Cara Alami Dan Mudah Menghilangkan Sariawan
Cara Alami Dan Mudah Menghilangkan Sariawan

15 Bahan Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Sariawan

Posted on

Sariawan atau yang dalam bahasa kedokteran biasa disebut dengan stomatitis adalah luka yang terdapat pada bibir dan lidah yang berbentuk cekungan yang terasa amat menyakitkan dan nyeri. Saat sariawan tersentuh sesuatu seperti makanan, rasanya akan sangat perih dan nafsu makan menjadi hilang. Sariawan mungkin adalah salah satu penyakit yang dialami oleh hampir semua orang, dan ada banyak sekali cara yang orang-orang lakukan untuk menghilangkan sariawan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya sariawan di mulut dan lidah, yaitu:

  • Mulut atau lidah yang tergigit saat makan, kulit bibir atau lidah yang terbuka akibat gigitan akan memudahkan bakteri masuk, dan bakteri tersebutlah yang menyebabkan timbulnya sariawan.
  • Kurang mengkonsumsi vitamin C, B 12, dan zat besi juga dapat menyebabkan mudahnya sariawan timbul.
  • Produk pembersih mulut dan pasta gigi serta bulu sikat gigi yang tidak pas juga dapat menyebabkan timbulnya sariawan.
  • Masalah dalam sistem pencernaan juga dapat menimbulkan sariawan.
  • Sakit pada tenggorokan atau sakit pada bagian lain yang disebabkan oleh bakteri juga bisa menjalar pada mulut yang mengajibatkan sariawan.
  • Virus yang terdapat pada tubuh seperti virus yang disebabkan demam pada kelenjar, herpes, dan penyakit mulut lain juga dapat mengakibatkan timbulnya sariawan pada mulut.
  • Terbiasa mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam.
15 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Sariawan
15 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Sariawan

Sariawan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, namun kalau dibiarkan terlalu lama, rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan akan sangat menggangu. Kebanyakan orang memilih cara yang praktis untuk mengobati sariawan mereka, yaitu dengan menggunakan obat antiseptik. Namun juga tidak sedikit orang yang menggunakan bahan alami untuk mengobati sariawan mereka agar lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Bagi anda yang sekarang sedang mempunyai sariawan di lidah atau di mulut dan ingin mengobatinya dengan cara yang alami, saya akan membagikan 15 bahan alami yang ampuh untuk mengobati sariawan.

1.Kulit Batang Jambu Air

Ambilah kulit batang jambu air yang masih muda, bersihkan lalu haluskan. Setelah kulit batang menjadi halus, rebuslah dengan ½ gelas air putih. Saringlah rebusan tersebut lalu gunakan air yang sudah disaring untuk berkumur.

2.Air Garam

Kandungan yang terdapat dalam garam dapat menarik cairan luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Caranya hanya dengan berkumur menggunakan air yang dicampur garam tiga kali sehari.

3.Kopi Bubuk

Oleskan sedikit bubuk kopi pada sariawan anda, diamkan selama kurang lebih 5-6 menit, setelah itu berkumurlah menggunakan air bersih. Lakukan cara ini rutin 3 kali sehari agar sariawan anda cepat menghilang.

4.Air Kelapa

Berkumur menggunakan air kelapa merupakan cara yang paling mudah sekaligus enak untuk menghilangkan sariawan, karna anda dapat menelan air kelapa yang anda buat untuk berkumur.

5.Bawang dan Pepaya

Tempelkan bawang yang masih mentah atau pepaya pada sariawan anda, mungkin bawang akan menimbulkan rasa perih saat ditempelkan pada sariawan, namun cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan sariawan.

6.Obat Tradisional

Lidah buaya, peroksida hidrogen, ekstrak biji anggur, jus buah plum, serta tea tree oil adalah bahan tradisional yang dapat digunakan untuk menhilangkan sariawan. Caranya adalah dengan membasuh mulut menggunakan salah satu bahan di atas yang dicampur dengan sedikit air.

7.Daun Kemangi dan Kunyit

Salah satu manfaat daun kemangi adalah menghilangkan sariawan. Mengunyah daun kemangi sebanyak 4-5 lembar adalah cara yang efektif untuk menghilangkan rasa nyeri akibat sariawan dan sekaligus mengobatinya. Anda jug adapt menggunakan pasta yang terbuat dari kunyit bubuk dan gliserin untuk mengobati sariawan anda, caranya hanya dengan mengoleskan pasta tersebut pada sariawan.

8.Tomat

Tomat kaya akan vitamin C yang dapat membunuh bakteri penyebab sariawan, oleskanlah tomat yang masih segar pada sariawan anda, atau anda juga dapat menggunakan jus tomat untuk berkumur.

9.Baking Soda

Campurkan baking soda dengan obat kumur atau pasta gigi anda lalu oleskan pada bagian sariawan anda, baking soda ampuh untuk menghilangkan rasa sakit akibat sariawan dan menghilangkannya.

10.Temulawak

Selain menjadi obat tradisional untuk menambah afsu makan, ternyata salah satu tanaman rimpang ini juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Bahan-bahan pendamping yang digunakan untuk mengobati sariawan menggunakan temulawak adalah satu buah asam jawa, dan gula aren secukupnya. Rebuslah ketiga bahan tersebut dengan 2 gelas air putih, setelah mendidih saring air rebusan temulawak ini, lalu minum sebanyak 2 kali sehari.

11.Mentimun

Cara mengobati sariawan menggunakan mentimun mungkin belum banyak diketahui orang, namun ternyata mentimun juga terbilang cukup efektif untuk menghilangkan sariawan. Caranya makan 2 buah mentimun segar yang sudah dicuci bersih setiap hari.

12.Kembang Sepatu

Rebuslah daun bunga sepatu kemudian saring dan minum air rebusannya.

13.Delima Putih

Buah yang melegenda dalam film Cinderella ini dibedakan menjadi dua yaitu delima merah dan delima putih. Buah delima putih biasa digunakan untuk menghilangkan sariawan, caranya ambil biji buah delima lalu rendan dalam air selama 2 hari. Setelah itu gunakan air rendaman biji buah delima untuk berkumur.

14.Daun Jambu Biji

Selain kulit batangnya, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk menghilangkan sariawan, caranya rebus daun jambu biji lalu minum air rebusannya.

15.Daun Sirih

Cara terakhir adalah dengan menggunakan daun sirih. Kunyah beberapa lembar daun sirih, diamkan sebentar lalu buang dan berkumurlah menggunakan air bersih, jangan dimakan ya daun sirihnya!

Sekian artikel saya mengenai beberapa bahan alami yang ampuh digunakan untuk menghilangkan sariawan, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply