ciri istri yang solehah
ciri istri yang solehah

Ciri Istri Solehah yang Menjadi Dambaan Suami

Posted on

Belajar untuk mengetahui bagaimana caranya untuk menjadi istri solehah yang menjadi idamann bagi setiap suami adalah kewajiban bagi setiap muslimah. Setiap suami tentunya ingin memiki istri yang solehah yang mampu melaksanakan kewajibannya serta mampu memenuhi segala hak suaminya terhadap sang istri. Memiliki istri yang solehah bagi seorang suami merupakan kekayaan yang melebihi dunia dan seisinya, sebagaimana sabda Rasulullah yang di riwayatkan dari Abdullah bin Amarr bin Ash, Rasulullah SAW bersabda “dunia ini adalah kenikmatan, dan sebaik-  baiknya kenikmatan di dunia adalah seorang  (perempuan )istri yang solehah ”.

wanita solehah idaman suami
wanita solehah idaman suami

Kita sebagai wanita, agar dapat di kategorikan sebagai wanita solehah, berikut adalah beberapa perkara yang harus di penuhi :

  1. Tidak membantah perintah suami, selagi itu tidak menentang syariat.
  2. Tidak menampakkan muka tidak enak di hadapan suami
  3. Senantiasa untuk selalu berusaha memilih perkataan yang terbaik ketika berbicara dengan suami.
  4. Seorang wanita berhias hanya uuntuk sang suami.
  5. Tidak memerintahkan suami untuk mengerjakan pekerjaannya wanita.
  6. Keluar rumah harus dan hanya seizing suami.
  7. Tidak mempersilahkan masuk siapapun untuk masuk kedalam rumah tanpa seizing suami.
  8. Menghormati mertua dan kerabat si suami, terutama pada ibu mertua.
  9. Berusaha selalu menenangkan dan menasehati suami ketika suami gelisah, sedih dan sebagainya.
  10. Selalu mencium tangan suami saat datang dan pergi.
  11. Tidak menyebarkan rahasia keluarga. Apapun itu
  12. Tidak mengeraskan suara atau membentak di hadapan suami.
  13. Selalu berusaha memiliki sifat nerimo sehingga tidak banya menuntut pharta pada suami.
  14. Senang sedih bersama suami, dan selalu berusaha untuk dapat mengikuti suasana hatinya.
  15. Perhatikan selalu akan penampilan kita, jangan samapi terlihat atau tercium seseuatu yang tidak di sukainya.
  16. Selalu mengerti keadaan suami, dan berusaha untuk tidak boros.
  17. Selalu berusaha untuk menasehati suami tatkala ia sedang terjerumus dalam hal pelanggaran, kemaksiatan.
  18. Usahakan untuk selaluy di rumah, dan jarang untuk keluar rumah.
  19. Selalu menjaga pandangan, untuk tidak melihat orang yang bukan makhramnya.
  20. Tidak suka membanding- bandingkan suami dengan laki- laki lain.

Selain hal- hal yang telah di sebutkan di atas, masih ada banyak lagi hal yang perlu anda penuhi untuk dapat di kategorikan sebagai istri solehah.

  1. Selalu mendahulukan hak sang suami dari pada hak orang lain termasuk hak dirinya sendiri.
  2. Tidak di perbolehkan bagi istri untuk berpuasa sunah tanpa seizing suami terlebih dahulu. Mengapa demikian? Apabila istri sedang puasa sudah seharusnya suami dilarang untuk menggaulinya, padahal hak ini adalah hak suami terhadap istrinya.
  3. Tidak di perbolehkan bagi seorang istri memberikan atau mengeluarkan sesuatu dari dalam rumahnya tanpa seizing suami. Apabila istri melakukan hal tersebut maka ia akan mendapatkan dosa, sedangkan suami akan mendapatkan pahala. Ntentunya hal ini menyangkut hal- hal yag bernilai, dan hal ini harus dengan sepengetahuan suami.
  4. Seorang istri di larang untuk meninggalkan rumah dengan tujuan mencari nafkah atau bekerja keluar rumah tanpa sepengetahuan sang suami.
  5. Sebagai seorang wanita muslimah sudah di wajibkan untuk selalu menutup seluaruh auratnya dan tidak boleh memperlihatkan kecantikannya pada orang lain yang bukan makhromnya.
  6. Bagi para istri sebaiknya menghindari perkenalan dengan lawan jenisnya, terutama teman suami. Hal ini di lakukan sebagai tindakan antisipasi dan bersikap hati- hati agar tidak menyebabkan munculnya fitnah dan tidak membawa dosa- dosa kemaksiatan.
  7. Seorang istri yang solehah harus mempunyai rasa cinta dan rasa kasih sayang terhadap semua anak- anaknya. Membesarkan dan mendidik anak dengan tanpa kekerasan namun mendidik dan membesarkannya dengan didikan yang baik. sebagai orang tua yang baik jika sedang di landa masalah, jangan sampai membicarakan masalahnya apalagi sampai bertengkar di hadapan anak- anaknya. Hal ini akan berdampak buruk pada anak- anaknya kelak ketika mereka sudah besar. Mereka akan mengikuti apa yang dulu ia lihat dari kelakuan orang tuanya.
  8. Sebagai istri yang solehah, ia selalu ingat akan kerja keras dan semua perjuangan suami selama ini, jangan melupakan semua kebaikan suami, hanya karna sebuah kesalahan yang kecil yang di lakukan oleh suaminya apa lagi jika istri sampai melaknat suami. Hal ini sangat di larang oleh syariat islam. Hal ini di karenakan, kebanyakan penghuni neraka adalah dari kaum wanita. Ketiak Rasulullah sedang melaksanakan printah isra’ mi’raj beliau melihat bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah dari kaum wanita, lalu ada seorang sahabat yang bertanya, apa sebab dari semua itu? Maka Rasulullah menjawab: ‘ karena wanita sering melupakan kebaikan suaminya dan sering melaknatnya.’

Bagi anda sebagai istri yang solehah, yukk praktekkan beberapa cara agar kita dapat menjadi istri yang solehah dambaan sang suami. Mari kita memperbaiki diri untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply