7 Cara Menghadapi Orang Yang Membenci Kita

Posted on

Memaksa semua orang untuk menyukai kita memang tidak bisa. Karakter setiap orang dalam pergaulan juga berbeda-beda, sehingga sifat dan gaya yang mereka tunjukkan terkadang berlainan. Apalagi kalau kita adalah seorang pemimpin. Seringkali gaya seorang pemimpin yang kita terapkan tidak sesuai dengan keinginan orang-orang yang kita pimpin atau tidak bisa diterima oleh beberapa karyawan dan bawahan kita. Terkadang, kita sebagai seorang pemimpin pernah berada di situasi yang sangat sulit. Misalnya, saat kita harus mengambil suatu keputusan seperti harus memecat karyawan atau menerapkan suatu kebijakan tertentu.

Di artikel ini saya akan  membahas secara umum  tentang  memberikan solusi yaitu bagaimana cara menghdapi orang yang membenci kita atau biasa kita sebut dengan istilah haters. Setiap orang yang membenci kita pasti memiliki alasan yang berbeda-beda. Bisa jadi mereka membenci kita karena sikap atau sifat kita yang terlalu berlebihan. Sikap atau sifat kita yang mungkin tidak disukai oleh mereka atau mungkin bisa juga karena mereka iri terhadap kita.

Apapun alasan mereka dan apapun penyebab mereka membenci kita, ada beberapa solusi untuk menghadapinya.

  1. Introspeksi Diri

Inilah hal pertama yang harus kita lakukan. Tidak jarang berarti seringkali kita membuat kesalahan dalam  hidup yang mungkin kita sendiri tidak menyadarinya. Kekhilafan yang pernah kita lakukan itu menjadikan orang membenci kita. Lakukan introspeksi diri untuk mengetahui apa saja yang pernah kita lakukan, apakah berlebihan sehinga membuat orang lain iri, tersinggung, atau mungkin sikap kita memang pernah salah dan lain-lain. Introspeksi diri itu penting dan tidak pernah merugikan, justru seringkali menguntungkan bagi diri kita sendiri. Dengan melakukan introspeksi diri, kita bisa melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, yang akan memberikan kita kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan menjadi pribadi yang baik kita bisa menghilangkan rasa benci orang lain terhadap kita.

  1. Abaikan Haters

Stelah kita melakukan  introspeksi diri sehingga mengetahui apa saja perkataan dan perbuatan yang membuat orang lain membenci kita, tapi ternyata hal tersebut tidak pernah kita lakukan. Maka, mungkin mereka membenci kita bukan karena tersinggung melainkan karena mereka iri. Cara paling mudah untuk menghadapi mereka adalah dengan mengabaikannya. Walaupun terkadang mereka akan tetap mengganggu kita, hal tersebut masih bisa dihadapi dengan cara cuek dan mengabaikannya. Biarkan mereka malu dan lelah sendiri karena kita tetap mengabaikannya. Cara setiap heters menunjukkan kebenciannya juga berbeda-beda, terkadang mereka hanya menyebar fitnah kepada orang lain tentang diri kita. Cara terbaik untuk menghentikan penyebaran fitnah tentang kita adalah dengan meluruskan setiap masalah kepada penyebar fitnah dan pendengar fitnah,

  1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Mngkin kamu salah satu dari kebanyakan orang yang merasa sangat terpukul jika mengetahui ada orang yang membenci. Ada juga tipe orang yang langsung down jika mengetahui atau mendengar bahwa ada orang yang memfitnah. Hal itu memang sangat merugikan bagi kita. Untuk menghadapinya kita tidak perlu takut, justru kita harus meningkatkan rasa percaya diri agar kita tidak terlihat lemah dan kalah. Jika memang kita tidak berbuat salah kenapa harus malu? Lebih baik kita melakukan klarifikasi masalah tersebut.

  1. Hindari Haters

Jika orang yang membenci kita adalah tetangga sendiri atau teman di sekolah tidak perlu khawatir. Kita tetap harus bisa menghindarinya dengan cara yang sewajarnya atau normal. Tapi, jika tidak memngkinkan untuk menghindari, maka tinggal mainkan strategi dan akal-akalan kita saja.

  1. Hadapi Haters dan Ajak Bicara

Terikadang, penyebab heters membenci kita adalah  karena mereka salah faham atau belum kenal dekat dengan kita sehingga tidak mengatahui siapa diri kita sebenarnya. Nah, agar mereka bisa mengetahui diri kita sebenarnya adalah dengan mengajak bicara, sehingga dia tahu bagaimana sifat asli kita dan meluruskan kesalah pahaman tentang penilaian jeleknya terhadap kita. Kita bisa bicara secara terbuka dengannya dan meminta pendapat darinya apa yang harus kita lakukan agar dia tidak membenci dan tidak salah  paham  lagi. Jika memang kita salah  maka jangan ragu untuk minta maaf. Namun, jika memang bukan kesalahan kamu, maka berikanlah penjelasan agar dia mengetahui faktanya.

  1. Jangan Gegabah

Jangan mudah egois dan gegabah saat kita mengetahui bahwa ada orang lain yang membenci kita. Saat kita difitnah, sangat mudah sekali kita emosi yang ujung-ujungnya dapat  menyebabkan kita tidak bisa mengontrol diri dan akhirnya lepas kendali dan menyelesaikan masalah dengan gegabah. Kendalikan emosimu sebisa mungkin, berikan respon positif dan segera selesaikan masalah  lalu hadapi orang yang membencimu. Dan yang pasti jangan pernah lari dari masalah. Jika emosimu tidak memungkinkan untuk terkendali, maka segeralah menghindar. Menghindar untuk menenangkan diri, bukan berarti kamu kalah. Hindari kekerasan fisik.

  1. Bertindak Cerdas

Terkadang, haters tidak hanya adadi dunia nyata, melainkan ada juga di dunia maya. Untuk menghadapi mereka, tinggal blokir saja akunnya atau laporkan pada pihak yang berwajib. Setelah itu, kita tidak perlu repot menghadapinya. Jangan lupa untuk menyimpan berbagai bukti pelecehan dengan screenshot.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply