Sosialisasi Pertemanan Dalam Hidup
Sosialisasi Pertemanan Dalam Hidup

5 Tingkatan Bentuk Sosialisasi Manusia Dalam Kehidupan

Posted on

Sosialisasi? Mungkin sebagian dari kalian tidak asing dengan kata tersebut. Bagi kalian yang belum tau apa itu sosialisasi wajib membaca artikel ini sampai akhir, agar kamu tidak salah pengertian dengan hubungan yang sat ini kamu jalani denga temanmu. Yup, sosialisasi adalah hubungan timbal balik antara manusia satu dengan manusia yang lain. Tetapi yang akan saya bahas kali ini adalah tingkatan sosialisasi pertemanan dalam hidup. Ha, sosialisasi ada tingkatannya? Mungkin sebagian dari kalian akan berpikir seperti itu.

Sosialisasi Pertemanan Dalam Hidup
Sosialisasi Pertemanan Dalam Hidup

Memang banyak yang belum mengetahui bahwa sosialisasi itu ada tingkatannya, yang sebenarnya pasti kamu juga pernah merasakan berada disemua tingkatan tersebut. Tanpa kamu sadari semua yang kamu lakukan pastilah tak lepas dari kata sosialisasi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu pastilah manusia akan melakukan suatu hubungan dengan orang lain.

  1. Musuh

Musuh? Tidak ada manusia yang ingin bermusuhan dengan yang lain. Tapi tak bisa dipungkiri kalau manusia itu pastilah akan saling membenci. Pastilah kamu memiliki teman yang tidak kamu sukai, walaupun kamu diam dan hanya memendamnya dalam hati, tapi tanggapan kamu dengan dia pastilah berbeda. Nah, perbedaan itu yang memicu timbulnya permusuhan yang sebenarnya tidak ada yang mau terlibat permasalahan tersebut. Tapi yang memicu timbulnya permusuhan adalah naluri manusia itu sendiri. Dalam hati manusia itu ada suatu dorongan untuk menyukai dan membenci. Jika kamu tidak suka dengan orang lain, maka kamu secara tidak sadar pasti akan mebencinya. Maka dari itu mulailah untuk mengontrol emosi agar permusuhan cepat terselesaikan dan cepat terkendali. Ingat, jangan terlalu suka berlama-lama dalam tingkatan ini kalau kamu tidak ingin banyak yang membenci.

Permusuhan
Permusuhan
  1. Teman biasa

Teman biasa adalah teman yang hanya sekedar kenal, tidak lebih dari itu. Apakah kamu punya teman biasa? Pastilah semua orang memiliki teman biasa, entah itu hanya sekedar pernah kenalan ataupun dikenalkan kalau sudah tau nama satu sama lain itu sudah bisa disebut teman. Tapi tingkatannya belum jauh, masih disebut teman biasa. Teman biasa  itu belum mengenal jauh tentang sifat asli kamu. Karena memang kedekatan kalian itu belum jauh, masih sekedar teman biasa. Nah, ini adalah tahapan awal suatu persahabatan. Maka dari itu carilah orang yang benar-benar baik untuk kamu ajak berteman.

Teman Biasa
Teman Biasa
  1. Teman

Setelah kamu merasakan tahapan teman biasa, jika kamu nyaman dengan dia dan merasa bahwa dia baik untuk kamu, kamu akan mulai masuk kedalam tahapan menjadi teman. Bukan sekedar teman biasa, karena tingkatan sosialisasi ini akan terjadi pengenalan lebih dalam lagi. Tidak hanya mengetahui nama saja, tetapi sudah mulai mengetahui sedikit hal mengenai dirinya. Entah itu hanya sekedar hobinya atau kebiasaan dia. Kebanyakan tahapan ini terjadi 1-2 bulan setelah pengenalan sebagai teman biasa. Kamu juga mulai mengetahui sedikit sifat baik dan buruknya. Maka dari itu, pilihlah teman yang memang benar-banar baik untuk berteman sebelum kamu lebih jauh lagi berteman dengannya.

Pertemanan
Pertemanan
  1. Teman dekat

Pasti setelah kamu melewati tahapan pertemanan, jika kamu merasa nyaman dengan orang itu, maka kamu akan berusaha mendekatinya. Tahapan sosialisasi ini bukan lagi hanya sebuah perkenalan saja, tetepi lebih dari itu. Bukan hanya perkenalan dan mengetahui hobi dan kebiasaan yang biasa dia lakukan. Dalam tahapan ini akan muncul naluri kepedulian seseorang dengan temannya itu. Tahapan ini akan kamu lewati jika memang hatimu benar benar nyaman dengan orang itu. Dan diantara kalian sudah saling mengerti satu sama lain yang pasti akan menimbulkan kenyamanan dalam  perbincangan kalian. Kamu pasti akan mulai memahami bagaimana cara kamu bersikap kepadanya, agar diantara kalian tidak akan ada kesenjangan.

Teman Akrab
Teman Akrab
  1. Sahabat

Tahapan yang paling tinggi dalam sebuah sosialiasasi pertemanan adalah sebuah persahabatan. Yang mana diantara kalian akan terbentuk ikatan yang sangat kuat dalam hati kalian. Hubungan ini merupakan hubungan pertemanan  yang paling dekat. Seseorangn yang sudah terlibat sebuah persahabatan pastilah sudah pernah melewati manis pahitnya menjalani sebuah pertemanan, dan mereka sudah berhasil melewati rintangan-rintangan pertemanan. Diantara mereka akan timbul saling pengertian yang membuat mereka merasa nyaman dalam pertemanan tersebut. Maka tak jarang seseorang yang sudah terlibat hubungan ini, mereka akan rela berkoraban apapun demi sahabatnya. Karena memang mereka merasa bahwa sahabatnya itu adalah keluarga kedua setelah keluarga aslinya.

Persahabatan
Persahabatan

Itulah 5 tingkatan sosialisasi pertemanan dalam hidup. Mulai dari sekarang mulailah untuk bisa membedakan di tingkatan mana kamu berada dengan teman sekarang. Agar kamu juga bisa bertindak dengan tindakan yang tepat, agar tidak sampai terjadi permusuhan antara kamu dengan teman kamu.

Sekian artikel saya, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply