35 Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Ketimun

Posted on

Ketimun kalian mungkin sering mengkonsumsi makanan satu inikan, dan kalian belum mengetahui manfaat apa saja yang terkandung dari buah ini. Nah kali ini saya akan mengupas tuntas manfaat yang bisa di dapat dari mengonsumsi ketimun mau dari segi kesehatan atau dari segi kecantikan.

Sayuran ketimun merupakan sayuran yang terbanyak di budidayakan ke 4 di dunia dan juga di kenal sebagai sayuran terbaik untuk kesehatan. Di indonesia sendiri banyak sekali di jumpai hidangan yang di situ juga di sajikan ketimun sebagai hidangan penutup ataupun juga makanan seperti gado-gado. Ketimun termasuk sayuran yang masuk dalam keluarga tanaman seperti semangka dan labu ( keluarga Cucurbitaceace). Kandungan airnyang terdapat pada ketimun sama banyaknya dengan kandungan air yang terdapat pada semangka yaitu sebesar 90% kandungan airnya. Sehingga sangat bauk di konsumsi saat musim panas agar terhindar dari dehidrasi.

Kandungan Gizi Dari Ketimun

Ketimun ini terdiri dari 90% air dan juga secara alami rendah kalori, kolestrol, sodium, dan lemak. Menurut USDA International Database Gizi, menyatakan bahwa 1 irisan.mentimun mengandung

  • 115 gram air
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 16 kalori
  • dan 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan juga 1,8 gram gula)

Di dalam ketimun ini juga mencukupi kebutuhan harian seperti 4% vitamin C, Magnesium, Kalium dan 11% vitamin K, 2% vitamin A, asam pantotenat, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Manfaat Ketimun Bagi kesehatan

Melawan Kanker Di Tubuh

Timun Diketahui mengandung banyak lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol. Keriganya memiliki sejarah kuat dari penelitian denagn penurunan resiko dari beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker rahim, kanker prostat, dan kanker payudara.

Membantu Menurunkan Berat Badan Dan Mengatasi Masalah Pencernaan

Karena ketimun mengandung banyak air dan rendah kalori, timun bisa menjadi media diet sehat untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam timun sangat efektif untuk membersihkan tubuh dari racun yang terdapat pada sistem pencernaan. Juga mengonsumsi ketimun setiap hari dapat dianggap sebagai obat sembelit kronis.

Dapat Mengobati Diabetes, Mengurangi Kolesterol, Dan Mengontrol Tekanan Darah

Jus Timun mengandung sangat banyak hormon yang diperlukan untuk sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang telah di ketahui sangat berguna untuk pasien penderita diabetes. Juga Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang di sebut sterol dalam ketimun dapat menurunkan kadar kolestrol. Dan juga timun mengandung banyak kalium, serat, dan magnesium, ini akan bekerja efektif untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Sendi Dan Mengurangi Nyeri Sendi

Timun merupakan slah satu sumber yang sangat baik dari silika, yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Timun juga sangat kaya akan vitamin A, B1, B6, C, Dan D, Kalsium, Magnesium, Folat, dan juga kalium. Ketika jus timun dan jus wortel di campurkan lalu di minum, ini bisa meredakan encokdan nyeri atritis dengan cara menurunkan kadar asam urat dari dalam tubuh.

Manfaat Ketimun Bagi Kecantikan

Mengurangi Lingkaran Hitam Pada Mata (Mata Panda)

Kandungan zat silika yang terdapat pada ketimun dapat meremajakan kulit sekitar mata. Hanya dengan cara potong timun berbentuk bulat kemudian kompres timun di atas

mata kalian.

Mencegah Kerutan Pada Kulit

Ketimun memberikan rasa segar yang alami bagi kulit, dikarenakan seifatnya yang mengandung air sehingga baik sekali untuk membersihkan wajah dan untuk melembabkan
kulit.

Inilah beberapa manfaat ketimun bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Menakjubkan bukan. Oh iya manfaat dari ketimun yang selanjutnya akan saya bahas di artikel yang akan datang. Sekian dari informasi kesehatan yang dapat saya bagikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply