponsel tersebut tertahan dengan pelindung ponsel tersebut. Dan saat mengisi daya suhu pada bateraimu akan meningakat. So, ketika kamu men-charge ponselmu usahakanlah dalam keadaan terbuka tanpa pelindung apapun.

5. Kurang-Kurangin Mengisi Daya HP-Mu Menggunakan Charger Non Original Kalau Tidak Mu HP-Mu Meledak.

chrager-non-origami
Charger Non-origami Bahaya

Mungkin sekarang banyak sekali charger ponsel non original yang standarnya sudah diakui. Akan tetapi masih banyak pabrikan KW yang menciptakan komponennya tanpa memenuhi standar keselamatannya. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap daya yang dikeluarkan charger non original, ada yang daya yang diberikan terlalu tiggi dan ada yang terlalu lemah. Dan efek yang bisa kamu dapat yaitu bisa menyebabkan kerusakn yang serius pada beberapa komponen ponselmu. Dan ada beberapa kasus yang bahkan lebih serius yaitu mengakibatkan ponsel meledak yang diakibatkan kelebihan muatan arus. Jika kamu terpaksa harus membeli atau menggunakan charger non-original maka gunakanlah charger yang tegangan dan daya outputnya sama dengan ponselmu.

6. Jangan Men-Charge Hp-Mu Dekat Dengan Alat Elektronik Lain Yang Mempunyai Medan Magnet.

elektronik
Bahaya Dekat Dengan Medan Magnet

Jika kamu men-charge ponselmu dekat dengan alat elektronik lainnya itu tidaklah baik. Apalagi jika Elektronik tersebut memiliki medan magnet, misalnya televisi, speaker aktif ataupun laptop yang memiliki medan magnet dan juga laptop tersebut mengeluarkan panas dalam waktu yang cukup lama. Karena medan magnet tersebut dapat merusak komponen ponsel terutama pada LCD-nya.

7. Hilangkan Kebiasaan Menelfon Sambil Men-Charge Ponsel.

telepon
Jangan Sambil Menelepon

Selain tidak baik untuk kesehatan karena pancaran radiasi dari ponsel yang tinggi, ternyata ketika men-charge sambil menelepon juga bisa menyebabkan panas pada komponen ponsel dan terutama pada baterai. Dan jika dilakukan terus menerus juga menimbulkan kerusakan pada komponen yang lainnya.

Dan selain itu pengisian daya sambil menelefon akan lebih lama, dan bahkan bukan hanya itu saja pernah ada kejadian yang mana ponsel meledak ketika di-charge sambil menelefon dan menjadikan luka pada orang yang menggunakannya.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply