15 Bahaya Cabai Bagi Kesehatan

Posted on

Cabai atau chili adalah golongan buah-buahan yang juga bisa disebut sebagai sayuran ataupun bumbu. Cabai sangat populer sebagai olahan bumbu pedas di daerah asia, cara pencarian dan penanaman yang mudah juga membuat orang lebih memilih cabai sebagai bumbu pedas. Selain itu, cabai juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang lumayan tinggi dan memiliki antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Akan tetapi, cabai juga memilliki dampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Inilah beberapa dampak mengkonsumsi cabai tanpa takaran :

Bahaya mengkonsumsi cabai berlebihan
Bahaya mengkonsumsi cabai berlebihan
  1. Penyakit Maag

Cabai memiliki efek dapat menimbulkan rasa panas pada perut, efek panas inilah yang dapat menyebabkan anda terkena penyakit maag. Sebab, lambung anda akan berlubang dan luka yang menyebabkan anda merasakan mual, perut kembung, nyeri dan juga bisa menyebabkan anda terkena diare.

  1. Meningkatnya asam lambung

Dinding lambung yang terkena iritasi, karna mengkonsumsi cabai yang terlalu banyak dapat menyebabkan asam lambung meningkat secara drastis, dan perut anda akan terasa nyeri.

  1. Kurangnya nafsu makan

Mengkonsumsi cabai yang terlalu banyak dapat mengurangi nafsu makan, sebab biasanya mereka yang sudah tergila-gila dengan rasa pedas cabai akan malas untuk mencoba makanan lain yang manis dan memiliki banyak nutrisi, jika hal ini dibiarkan maka tubuhnya akan semakin kurus.

  1. Susah tidur

Susah tidur malam atau yang disebut insomnia dapat menyerang anda, jika anda mengkonsumsi cabai terlalu banyak, sebab rasa panas pada cabai memiliki kelebihan dapat membuat mata terjaga dan pikiran tetap aktif, jadi jika hal ini dibiarkan maka anda akan mengalami kesusahan waktu tidur.

  1. Sakit kepala

Rasa nyeri, leher tertekan dan rasa sakit pada kepala akan menyerang anda apalagi di kalangan wanita, kandungan senyawa capsaicin dan zat alkaloid pada cabai dapat menyumbat aliran darah yang akan mengalir menuju pembuluh darah pada bagian kepala.

  1. Refluks asam lambung

Mengkonsumsi banyak cabai pada makanan dapat mengeluarkan isi lambung dan mengalirkannya kearah kerongkongan, biasanya ini juga bisa menyebabkan iritasi pada area kerongkongan dan rasa panas akibat cabai akan membuat kerongkongan anda seperti terbakar.

  1. Gangguan hati dan usus besar

Cabai yang dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak dinding dinding pada usus dan hati, sebab rasa panas yang ditimbulkan cabai dapat menggerus dinding sebab kandungan zat aflatoksin pada cabai.

  1. Gangguan rongga mulut

Makan cabai yang berlebihan dapat merusak mukosa pada mulut, seperti gusi membengkak, sariawan dan nyeri pada mulut juga yang akan menyebabkan anda tidak nafsu makan.

  1. Gangguan pada lidah

Lidah akan mati rasa dan tidak dapat merasakan dengan maksimal jika anda mengkonsumsi cabai dengan jumlah banyak. Ini adalah resiko paling ekstrim, sebab anda akan kehilangan kualitas indra pengecap anda.

  1. Wajah berjerawat

Bahaya cabai ini seringkali dijumpai pada kalangan remaja yang menginjak usia dewasa, zat alkaloid dan zat capsaicin dapat memproduksi minyak secara berlebihan pada pori-pori wajah anda dan menjadikannya mudah menyerap kotoran di udara yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah anda.

  1. Kanker hati, usus dan lambung

Rasa panas dari cabai dapat menjadikan sel sel pada tubuh menjadi abnormal dan dapat menimbulkan munculnya sel baru tubuh anda, atau yang disebut dengan kanker. Ini adalah resiko yang paling berbahaya bagi penggemar cabai, sebab kanker hati, lambung dan usus dapat berkembang dengan cepat jika terus terusan terkena rasa panas pada cabai.

  1. Produksi keringat yang berlebihan

Efek panas pada menimbulkan banyak dampak pada tubuh anda. Sering aktifnya kelenjar keringat membuat anda semakin sering mengeluarkan keringat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Gangguan rahim

Kandungan cabai berlebihan dapat membuat dinding rahim rusak dan merusak saluran telur yang seharusnya akan dibuahi secara normal, ini semua disebabkan oleh rasa panas pada cabai.

  1. Gangguan ulu hati

Efek panas dari cabai yang disebabkan oleh zat capsaicin yang masuk kedalam ulu hati dapat menyebabkan iritasi dan ulu hati akan terasa nyeri dalam waktu agak lama. Selain itu, pada saat terjadinya nyeri perut anda juga akan terasa kembung.

  1. Gangguan siklus haid

Jika anda dalah seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi, sebaiknya anda mengurangi untuk mengkonsumsi cabai. Sebab, efek panas pada cabai juga dapat menyebabkan siklus menstruasi anda tidak stabil, anda akan sering merasakan nyeri pada perut sebab rahim anda mengalami iritasi akibat terlalu banyak mengkonsumsi cabai.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply