4 Proses dalam Mencintai Al-Qur’an

Posted on

Bagaimana kita bisa mencintai Al-Qur’an?

Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu keutamaan Al-Quran. Untuk yang pertama jawab pertanyaan saya dahulu dalam hati kalian. Sudah baca Qur’an hari ini? Bacalah Al-Qur’an minimal 3 ayat setiap hari, lebih baik lagi 1 juz. Karena membacanya saja sudah termasuh ibadah dan mendapat pahala. Dihitung dari satu huruf yang kita baca. Dan 1 huruf saja mendapat 10 kebaikan. Al-Qur’an itu mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad. Al-Qur’an juga bisa dijadikan sebagai obat hati. Ketika membaca Al-Qur’an hati kta menjadi tenang. Di akhirat nanti Al-Qur’an bisa memberi syafa’at bagi pembacanya. Masih banyak lagi keutamaan-keutamaan Al-Qur’an yang lain.

Proses Muslimah Mencintai Alquran

Sekarang untuk proses dalam mencintai Al-Qur’an

 

  1. Dipaksa

Paksakan diri kalian untuk membaca Al-Qur’an. Untuk orang tua ajarilah anak membaca Al-Qur-an sejak dini. Meskipun pada awalnya mereka tidak suka bahkan membencinya. Alasan yang sering dipakai ketika tidak mau membaca Al-Qur’an adalah sulit dan membosankan. Kebanyakan anak-anak sekarang lebih senang mendengarkan musik daripada bacaan Al-Qur’an. Jika itu penyebabnya ajarilah anak membaca Al-Qur’an dengan nada yang baik karena itu juga sunnah. Agar kita tidak bosan bacalah Al-Qur’an dengan nada yang bervariasi.

  1. Menjadi Kebiasaan

Setelah beberapa kali dipaksakan lama-lama akan berubah menjadi kebiasaan. Kita merasa kebiasaan membaca Al-Qur’an akan menjadi aneh jika tidak dilakukan. Lanjutkan kebiasaan baik ini, latih terus suaramu dan pahami isi Al-Qur’an yang kamu baca. Jangan bosan-bosan mengulang.

  1. Menjadi Kebutuhan

Kebiasaan yang terus dilakukan akan berubah menjadi kebutuhan. Kalau sudah menjadi kebutuhan kita akan menjadi sangat sulit untuk meninggalkannya. Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta Al-Qur’an. Tumbuhkan benih itu jangan sampai mati.

  1. Menjadi Kenikmatan

Pada tahap ini membaca Al-Qur’an sudah mencapai tahap kecanduan. Membaca dan mempelajarinya adalah kenikmatan. Sedangkan, berpisah dengan Al-qur’an akan membuat diri kita resah. Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah tetap istiqomah dan terus menjadikan Al-Qur’an sebagai teman.

Cintailah Al-Qur’an dan biasakan membacanya. Karena Al-Qur’an akan menjadi cahaya di akhirat bagi yang membacanya.

Incoming search terms:

  • mencintai al quran sampai mati
Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply