Taukah Anda Apa itu Serangan Jantung

Posted on

Penjabaran Tentang Serangan Jantung

serangan-jantung-1
serangan jantung

Dalam bahasa medis serangan jantung disebut infark miokardial, yaitu terhentinya aliran darah atau terhambatnya darah menuju ke jantung. Penyebab terbanyak disebabkan oleh penumpukan lemak, kolestrol, dan yang paling utama yaitu penyakit jantung koroner.

Berikut disini adalah gejala seranagn jantung :

  • Sakit atau nyeri dibagian dada
  • Sesak nafas
  • Merasa lemah dan pusing
  • Gelisah dan cemas

Kondisi seperti ini tidak tergantung pada seberapa sakit yang dirasakan di dada. Sakit dada yang dirasakan seseorang belum tentu terjadi pada penderita penyakit jantung. Biasanya sakitnya itu disalah artikan sebagai gangguan pencernaan atau sakit ringan.

PENYEBAB TERJADINYA SERANGAN JANTUNG

risiko-pnyakit-jantung
penyebab serangan jantung

Kondisi yang menyebabkan terjadinya serangan jantung adalah penggumpalan darah yang menghambat pasokan darah dan oksigen ke jantung melalui pembuluh koroner. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung :

  • Kolestrol tinggi
  • Merokok
  • Mengkonsumsi makanan berlemak
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Gaya hidup buruk
  • Stress

TANDA-TANDA

Serangan tidak jantung tiba-tiba akan tetapi yang datang karena ada penyebabnya. Serangan jantung adalah puncak bencana dari sebuah proses kerusakan yang berlangsung lama, kekacauan fisiologis dan kelelahan mental.  Bahkan dokter yang terlatih untuk mengukur segala sesuatu secara obyektif masih bisa mengabaikan hal tersebut.

PENGOBATABN PADA SERANGAN JANTUNG

pengobatan-serangan-jantung
cintai jantungmu

Untuk penanganan pertama, dianjurkan pasien segera konsumsi aspirin dengan dosis normal 300 mg, tapi pastikan kalo anda tidak alergi terhadap aspirin. Bila tetap berlangsung segera bawa kerumah sakit agar segera ditangani secepatnya oleh medis. Pengobatan yang dikerjakan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit pasien.

Serangan jantung yang tidak segera ditangani dan mulai parah akan mengalami komplikasi, dan komplikasi bisa segera muncul setelah serangan jantung, beberapa komplikasi akibat serangan jantung :

  • Gagal jantung :

Gagal jantung terjadi karena otot jantung telah rusak permanen akibat serangan jantung yang terjadi.

  • Aritmia :

Keadaan ini ketika jantung berdegup menjadi tidak normal. Jantung berdegup sangat kencang dan terjadi pemberhentian jantung atau cardiac arrest.

  • Jantung ruptur/retak :

Kondisi ketika otot, dinding, atau katup jantung sudah retak.

Sekitar 33 persen orang yang mengalami serangan jantung akan meninggal. Kematian kerap kali terjadi sebelum pasien sampai di rumah sakit, atau dalam satu bulan setelah pasien mengalami serangan jantung. Apabila pasien berhasil bertahan selama sebulan setelahnya, ada kemungkinan besar untuk mereka bertahan hidup sangat bagus.

Peluang untuk hidup seseorang yang pernah mengidap serangan jantung bergantung pada beberapa hal. Pertama adalah umur pasien. Apabila umur seseorang yang mengalami serangan jantung semakin tua, kemungkinan terjadinya komplikasi akan bertambah.

Kedua, tingkat keparahan serangan jantung juga sangat berpengaruh kepada peluang hidup seseorang. Yang terutama adalah seberapa parah kerusakan otot jantung yang sedang terjadi. Sedangkan yang ketiga, waktu yang dibutuhkan seseorang hingga pasien mendapatkan pertolongan saat mengalami serangan jantung. Makin lama penanganan serangan jantung, maka peluang hidupnya akan makin berkurang.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply