Manfaat Bawang Merah bagi Tubuh

Posted on

Ternyata  mengonsumsi bawang merah bisa mendatangkan banyak manfaat diantaranya manfaat bawang merah yaitu:

  1. Pencegah kanker

Menurut ahli kesehatan sudah terbukti kalau kandungan dari bawang merah mentah ini dapat mencegah penyakit kanker. Bawang merah sangat kaya akan senyawa aktif yang sangat manjur untuk menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh kita.

  1. Baik untuk jantung

Bawang merah dikenal dengan kandungan sulfida methylallyl serta asam amino sulfur didalamnya. Kandungan-kandungan tersebut  mampu memberikan efek penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah kita. Jika kita rajin mengonsumsi bawang merah mentah itu dapat  meningkatkan kadar kolesterol yang baik. Manfaat bawang merah bagi kesehatan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan mampu mengingkatkan kesehatan jantung kita.

  1. Membunuh kuman di mulut

Bawang merah mentah juga bisa mengilangkan bau tak sedap di mulut kita. Bawang merah juga dapat membunuh kuman yang ada di mulut kita. Bawang merah bisa kita gunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi serta infeksi pada mulut kita.

  1. Mencegah penuaan dini

Bawang merah mengandung antioksidan A, C, dan E yang sangat baik dalam mengurangi penuaan dini. Bawang merah juga merupakan sumber senyawa antioksidan yang sangat kuat dan efektif dalam mencegah kulit kita berkerut. Selain itu bawang merah juga mengandung vitamin dan belerang yang bisa menjaga keelastisitas dan kelenturan pada kulit, sehingga kulit tetap kenyal, muda, dan bercahaya.

  1. Mengobati Jerawat

Bawang merah mengandung anti mikroba, anti inflamasi, dan anti bakteria aktif. Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat, bahkan jerawat batu sekalipun.

  1. Mencerahkan wajah

Bawang merah mengandung flavonoid dan itu bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Bawang merah juga bisa untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit anda.

  1. Mengobati segantan atau gigitan serangga

Rasa sakit atau gatal yang diakibatkan oleh gigitan atau sengatan lebah juga dapat diatasi dengan menggunakan bawang merah.

  1. Mengatur tidur dan suasana hati

Folat ditemukan pada bawang yang dapat membantu mencegah deperesi dengan mencegah homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang mencegah darah dan nutrisi lain ke otak. Homosistein mempengarui produksi hormon serotonim, dopanime, dan norepinephrine yang mengatur suasan hati dan nafsu makan.

Demikian informasi tentang manfaat bawang merah. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply