Air Pegunungan Bersih
Air Pegunungan Bersih

Tips Menjaga Air agar Tetap Bersih

Posted on

Dengan berkembangnya teknologi, banyak alat-alat yang mudah dan praktis untuk membersihkan air, tapi dengan menggunakan alat-alat yang canggih belum tentu air itu tidak terkena bakteri atau zat-zat yang ada di lat itu, air bersih memang sulit di temukan apalagi di saat musim kemarau dating, air bersih sangat sedikit dan sulit di temukan, walaupun ada pasti ada di lereng-lereng gunung dan sumber mat air, lepas dari musim kemarau bergantilah musim hujan, di musim hujan air sangatlah berlimpah, tapi air semakin kotor karena di musim hujan bakteri dan virus semakin berkembang dengan pesat, apalagi nyamuk-nyamuk yang mencari tempat-tempat untuk bertelur, biasanya nyamuk-nyamuk menetaskan telurnya di tempat-tempat yang lembab, seperti di bak-bak mandi, kaleng-kaleng yang berisi air, dan tempat-tempat yang kotor, Dengan hal itu, saya akan memberi tips agar air tetap bersih.

Air Bersih

Beberapa Tips Agar Air Tetap Bersih :

 

  • Menjaga lingkungan sekitar

Menjaga lingkungan sekitar sangatlah penting, karena sumber penyakit yang paling besar dalah dari lingkungan sekitar , menjaga lingkungan bisa di lakukan dengan beberapa cara yaitu membuang barang bekas yang tidak terpakai, menyapu dan membersihkan tempat-tempat yang kotor, dan anda juga bisa melakukan hal-hal yang lain.

  • Membuang sampah pada tempatnya

Buanglah sampah pada tempatnya, dengan membuang sampah lingkungan sekitar menjadi bersih, nyaman dan enak di pandang, tapi jika membuang sampah harus tepat pada tempatnya misalnya plastic harus di masukkan ke dalam sampah anorganik, karena sampah anorganik tidak bisa terutai dengan cepat, butuh 100 tahun lebih untuk bisa terurai. Lalu sampah daun-daunan harus di masukkan ke dalam sampah organic karena sampah organic mudah terurai dengan cepat dan sampah organic juga bisa di buat pupuk.

  • Mengurangi adanya penebangan pohon

Sekarang banyak pohon yang sering di tebangi untuk keegoisan masing-masing, padahal pohon adalah penyerap air yang baik, air yang kotor di serap oleh pohon dan di keluarkan melalui embun-embun, dan juga pohon adalah sumber oksigen bagi manusia, tanpa pohon yang menghasilkan oksigen pasti manusia tidak bisa hidup, menebang pohon itu  di perbolehkan tapi harus ada izin dari pihak yang berwenang  dan setelah pohon di tebang di harapkan bisa melakukan reboisasi di tempat yang baru.

  • Mendaur ulang barang yang tidak terpakai

Mendaur ulang barang bekas sangatlah penting, karena itu mengurangi sampah, dengan mendaur ulang barang yang tidak terpakai dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan mendapatkan sumber pendapatan, mendaur ulang bisa di lakukan pada barang bekas contoh sedotan minuman yang tidak terpakai bisa di buat bunga yang indah dari bunga itu bisa di jual.

  • Menjaga ketersediaanya air bersih

Ini sangat penting untuk menjaga kelestrianya air bersih, apalagi di tempat-tempat yang banyak terdapat air bersih, karena air bersih sampai saat ini semakin berkurang, dan pencemaranya semakin bertambah.

  • Mandi menggunakan shower

Ketika mandi lakukanlah hal-hal yang tidak boros air, seperti mandi menggunakna shower, mandi dengan shower di bandingan mandi dengan gayung lebih irit dengan mandi dengan shower.

  • Mengecek pipa air dengan rutin

Pengecekan pipa air harus di lakukan dengan air, karena jika pipa air bojor maka akan terjadi pemborosan air dan jika pip air tersumbat maka air akan meluap itu juga akan terjadi pemborosan air.

Demikian info dari saya, semoga bermanfaat bagi anda

Incoming search terms:

  • apa cara menjaga air agar tetap bersih
  • cara perawat menjaga air agar tetap
Gravatar Image

Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu “BISA DAN MAMPU”. jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply