Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening

Pesona Yang Di Miliki Bukit Cinta Rawa Pening

Posted on

Bukit Cinta adalah kawasan tempat salah satu tepi danau Rawa Pening dan dengan pemandangannya yang sangat bagus dan alam nya yang sangat indah sekali. Dan tempat ini menjadi salah satu obyek paling unggulan dalam dua pekan ini. Dan tempat bukit cinta pada saat ini jumlah pengunjung sangat mulai menurun dikarenakan kurang terawatnya tempat ini.

Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening
Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening

Dan Bukit Cinta ini berada di desa kebondowo, dikecamatan Banyubiru, dan kebupaten Semarang , Jawa tengah. Dan Bukit Cinta ini adalah bukit kecil yang berada di sebuah Danau Rawa Pening ini. Dan sesuai namanya, dan pada zaman dulu tempat ini adalah tempat untuk memadu kasih pengatin baru.

Dan letak bukit ini di kawasan sebelah barat daya. Rute untuk menuju kesana sangat mudah sekali kita hanya melewatin jalan beraspal yang kecil dari lingkar jalan Ambarawa atau lewat jalan yang tembus jalan  raya salatiga-Ambarawa. Dan jalan mengakses menuju ke wisata bukit ini masih jaalan pedesaan yang sangat sempit banyak jalan berlubangnya disetiap jalan. Papan petunjuk untuk menuju lokasi sudah terpasang disetiap jalan raya dan dapat membantu anda yang belom pernah datang kesini.

Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening
Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening

Jika anda sudah dikawasan Wisata Cinta Rawa anda akan menemukan gapura yang sederhana dan ada patung ganesha pada tiang penyangga. Untuk pengambilan tiket masuk anda harus mengambil di gapura tadi masuk akan dikasih oleh petugas itu sendiri. Dan untuk area parkir kendaraan roda empat sangat cukup luas. Area parkir Bukit Cinta mempunyai bangunan yang permanen dan berbentuk kios dan menjual bermacam kerajinan dan makanan, minuman yang khas ambarawa . dan ambarawa sangat terkenal dengan kerajinannya yang berasal dari enceng gondong dan dibentuk bermacam-macam seperti tas, vas bunga, kursi, tempat tisu dan buat hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Dan ada sebuah rumah makan yang bertempat disekitar area parkir Bukit Cinta yang menghidangkan masak air tawar ini.

Bukit Cinta Punya Sejarah Juga loh

Sejarah Bukit Cinta yang berasal sebuah tempat tinggi dan dimanfaatkan oleh pemerintahan Kolonial Belanda sebagai Gardu tempat Pemantau Pertumbuhan Enceng Gondog dan menyebar ke rawa pening. Dan tujuan pembangunannya untuk mengendalikan pertumbuhan eceng gondog karena mempunyai pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ) yang milikinya Kolonial Belanda dan dikembangkan di daerah Rawa Pening.  Dan tahun 1975 Gardu untuk Pemantau pertumbuhan Enceng Gondong yang diubah oleh pemerintahan daerah kabupaten Ungaran ini ( Semarang ) yang menjadi Gardu Pemandangan Alam Rawa Pening . mulai tahun 1983, dan tempat ini sangat terkenal di kalangan masyarakat  luas ini telah berganti nama menjadi bukit Cinta.

Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening
Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta adalah tempat yang pertama kali yang disematkan diantara nama Wisata Bukit Cinta yang ada di indonesia. Pada saat itu tempat wisata yang mengunakan nama Bukit Cinta banyak sekali sampe seperti Bukit Cinta Nganjuk, Bukit Cinta Karangasem, Taman Bukit Cinta Pamekasan, Bukit Cinta Bromo, dan Bukit Cinta lainny. Biasanya menggunakan nama yang mirip atau sama dengan nama tempat lainya beralasan biar semua orang gampang mengingatnya.

Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening
Pesona Yang Miliki Bukit Cinta Rawa Pening

Saat anda menaiki  bukit kecil anda akan disambut dengan pohon yang besar-besar dan tumbuh-tumbuhan  disekitarnya. Saat kondisi sangat panas, berada dibawah pohon besar itu anda akan merasa sangat sejuk dan nyaman. Dan jika anda melihat pemandangan Rawa Pening dari tepi bukit cinta tidak terlalu menarik karena tanaman enceng gondong yang memenuhi Kawasan Bukit Cinta dan sekitar Rawa Pening ini, dan sangat lebatnya tanaman enceng gondog di pinggir danau dan membuat  Rakit dan perahu ini dibiarkan bersandar di dermaga itu.

Leave a Reply