8 Bahaya Membunyikan Persendian Jari, Tulang Leher dan Punggung

Posted on

Mungkin telah banyak orang yang terbiasa menekuk jari tangan atau persendian tulang saat mereka merasa pegal dan letih. Tapi sebagian dari mereka meyakini bahwa kebiasaan ini mungkin mampu untuk menghilangkan pegal pegal ataupun linu, terutama setelah melakukan aktivitas yang berat.

Membunyikan tulang sendi biasanya dilakukan saat otot tubuh terasa pegal dan kaku. Sebagian orang melakukannya dengan memutar pinggang ke kiri dan ke kanan, atau juga bisa dilakukan pada buku jari dan tulang leher. Dan taukah anda jika kebiasaan buruk ini dapat memicu resiko terkena stroke.

Mungkin mereka sudah memahami resikonya tapi masih saja tetap melakukan hal itu. Menurut penelitian dengan membunyikan persendian tulang dapat memicu keluarnya cairan synovial sehingga menimbulkan suara seperti retakan. Yang juga dapat memicu timbulnya suara retakan yaitu gesekan otot.

Berikut ini di bawah adalah 8 bahaya membunyikan persendian jari, tulang leher dan punggung antara lain:

  1. Resiko terjadinya nyeri sendi kronis

Kebiasaan membunyikan sendi tulang dan jari tangan dapat memicu terjadinya resiko penyakit persendian yang menahun. Hal tersebut dapat terjadi jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Terjepitnya saraf

Menurut ahli kesehatan, dengan membunyikan sendi tulang dapat membuat saraf menjadi terjepit di antara tulang ekor leher atau dengan sendi yang lain. Efek dari membunyikan tulang leher ini tergantung dari jaringan saraf yang dituju.

  1. Tulang rawan menjadi lemah dan rapuh

Yang dapat mengakibatkan tulang rawan menjadi lemah dan rapuh hal ini dikarenakan memaksa membunyikan persendian tulang hingga berbunyi keras. Jika kebiasaan ini dilakukan secara sering sama saja telah menyalahi aturan normal pada persendian yang dapat menyebabkan tulang rawan menjadi lemah dan rapuh.

  1. Gerakan tubuh sulit dikontrol oleh otak

Bahaya membunyikan tulang leher dapat mempersulit otak untuk mengontrol organ tubuh. Kondisi yang paling buruk yaitu gerakan tubuh menjadi kaku. Jika hal ini dilakukan secara sering maka otak akan gagal memberikan intruksi kepada organ tubuh yang lain yang akhirnya tidak dapat melakukan aktivitas apa yang diinginkan.

  1. Control persendian menjadi hilang

Dengan membunyikan persendian dapat mengakibatkan bagian tangan sulit untuk diperintah oleh otak. Jika kita ingin ruas jari kita bergerak tentunya membutuhkan syaraf ataupun rangsangan dari otak sebagai pusat komando. Jika hal ini gagal dilakuan oleh otak maka persendian anda akan sulit untuk digerakkan atau kaku seperti robot.

  1. Bantalan tulang sendi belakang bergeser

Dengan membunyikan persendian tulang punggung hal itu dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang dan juga saraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang. Sehingga hal ini dapat menjadikan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang atau discus intervertebralis.

  1. Persendian menjadi Aus

Kalau kebiasaan ini dilakukan secara sering atau berlebihan contohnya dalam 5 menit sekali, maka ini dapat berpotensi menyebabkan persendian menjadi aus. Dalam jangka waktu yang panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan secara berlarut larut maka dapat menyebabkan osteoarthritis atau sejenis dengan peradangan pada sendi kronis di kemudian hari.

  1. Melemahnya kekuatan tangan

Efek yang lainnya adalah persendian akan membesar disertai dengan melemahnya kekuatan tangan kita. .Jika kita membunyikan buku jari tangan dan persendian tulang lainnya dampaknya akan terasa jika kita sudah tua nanti yaitu sekitar 30 hingga 40 tahun yang akan datang.

Demikian ulasan tentang 8 bahaya membunyikan persendian jari, tulang leher dan punggung, semoga dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk anda, Terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply