8 Penyebab Orang Sering Lupa

Posted on

Anggapan kebanyakan orang tentang sifat pelupa itu sangat identik dengan orang yang sudah tua atau yang sudah berusia lanjut biasa disebut pikun. Tapi, saat ini, faktanya sifat pelupa juga bisa dialami oleh orang-orang yang masih muda. Ada banyak penyebab orang bisa mudah lupa. Kondisi seperti itu tentu sangat mengkhawatirkan dan membuat jengkel. Banyak dampak yang mempersulit kita ketika lupa seperti,membuat kita sulit memahami sebuah pelajaran atau bacaan walaupun sudah diulang-ulang tapi tetap belum paham. Mudah lupa setelah mendengarkan ceramah, seminar, pidato dan lain-lain. Baru saja mendapat inspirasi atau ide bagus,belum dicatat sudah lupa lagi. Lelah mencari benda yang hilang karena lupa menaruhnya dimana. Dan masih banyak lagi hal yang sering terjadi karena lupa.

Yang di atas tadi menurut orang-orang, ada juga pendapat menurut ahli medis. Fakta medis dan hasil penelitian dari sebuah universitas, ada beberapa hal yang menjadikan orang mudah lupa karena kebiasaan atau gaya hidup termasuk yang dikonsumsi. Dan yang akan dibahas di sini adalah penyebab lupa karena faktor gaya hidup.

  1. Efek Sering Mengkonsumsi Obat-Obatan

Jaman sekarang memang serba cepat, orang ingin sembuh dari sakit obatnya tidak dengan herbal lagi seperti jaman dulu. Ada banyak jenis obat yang ternyata dapatmenurunkan kemampuan mengingat dalam otak, sehingga orang cenderung menjadi mudah lupa. Obat-obat itu seperti obat penenang (antidepresan), obat tekanan darah rendah ataupun darah tinggi, ini yang cukup bahaya obat penghilang rasa sakit, obat penurun kolestrol, obat diabetes atau obat tidur dan lain sejenisnya. Obat apa yang sering kamu konsumsi?

Selain obat-obat seperti itu, ada jenias obat lain yang dapat juga mempengaruhi dan menurunkan kemampuan daya ingat pada otak. Jika kamu pernah menyadari dan mengalami penurunan daya ingat karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, segeralah periksa dan kontrol ke dokter. Ada beberapa obat yang dapat mempengaruhi daya ingat pada otak.

  1. Stres dan Cemas

Di jaman sekarang, perkembangan ekonomi semakin memburuk yang salah satunya berdampak pada persaingan di dalam dunia kerja. Semakin meningkatnya persaingan tersebut menjadikan kebutuhan uang juga semakin meningkat. Karena pengaruh gaya hidup yang semakin menjadi juga menyebabkan orang sering mengalami kecmasan hingga akhirnya stress.

Akibat dari kedua masalah itu adalah kemampuan mengingat pada otak yang semakin menurun. Stress dapat mengganggu pembentukan kenangan dan menyebabkan kita mudah melupakan masa lalu.

  1. Kurang Tidur

Ini juga perlu diperhatikan terutama bagi kamu yang suka begadang demi pekerjaan. Kebiasaan tidak baik ini ternyata juga menjadi salah satu penyebab orang mudah lupa. tidak hanya kurang tidur, tapi tidur yang kurang nyenyak juga bisa berpengaruh terhadap daya ingat pada otak.tidur yang kurang nyenyak biasanya disebabkan karena gangguan suara mesin, berisik, mimpi buruk, dan lain-lain.

  1. Otak Tidak Mendapat Pasokan Oksigen Cukup

Oksigen itu sangat diperlukan oleh otak. Selain nutrisi, otak juga membutuhkan oksigen untuk berpikr dengan baik.. yang sangat mempengaruhi terhadap jumlah oksigen yang dikirim ke otak adalah darah yang dialirkan ke otak. Jika darah dan air yang ada dalam tubuh kita lancer, maka pasokan oksigen dalm otak juga akan lancer. Begitu juga sebaliknya, selain itu jumlah oksigen yang kita hirup juga dipengaruhi oleh cara kita. Cara orang bernafas yang kelihatan dangkal dan cepat biasanya kekurangan oksigen.maka dari itu, berlatihlah bernafas secara teratur dengan menghirup nafas dalam-dalam lalu tahan sebentar dan dikeluarkan lewat mulut secara perlahan.

  1. Mengkonsumsi Minuman Keras Atau Alkohol

Jika alkohol dikonsumsi terlalu banyak, maka bisa menyebabkan gangguan daya ingat pada otak dalam jangka pendek. Kejadian seperti ini sangat tergantung dari orang yang menkonsumsinya, tapi rekomendasi dokter tetap setiap orang lebih baik menghindari alkohol. Menkonsumsi alkohol setiap hari dapat menyebabkan gangguan daya ingat pada otak dan memudarkan ingatan. Selain itu, maksiat mengkonsumsi minuman keras saja sudah dosa dan bisa juga membuat orang yang mengkonsumsinya jadi pelupa.

  1. Kesedihan Yang Berlebih

Seseorang yang biasanya mengalami kesedihan sangat dalam, sampai sulit untuk melupakan dan  enggan untuk bangkit. Kondisi seperti itu sangat mempengaruhi mental dan kejiwaan seseorang termasuk mengganggu kemampuan mengingatnya.

  1. Merokok

Semua orang pasti sudah tahu bahaya merokok. Selain mengganggu kesehatan paru-paru, racun yang terdapat pada rokok juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan otak dalam mengingat. Tidak peduli orang itu adalah perokok aktif atau perokok pasif. Keduanya akan menyebabkan pudarnya memori. Jadi jangan heran jika banyak yang usianya masih muda, tapi sering lupa dan konsentrasinya kurang.

  1. Cedera Pada Bagian Kepala

Hal ini biasanya dialami oleh orang yang pernah mengalami kecelakaan hingga cedera pada bagian kepalanya dan akhirnya menjadi lupa ingatan atau amnesia. Gejala seperti cedera otak ringan biasanya disebabkan karena seseorang mengalami kebingungan dan kesulitan dalam mengingat juga kurang konsentrasi. Cedara pada otak biasa kita kenal dengan istilah gagar otak.

Otak adalah pusat segalanya dari organ-organ dalam tubuh kita. Jadi jaga kesehatan agar otak tidak lelah hingga menjadi sakit dan hindari benturan pada otak.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply