Memaafkan
Memaafkan Itu Mudah Namun Melupakan Kesalahannya Yang Sulit

Memaafkan Seseorang Itu Mudah Namun Melupakan Kesalahanya Itu Yang Sulit

Posted on

Setiap orang itu pernah berbuat kesalahan.Masing-masing dari diri kita pernah untuk meminta dan menerima maaf.Diri kita diajarkan untuk bisa untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain.Namun, terkadang kenyataannya itu lebih sulit dan rumit dari yang pernah diri kita bayangkan.

Memaafkan
Mefaakan Bukan Berarti Salah atau Benar

Dan saat ada seseorang yang berbuat kesalahan dan melukai perasaan anda, mungkin sulit untuk rasanya jika langsung memaafkannya dengan begitu saja.Misalnya, jika seseorang yang anda cintai mengaku khilaf telah menduakan anda atau ada sahabat yang begitu anda percayai namun malah mengkhianati anda.Saat hati telah terluka, dan memberi maaf jelas bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

  • Memaafkan Itu Mudah Namun Juga Meninggalkan Sebuah Luka Di Hati.
Memaafkan
Forgive

Sebenarnya Mudah kok memaafkan itu.Bahkan saat memintanya untuk minta maaf terlebih dahulu pun itu sebetulnya bukanlah hal yang begitu rumit.Namun hanya saja segalanya akan terasa berbeda.Mungkin ada luka yang di goreskan.Ada lubang di dalam hati yang kemudian harus meninggalkan keresahan.Banyak hal yang terasa lebih berbeda.Mungkin dia yang anda kenal bukan lagi orang yang sama seperti dahulu.Dia sudah melukai anda, sulit untuk bersikap seperti dulu saat bersamanya.

  • Memaafkan dan Melupakan Dari Kesalahan yang Ia Pernah Perbuat Itu Bisa Jadi Dua Hal yang Berbeda.
Memaafkan
Memaafkan

Dalam memberi maaf bisa kita lakukan dalam detik yang sama.Namun, butuh waktu yang lama sampai-sampai bertahun-tahun untuk melupakan kesalahan yang pernah ia perbuat.Meskipun anda telah memaafkannya, pandangannya akan memberi rasa yang berbeda.Di setiap kali anda berusaha untuk melupakan kesalahan yang ia pernah perbuat, maka semakin kuat ingatan akan terluka yang pernah ia berikan pada anda.Dalam menghabiskan waktu bersamanya itulah akan menjadi hal yang terasa begitu menyiksa batin.

  • Rela Memaafkan Karena Tidak Menginginkan Ada Hubungan yang Retak.
Memaafkan
Rela Memaafkan Agar Hubungan Tidak Retak

Saat sakit hati ini kita rasakan ketika itu harus memaafkan orang yang berbuat salah pada kita.Dan lebih menyakitkannya lagi ketika kita kemudian yang malah meminta maaf hanya dikarenakan kita tidak menginginkan untuk membuat si pihak yang bersalah merasa sakit hati.Keadaan itu memang bisa terasa begitu rumit, bukan.Hanya saja yang terkadang kita harus rela berkorban perasaan hanya karena yang kita inginkan merupakan hubungan yang telah terbangun tidak retak.Kita menghargai yang telah ada dari pada kita memenangkan ego pribadi kita.

  • Meski Itu Sulit Untuk Melupakan Kesalahan yang Lalu, Memaafkan Bisa Jadi Cara Untuk Membuka Lembaran Baru.
Memaafkan
Mengubah Masa Depan

Setelah anda memaafkan, bukan berarti anda akan lupa begitu saja tentang kesalahan yang ia pernah perbuat.Luka yang telah anda rasakan meskipun itu telah hilang, namun bekasnya terkadang masih bisa terlihat.Ada yang berubah di dalam hubungan dan cara anda berkomunikasi dengannya.Namun, selalu ada cara yang lain  seperti ada membuka lembaran yang baru.

 

Hidup kita memanglah tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan dan harapan kita.Orang-orang yang kita kenal saja bisa berubah terkadang dengan cara yang tidak kita sangka-sangka.Menyakiti atau tersakiti itu telah menjadi bagian dari hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita.Kenyataan ini memanglah sulit untuk diterima namun begitulah adanya.

Di saat hati telah tersakiti oleh seseorang, untuk memaafkannya saja itu menjadi tugas terberat kita, bukankah seperti itu?Namun begitu kita akan belajar untuk jadi orang yang lebih dewasa.

Nah, kesimpulannya kita saat memaafkan dari kesalahannya orang lain, kita berusaha memaafkannya dengan rasa ikhlas dan luka yang pernah anda alami lupakanlah bekasnya dan bukalah lemabaran baru dikehidupan kita.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply