10 Bahaya Begadang bagi Kesehatan Otak dan Tubuh

Posted on

Sebelum saya memberi tau tentang beberapa bahaya begadang bagi otak dan tubuh mari kita bahas dulu tentang pengertian begadang. Begadang adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian kalangan remaja dan juga pada kalangan orang yang pekerja keras. Namun perlu anda ketahui bahwa melakukan kebiasaan begadang dapat mengganggu kesehatan tubuh yaitu seperti mengganggu kesehatan organ otak.

Berbagai aktifitas yang dapat menguras pikiran dan tenaga, tidurlah yang merupakan cara alami yang sangat bermanfaat untuk memulihkan tenaga dan dapat menyegarkan otak saat anda terbangun pada saat pagi hari. Selain dari itu, tidur yang cukup di malam hari adalah kebiasaan yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan seluruh organ yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, hilangkanlah kebiasaan begadang hingga larut malam dan istirahatlah yang cukup untuk memulihkan kebugaran tubuh serta stamina.

10-bahaya-begadang-bagi-kesehatan-otak-dan-tubuh

Dan taukah anda kalau begadang dapat berbahaya bagi kesehatan otak? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang beberapa bahaya begadang bagi kesehatan otak. Melakukan kebiasaan begadang setiap harinya dapat beresiko terjangkit penyakit Alzheimer serta gangguan pada system saraf yang lainnya. Menurut penelitian bahwa pada saat kita tidur pulas pada malam hari, maka organ yang ada di otak akan bekerja dalam membuang racun yang menumpuk pada otak saat kita melakukan kegiatan sehari hari. Penyakit Alzheime muncul sebab sisa racun yang mengendap dalam otak selama beraktifitas serta hal ini dapat membuat system saraf mengalami kerusakan. Itulah mengapa tidur malam hari merupakan hal yang penting yang harus dilakukan seseorang dalam menjaga kebugaran tubuh serta otak selam menjalankan kegiatan sehari hari.

Saat kita sedang tertidur pulas pada malam hari, organ otak kita akan menciut hingga 60%. Sehingga bisa membantu dalam melancarkan cairan yang terdapat pada tulang belakang. Cairan yang ada pada tulang belakang dapat berfungsi membuang kotoran dan racun yang mengendap dalam otak, aliran darah dan organ hati untuk dilakukan penyaringan. Proses tersebut dapat berjalan dengan lancar pada saat kita tertidur pulas pada malam hari, sehingga pada pagi harinya saat kita terbangun badan akan terasa bugar serta dapat berpikir denngan jernih.

Di bawah ini merupakan 10 bahaya begadang bagi otak dan tubuh diantaranya yaitu:

  1. Kadar gula yang menaik

Kekurangan tidur dapat menurunkan kemampuan sel lemak untuk menghadapi insulin, yaitu hormone yang mengatur kadar gulah darah. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur malam kurang dari 5 jam dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2.

  1. Menurunnya imunitas

Dibutuhkannya tidur yaitu untuk memulihkan stamina dan kebugaran, untuk memperbaiki sel sel yang ada dalam tubuh serta membuang racun yang ada di dalam tubuh. Tidur yang tidak cukup dapat menurunkan imunitas  tubuh sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Kekebalan tubuh yang kurang dapat mengakibatkan naiknya penyakit gangguan ginjal, kardiovaskular dan lain sebagainya.

  1. Menurunnya daya ingat

Kekurangan tidur dapat berakibat menurunnya atau melemahnya daya ingat. Karena otak menyimpan berbagai memori jangka panjang.

  1. Kesehatan kulit terganggu

Melakukan begadang setiap malam dapat menyebabkan hormone kortisol terlepas dalam jumlah yang banyak. Produksi kortisol yang berlebihan dapat memecah kolagen kulit sehingga bisa menurunkan elastisitas dan kehalusan kulit.

  1. Anemia

Begadang dapat berakibat menurunnya metabolism dalam tubuh yang dapat berakibat tidak berjalannya sel darah merah dengan baik.

  1. Resiko penyakit kanker

Tidur malam yang sangat singkat dapat mengganggu produksi hormone melatolin. Hormone melatolin ini berperan dalam melawan kanker prostat, Parkinson, dan lain sebagainya. Hormone melatolin juga dapat mendukung aktifitas antioksidan dalam melawan zat zat karsinogenik yaitu penyebab kanker.

  1. Stress dan depresi

Begadang tidak hanya buruk bagi kesehatan fisik saja, melainkan dapat mengganggu psikologis seseorang. Seringnya begadang dapat mengakibatkan seseorang mudah gelisah dan mudah tersinggung.

  1. Penyakit stroke dan jantung

Tidur malam kurang dari 6 jam yang dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan pembuluh darah arteri meradang yang akhirnya dapat memicu penumpukan plak pada pembuluh darah. Biasanya kondisi ini lebih rentan terhadap penyakit stroke dan jantung.

  1. Sakit kepala

Kurangnya tidur jangka panjang dapat berakibat sakit kepala atau pusing. Sebab kurang tidur dalam jangka yang panjang dapat merusak sel sel yang ada dalam otak.

  1. Menurunnya fertilisasi

Pwrempuan yang sering tidur larut malam atau begadang dapat beresiko mengalami penurunan kualitas ovum serta sekresi hormone.

Itulah 10 bahaya begadang bagi kesehatan otak dan tubuh. Biasakan pola hidup sehat yang akan membuat hidup anda lebih berkualitas dan tubuh lebih bugar. Kurangi kebiasaan buruk begadang secara bertahap sampai hilang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply