HIV & AIDS
Di peringatinya 1 Desember Hari AIDS sedunia

Di Peringatinya 1 Desember Sebagai Hari AIDS Sedunia

Posted on

Yaps, selamat hari aids sedunia.pada tanggal 1 Desember adalah ditetapkannya hari AIDS sedunia oleh UNAIDS dari tahun 1988.Kenapa sih kok harus ada peringatannya “Hari Aids Sedunia”Seakan-akan diharuskan untuk merayakannya yang mana hari dari suatu nama penyakit ini?Sebenarnya hari itu bukanlah untuk dirayakan akan tetapi justru menjadi hari peringatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas untuk saling peduli pandemik AIDS ini adalah salah satu ancaman yang berbahaya.

HIV & AIDS
Virus HIV & AIDS

HIV atau AIDS memang salah satu dari pandemik yang paling berbahaya (terutama anda kalau anda tidak tau cara menghadapinya) dan telah menyebar ke berbagai belahan dunia.Sayangnya, keganasan oleh pandemik inilah sering kali tidak disertai dengan pemahaman yang cukup untuk masyarakat umum khususnya. Lebih Ironisnya, pemahaman masyarakat terhadap AIDS seringkali tercampur aduk dengan mitos-mitos, salah kaprah/ salah menanggapi, sehingga masih banyak masyarakat umum yang pandangannya keliru terhadap isu tersebut.Pada hal, dengan cara memahami pandemik ini, mungkin banyak hal yang bisa anda lakukan untuk memerangi penyakit HIV atau AIDS mulai dari menjaga diri, mengetahui pencegah atau sarana penularan, mencegah dari penularan, melakukan tindakan yang tepat, dan memperlakukan  pengidap positif HIV atau AIDS dengan cara yang sangat tepat.

Nah, saat ini pada kesempatan hari AIDS sedunia yang bertepatan pada tanggal 1 Desember 2016, saya mau berbagai sedikit tentang pengetahuan dan pengalaman saya sebagai mantan aktivis gerakan HIV atau AIDS.Saya Cuma ingin meluruskan tentang pembahasan kekeliruan yang masih eksis di kalangan para pelajar.

Kekeliruan Pertama.

Penyakit HIV itu Sama Seperti Penyakit AIDS.
Yaps, pertama saya akan membahas tentang definisinya tentang HIV dan AIDS.Dari pengalaman saya, masih banyak sekali menganggap pengertian tentang HIV dan AIDS itu menganggap HIV dengan AIDS sama.Waduhh, ini yang keliru?mari kita kupas bersama tentang pengertiannya.

Apa sih HIV itu?

HIV merupakan sebuah virus berbahaya yang menyerang kekebalan tubuh manusia.Nah, jika orang yang mengidap HIV itu orang yang terkena infeksi virus Imunodifiensi Manusia.aVirus HIV  yang masuk kedalam tubuh itu akan menyerang helper T cell pada manusia yang mengakibatkan sel tersebut sebagai sasaran virus menggandakan diri.

Helper T cell ini merupakan salah satu jenis dari sel darah putih yang fungsinya untuk memicu produksi antibodi dan sel darah putih pembunuh yang dapat membunuh patogen-patogen yang ada dalam tubuh.Dan saat helper T cell itu banyak yang rusak, maka manusia akan kehilangan kemampuan untuk mengidentifikasi apakan zat asing yang akan masuk ke dalam tubuh itu termasuk kawan ataukah lawan.

Apa saja sih gejalanya orang yang terkena infeksi virus HIV?Nah, dalam kurun waktu 6 minggu sampai 3 bulan setelah seseorang itu terkena infeksi virus HIV, tubuh orang itu akan memproduksi antibodi yang sebagai bentuknya respon dengan infeksi.Cara yang sering digunakan untuk mengetahui terkena tidaknya melakukan pengecekan atau tes darah, untuk mengecek keberadaan si antibodi HIV yang diproduksi oleh manusia untuk melawan virus HIV tersebut.Kesimpulannya jika dalam darah seseorang terdapat antibodi HIV, berarti orang tersebut terkena infeksi HIV.

Dan perlu diketahaui, tes ini juga terdapat kelemahan, karena apa antibodi HIV baru terbentuk 6 minggu sampai 3 bulan pasca- terkena infeksi.

HIV & AIDS
Bedanya HIV dengan AIDS

Apa sih AIDS?

AIDS beda dengan HIV.AIDS merupakan gejala yang timbul dari kerusakan sistem tubuh manusia akibat dari terkenanya infeksi vitus HIV.Jadi, perlu kita ketahui orang yang mengidap AIDS merupakan orang yang telah dalam kondisi penurunan kekebalan tubuh akibat dari infeksi virus HIV.Hingga pada akhirnya penurunan kekebalan tubuh menjukkan beberapa gejala dan infeksi lainnya.

Gejala dan infeksi yang di timbulkan :
1.Radang bahkan terinfeksi  jaringan otak.
2.Mengalami radang atau infeksi pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan bahkan sumsum tulang belakang.
3. Terkena inflamasi atau infeksi bagian retina mata.
4.Terkena infeksi pernafasan.
5.Terkena Tumor.
6. Dan terkena Diare Kronis.

Nah, setelah kita ketahui penjelasan di atas, kita bisa mengambil bahwa sebenarnya Penyakit HIV dengan AIDS itu merupakan dua hal yang berbeda namun sangat berkaitan satu sama lainnya.

Kekeliruan Kedua.

Penularan HIV bisa melalui udara, bersentuhan, air liur, dan gigitan nyamuk.
Beberapa waktu yang lalu, sempat ada berita yang menghebohkan mulai dari poster, spanduk HIV memberikan kekeliruan informasi terkaitnya penularan virus HIV.

  • Penularan yang Melalui gigitan nyamuk.
    zenius servei 26% responden masih percaya kalau gigitan nyamuk bisa menularkan virus HIV atau AIDS.Mungkin mereka berfikir jika di dalam darah itu terdapat virus HIV, sehingga nyamuk yang menghisap darah tersebut dari orang penderita HIV itu bisa menularkan kepada orang lain.Beruntungnya, virus HIV tidak bisa menularkan melalui gigitan nyamuk.Karena apa?

Seperti ini, seperti yang saya bilang sebelumnya, virus HIV itu kan menempel pada helper T cll lalu dia menggandakan diri.Nah, pada saat nyamuk menghisap darah dari ODHA, darah yang mengandung virus HIV tersebut akan masuk ke dalam usus si nyamuk.Untungnya, di dalam perutnya si nyamuk tidak terdapat helper T cell, loh.Sehingga virus HIV  tidak bisa menggandakan diri di dalam perut si nyamuk.

  • Penularan yang melalui air liur atau terkena bersin, pertukaran alat makan, dan berciuman.
    Masih 29% meresponden yang berfikiran jika bersin atau batuk itu bisa menularkan virus HIV atau AIDS.Terus, ada 39% merespon jika alat makan kita ditukarkan dengan penderita HIV atau AIDS bisa tertular.Dan lebih dari setengah 56% merespon masih berfikir jika berciuman dengan ODHA itu bisa menularkan virus HIV atau AIDS.

Nah, pemikiran seperti itu keliru ya.Cairan liur itu tidak mengandung sel apapun.Tapi, anda juga harus ingat bahwa air liur itu berada dalam rongga mulut dan sel-selnya di rongga mulut juga, sehingga mengalami siklus sel dan mungkin bisa saja mengandung virus HIV yang berasal juga dari sel-sel rongga mulut.Tapi, perlu anda ketahui, virus HIV mungkin juga dapat di dalam air liur, dan jumlahnya terlalu sedikit jika untuk menginfeksi orang lain.

Peduli
Mari Peduli Dengan HIV & AIDS

Kesimpulannya, jika kita menukarkan alat makan seperti piring, sendok, garpu, gelas, dan bahkan berciuman itu tidak akan menyebabkan penularan virus HIV ya.

 

Nah, setelah kita ketahui tentang penjelasan dari pengertian HIV, pengertian  AIDS dan kekeliruan pemahaman dari penyakit HIV atau AIDS selama ini. Dan kini kita telah mengetahui yang sebenarnya.Jangan salah kaprah untuk memahami sesuatu.Selamat Hari AIDS sedunia.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply