9 Cara Melatih Otak agar Lebih Kreatif

Posted on

Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat berperan sebagai system pengendali yang ada dalam diri kita yang berfungsi untuk mengatur semua bagian anggota tubuh. Otak mengatur dan mengkoordinasi seebagian besar perilaku, gerakan, dan fungsi tubuh homeostasis yaitu seperti tekanan darah , detak jantung, suhu tubuh serta keseimbangan cairan tubuh. Otak dan sel saraf didalamnya dapat dipercaya mempengaruhi kognisi manusia. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi yaitu seperti emosi, pengenalan, ingatan, pembelajaran motoric serta segala bentuk pembelaaran yang lain. Terbentuknya otak adalah dari dua jenis sel yaitu glia dan neuron. Fungsi glia adalah untuk melindungi dan menunjang neuron. Sedangkan neuron berfungsi membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang biasa dikenal sebagai potensi aksi.

Berikut ini adalah 9 cara melatih otak agar berpikir lebih kreatif diantaranya yaitu:

  1. Dengan cara membaca

Dengan membaca dapat melenturkan otot otot yang ada di dalam otak, baik membaca yang ringan maupun yang informasi. Dengan membaca dapat membantu membangun (cadangan kognitif) yang dapat menunda timbulnya demensia.

  1. Dengan cara bermain puzzle atau teka teki silang

Dengan cara bermain puzzle atau teka teki silang seperti Sudoku, rubik dan jenis puzzle yang lainnya. Dengan ini dapat melatih otak khususnya bagian otak kiri. Jika anda ingin mengefektifkan latihan otak anda maka anda harus menambahkan strategi baru, misalnya dengan memecahkan teka teki silang dengan tema yang berbeda atau denagn yang tidak biasa.

  1. Dengan cara latihan fisik

Dengan melatih fisik mampu meningkatkan kesehatan otak, sebab dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Latiha fisik dapat ,meningkatkan memori, penalaran juga perhatian.

  1. Dengan cara belajar bahasa asing

Cara selanjutnya adalah dengan cara belajar bahas asing, dengan cara ini dapat membantu anda untuk mengaktifkan bagian otak yang belum pernah digunakan sejak anda pertama kali mulai berbicara. Sebuah study menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak yang fungsinya untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

  1. Dengan cara megubah rutinitas

Cara selanjutnya adalah dengan cara mengubah rutinitas dan pola hidup baru yang fungsinya dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya belum aktif. Biasanya dengan cara melakukan mandi dengan mata tertutup.

  1. Dengan cara bermain permainan yang mengandung strategi

Dengan cara ini dapat membantu anda untuk berpikir yang lebih kreatif karena menggunakan otak kanan.contohnya yaitu bermain permainan catur, monopoli atau game yang lainnya.

  1. Dengan Mencari hobi baru

Mencari hobi baru merupakan tantangan otak untuk belajar keterampilan yang baru atau hal hal  baru  yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Contohnya jika anda sudah ahli dalam bermain gitar, maka cobalah belajar bermain piano. Temukanlah sesuatu yang menarik dan baru untuk menjaga otak supaya tetap aktif.

  1. Dengan cara menjalani hidup social

Otak kita dapat dilatih dengan menjalani kehidupan social contohnya denagn mengunjungi teman. Ada yang mengemukakan bahwa mempunyai jaringan social dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

  1. Dengan cara membiasakan aktif dengan menggunakan tangan kiri dan kanan

Jika anda biasanya melakukan kegiatan dengan menggunakan tangan kiri maka gunakanlah tangan kanan begitu pula sebaliknya. Contohnya saat anda menggunakan handphone, saat anda menulis, menggosok gigi, ataupun mengikat tali sepatu dengan arah yang berlawanan. Jenis latihan ini fungsinya memperkuat hubungan saraf yang ada dan bisa membentuk saraf baru.

Demikian artikel dari saya tentang 9 cara melatih otak agar lebih kreatif semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply