Manfaat Dan Bahayanya Mengkonsumsi Coklat

Posted on

COKLAT

Makanan yang satu ini sangat di gemari oleh kebanyakan orang. Karna rasanya yang manis dan agak pahit. Ini cocok jika di campurkan pada makanan atau minuman. Bahkan di makan langsung pun juga enak. Coklat biasa di simbolkan sebagai perasaan kasih sayang dan identik dengan sesuatu yang romantis. ini juga bisa di gunakan sebagi hadiah untuk orang yang kita sayang. Banyak mitos tentang coklat ini, mulai dari mitos yang positif sampai mitos yang negative sekalipun.

Coklat

Coklat mempunyai banyak kandungan, di antaranya memiliki :

  1. 9% protein (memiliki kandungan tyrosin, , asam aminotriptofan dalam jumlah banyak)
  2. 14% karbohidrat dan juga
  3. 31% lemak
  4. Alkhonait ini adalah zat yang dapat menyebabkan coklat bisa menjadi terasa pahit.

     Manfaat mengkonsumsi coklat :

  1. Melawan dan maencegah Kanker

Menurut penelitian cokelat dapat mengurangi peradangan dan penghambat pembelahan sel kanker.

  1. Menghilangkan stress

Coklat juga di anggap bisa menghilangkan rasa stress, mulai dari stress ringan hingga depresi. Mengapa demikian? Itu semua di sebabkan karna coklat mengndungmolekul psiko aktif yang akan membuat pengonsumsi coklat merasa nyaman. Beberapa kandungan lain seperti theobromine, caffeine, methyl, dan phenylethylalanine yang di percaya dapat mengurangi kelelahan dan dapat memperbaiki mood seseorang, sehingga cokelat ini dapat digunakan sebagai anti – depresi.

  1. Menurunkan tekanan darah Tinggi

Karena coklat dapat memperbaiki mood seseorang, menyimbangkan tekanan darah. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah seseorang.

  1. Memperlambat Penuaan

Coklat juga mengandung zat yang dapat menghambat penuaan dini, mengkonsumsi coklat secara teratur dapat melindungi kulit dari terbakarnya sinar matahari dan dapat mengurangi keriput pada kulit serta dapat meminimalisir terjadinya penyakit.

  1. Mengurangi resiko serangan jantung

Hamper sekitar 50% coklat hitam dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung.  coklat ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang memperlambat pada orang yang mengkonsumsinya  dan di bandingkan orang yang tidak mengkonsumsi coklat sama sekali.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Coklat juga dapat meningkatkan kesehatan mata kita hal ini di sebabkan, karena aliran darah yang menuju ke retina dapat membantu memperbaiki penglihatan mata, dan juga membantu kekuatan mata, serta meningkatkan kesehatan mata kita.

Bahayanya mengkonsumsi coklat terlalu sering :

  • Mengkonsumsi coklat terlalu sering dapat merusak tubuh dan tidak sehat bagi tubuh.
  • Karena coklat, kandungan gula dan lemaknya cukup banyak sehingga akan membuat seseorang yang mengkonsumsinya akan mengalami kenaikan pada berat badannya ( kegemukan)
  • Dapat menyebabkan mual dan muntah bagi ibu hamil

Pada sebagian ibu hamil ada yang lambung dan pencernaanya tidak bisa menerima zat yang ada pada coklat, sehingga mengakibatkan rasa mual dan muntah – muntah.Jika di teruskan untuk mengkonsumsi maka efeknya tidak hanya mual dan muntah – muntah tapi juga dapat  menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Nah, itu lah sedikit info tentang manfaat dan bahayanya mengkonsumsi coklat terlalu banyak. Semoga bermanfaat untuk anda.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply