Introspeksi Diri Awal Untuk Menemukan Kebahagian Sejati

Langkah Awal Menuju Kebahagiaan yang Sejati Adalah Introspeksi Diri

Posted on

Nggak ada manusia yang terlahir dalam keadaan sempurna di dunia ini, dan  hanya Tuhanlah yang Maha Sempurna di alam semesta ini.Tempatnya salah dan lupanya yaitu manusia.Sebaik apapun manusia itu dalam kehidupannya, tetap saja ia lah pasti pernah melakukan sebuah kesalahan dalam kehidupannya.

introspeksi diri
Perbanyaklah INTROSPEKSI Dari Pada Selfie

Sebagai manusia, kita sebenarnya tahu bahwa diri kita sendiri ini jelas-jelas telah sering melakukan kesalahan dan dosa-dosa.Akan tetapi, sebaik-baiknya orang yang melakukan kesalahan, dialah orang yang mau berusaha untuk menyadari dirinya sendiri dengan cara banyak merenung dan introspeksi diri,dan kemudian mau memperbaiki pada kesalahan yang pernah dia lakukan.

Apa anda bingung kata baku dari intropeksi atau introspeksi?Banyak orang menyebut inropeksi dan bukan introspeksi! Dan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) kata yang benar yaitu Introspeksi menggunakan huruf s, bukan intropeksi, ya.

Introspeksi merupakan peninjauan atau penilaian, koreksi, mawas terhadap diri sendiri.Peninjauan atau introspeksi diri sangatlah penting untuk diri kita bertujuan menunjang kehidupan yang lebih baik untuk di masa yang akan datang.Dan tentunya ada banyak kegunaannya untuk orang yang mau berusaha menilai dan mengintrospeksi diri.Nah, lalu apa saja sih manfaat-manfaatnya?

  • Sadar Dengan Kekurangan Dirinya.

Introspeksi diri itu mampu membuat seseorang untuk menyadari bahwa ia merupakan hamba yang lemah, yang memiliki banyak kekurangan, dan sering kali melakukan sebuah kesalahan.Dengan berusaha menyadari  bahwa banyak sekali kesalahan yang telah diperbuat selama ini.Dan tentunya dia akan merasa malu dan hina jika dibandingkan orang lain.Nah, apa lagi saat di hadapan Tuhan yang Maha Sempurna.

  • Dapat Mendorong Dirinya Agar Memperbaiki Kesalahannya.

Dengan melalui intospeksi diri, seseorang itu akan sadar dengan lemahnya diri, sehingga ini dapat menuntutnya agar melakukan hal yang baik untuk dirinya.Dengan menyesal dan berusaha untuk memperbaiki terhadap kesalahannya yang telah ia perbuat.Begitu juga untuk mereka yang telah melakukan dosa, dan dengan bertaubatlah itu merupakan pilihan yang terbaik yang harus ia ambil.

  • Tidak Perlu Membanggakan Diri di atas Kesalahan Orang Lain.

Jika Seseorang yang suka menyalahkan orang lain ia berarti dalam dirinya itu masih memiliki titik kesombongan, mungkin karena ia merasa bangga terhadap dirinya dengan cara mencela orang lain.Nah, dengan introspeksi diri itu akan membuatnya tahu batas-batas kemampuan yang ia miliki dan kemampuannya orang lain.

  • Tidak Mudah Untuk Menyalahkan Orang Lain.

Yaps, sebenarnya diri kita tahu bahwa kita merupakan sebagai penonton yang suka menyalahkan kesalahannya orang lain.Tapi, cobalah untuk berpikir apakan diri kita ini pernah melakukan pada kesalahan yang sama?dan bagaimana jika posisi kita itu sama dengan orang tersebut?

Introspeksi Diri
Menerima Keadaan

Dengan introspeksi diri, diri kita itu tidak seharusnya mudah untuk menyalahkan orang lain, dan bahkan malah memikirkan hal-hal yang positif untuk mengembangkan dirinya.Nah, jika kita menunjukkan kesalahan orang lain, maka mengajaklah berusaha untuk memperbaiki pada kesalahan tersebut merupakan hal yang positif yang lebih baik jika dibandingkan mencela di atas kesalahannya.

  • Dapat Menumbuhkan Sikap yang Bertanggung Jawab.

Introspeksi diri adalah peninjauan atau renungan dari hati atas sebuah kesalahan dan kekurangan yang kemudian melakukan sesuatu untuk memperbaiki dari kesalahan dan menutup kekurangannya.Dan dari inilah akan timbulnya sikap tanggung jawab atas segala hal yang akan dilakukannya dan akan lebih peka untuk menghindari dari kesalahan.

  • Dapat Bersikap Lebih Bijaksana Terhadap Diri Sendiri dan Pada Orang Lain.

Jika saat menunjukkan terhadap kesalahan orang lain dan mengajaklah untuk berusaha untuk memperbaiki dari kesalahannya itu akan lebih baik dari pada harus mencela di atas kesalahannya.Inilah merupakan sikap bijaksana  yang tidak mungkin dimiliki kecuali orang yang sering mengintrospeksi dirinya sendiri, dan tentunya masih banyak sikap yang bijaksana yang realisasi dari introspeksi diri tersebut.

  • Dapat Melangkah yang Lebih Baik Untuk Hari Esoknya.

Introspeksi diri adalah sebuah cahaya yang ada dalam diri yang dapat menerangi jalan seseorang dari kegelapan.Maksudnya, dengan melalui introspeksi diri ini, ia dapat mengambil keputusan yang terbaik atas langkahnya yang harus ia lakukan untuk hari esok yang cerah dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama.

Introspeksi Diri
Kearifan Dalam Diri Tidak Pada Penilaian Orang Lain

Nah, setelah kita pahami dari sebuah kata introspeksi diri ini, kita dapat mengambil kesimpulan, yaitu kita seharusnya sering untuk melakukan introspeksi diri agar kita mengetahui apa saja kekurangan dan kesalahan yang ada pada diri kita sendiri, dan jangan suka untuk menyalahkan kesalahannya orang lain, dan kita berusaha mengajak orang tersebut untuk berusaha memperbaiki dirinya dari kesalahan yang telah diperbuat.Dan introspeksi diri ini merupakan awal untuk menuju kebahagian yang sejati.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply