Fungsi Dan Pengertian Dari VGA

Posted on

VGA kalian pasti bertanya-tanya apa sih itu vga. Kali ini saya akan memberitahukan tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis dari vga.

Video Grapic Accelerator (VGA) seringkali para pengguna komputer maupun laptop bertanya-tanya apa sih fungsi dari VGA ini. Dan juga seorang gamer sangat memerlukan vga yang mempunyai spec yang sangat besar sekali. Mengapa dan apa alasanya?. VGA yang berfungsi sebagai mengelolah data graphis yang untuk ddi tampilkan ke monitor, VGA juga memiliki prossesor yang biasa disebut GPU 9 Grapics Processing Unit) dan juga VGA membutuhkan memory.

Pengertian Dari VGA

VGA adalah sebuah hardware yang dapat melakukan pengolahan data atau pemrosesan output berupa tampilan visual yang di tampilkan di monitor. VGA merupakan standar grapis terakhir yang dibuat oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. VGA juga sering digunakan untuk mengacu pada resolusi layar monitor yang berukuran 650-480, apapun pembuat dari kartu grafisnya. Kartu VGA berfungsi untuk menterjemahkan keluaran komputer ke layar monitor. Untuk memproses desain grafis atau bermain video games, sangat diperlukan kartu grafis yang bekualitas atau berdaya tinggi. Juga selain itu VGA dapat mengacu pada konektor VGA 15-pin yang masih di perlukan secara untuk mengantarkan sinyal vedeo analog ke layar monitor.

Fungsi Dari VGA

Fungsi VGA card atau video card ataupun grafis card adalah untuk menterjemahkan data atau mengubah sinyal digital dari data menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VG berfungsi untuk menterjemahkan output komputer ke monitor. Ini berfungsi untuk menggambar atau mendesain ataupun untuk menikmati bermain video games dengan kualitas yang bagus.

Jenis-jenis VGA

  • Kartu VGA jenis ISA
  • Kartu VGA jenis EISA
  • Kartu VGA jenis PCI
  • Kartu VGA jenis AGP
  • Kartu VGA jenis PCIE/PCI Expreess

    VGA sekarang ini sudah menggunakan grapic accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru yang mana ini sudah memiliki kemampuan akselerasi 3D. Selain itu VGA sekarang ada peripheral pendukung yang bernama 3D Accelerator yang mana ini berfungsi untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.

Demikian dari informasi tentang ilmu komputer yang dapat saya bagikan semoga bisa bermanfaat.

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply