10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi. Yang Susah Bangun Harus Praktekin Ini!

Posted on

Pasti kamu pernah merasa sangat kesal sekali karena susah untuk bangun pagi, kamu sudah berkali-kali bangun kesiangan sehingga aktivitasmu menjadi terlambat. Gara-gara kamu telat, akhirnya semua pekerjaanmu tidak selesai secara optimal. Kamu harus tahu bahwa hari yang baik itu berawal dari pagi yang baik.

Maka, mulai sekarang sudahi kebiasaan tidak bai ini. Berjanjilah mulai hari besok,setelah membaca artikel ini jangan sampai kamu bangun kesiangan lagi. Mulai besok, kamu harus yakin bisa bangun lebih awal di pagi hari, biasakan bangun subuh.

Sebenarnya ada banyak jurus yang dapat kamu coba untuk bisa bangun pagi, paling tidak kamu bisa mempraktikan semuanya sampai kamu berhasil bangun pagi.

  1. Hindari Makan Malam Menjelang Tidur

Kalau kamu makan saat akan tidur, maka secara otomatis perut kamuakan bekerja untuk mencerna makanan itu. Padahal, sebaiknya perut kamu juga ikut beristirahat saat kamu tidur. Kalau kamu makan menjelang tidur, maka sama saja kamu memaksa perut bekerja diwaktu istirahat. Jika perut terus bekerja diwaktu istirahat, maka akan butuh waktu lama untuk tidur lebih. Dan pada akhirnya, kamu sulit untuk bangun pagi. Dampaknya juga bukan hanya itu, tapi ada dampak buruk lain yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

  1. Hindari Kebiasaan Minum Kopi Menjelang Tidur

kopi

Biasanya orang minum kopi agar tidak mengantuk. Memang kafein di dalam kopi itu cukup tinggi, sehingga menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat berdetak. Namun, ada waktu tertentu, kopi itu sebaiknya tidak diminum yaitu saat akan tidur, jika kamu minum kopi saat akan tidur, niscaya kamu tidak jadi tidur karena tidak mengantuk lagi. Sebaiknya tidak mengkonsumsi yang berkafein saat akan tidur karena akan membuat kamu susah tidur hingga larut malam dan besoknya malah bangun kesiangan. Kalau kamu ingin sekali minum sebelum tidur karena sudah terbiasa, maka gantilah minumanmu dengan air putih biasa. Itulebih baik karena dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh dan menjadikanmu lebih sehat daripada harus minum yang berkafein. Dengan tubuh yang sehat, kamu jadi tidak malas untuk bangun pagi setiap hari.

  1. Harus Bisa Tidur Lebih Awal

Ini hanya logika sederhana dan kamu harus memahaminya. Faktanya sudah terbukti bahwa tidur lebih awal itu bisa membuat kita bangun lebih awal juga.begitu juga sebaliknya,bahwa tidur terlalu malam juga mengakibatkan sulit bangun pagi. Meskipun mungkin kemungkinan ada banyak orang yang memiliki kebisaan tidur berbeda, seperti tidur sebentar saja bisa bangun awal karena memang dia sudah terbiasa. Tapi, kemungkinan besar kebiasaan itu lebih berat dilakukan karena mungkin dia dituntut oleh waktu istirahat yang sebentar. Tapi tidur cukup itu lebih baik dan lebih ringan untuk bangun.

  1. Buat Tempat Tidurmu Senyaman Mungkin

Ini sudah kunci pasti dan jitu bahwa tempat tidur yang nyaman itu kunci dari tidur yang nyenyak. Prakteknya juga sederhana untuk membuat tempat tidurmu nyaman dan tidurmu nyenyak, yaitu hanya dengan kebiasaan sehari-hari yang mungkin sudah diajarkan sejak kecil oleh oang tua. Misalnya,merapikan tempat tidur dan membersihkannya. Memastikan tidak ada nyamuk yang akan mengganggu tidurmu. Jika hawa terasa panas tinggal nyalakan kipas angin atau AC. Tapi, jika hawa terasa dingin tinggal memakai selimut atau cara lain dan lain-lain. Hal-hal seperti itu yang bisa membuat tidurmu nyaman.

  1. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Memang tidur siang itu bagus, tapi kalau terlalu lama akan membuatmu begadang di malam hari dan menjadikanmu sulit tidur. Selain sunnah, tidur siang bisa dijadikan sebagai waktu untuk menge-charge tubuh setelah bekerja sejak pagi dan bahkan sampai nanti malam. Tapi tidur siang jangan terlalu lama, karena bisa membuat kamu sulit tidur di malam harinya. Tidurlah siang cukup 15-30 menit, jangan lebih dari 1 jam.

  1. Hindari Bercerita dan Curhat Menjelang Tidur

Biasanya hal ini dilakukan oleh cewek tapi tidak semanya. Hindari curhat karena itu bisa membuat kamu malah tambah kepikiran dan sulit tidur.baik kalau curhatanmu menyenangkan, tapi kalau masalah yang membuatmu cemas dan terbawa perasaan kamu jadi tidak segera tidur. Sebaiknya, bahas masalahmu di siang hari atau setelah bangun tidur. Tapi kalau kamu merasa tidak lega dan hanya bisa tidur jika sudah cerita, maka silahkan lakukan.

  1. Jangan Lupa Pasang Alarm

alarm

Sebagian orang memang berpendapat berbeda, ada yang mengatakan kalau pasang alarm itu tidak berpengaruh. Tapi, faktanya da yang mengatakan kalau alarm juga dapat berpengaruh untuk bangun pagi. Untuk lebih menambah semangat, kamu bisa menggunakan audio favoritmu untuk nada alarm. Lebih baik juga bagi kamu yang bandel untuk bangun pagi, jangan hanya memasang satu alarm, tapi beberapa alarm. Setelah itu, letakkan alarm kamu agak jauh dari tempat tidur agar kamu secara otomatis membuatmu bangun dan mematikan alarm. Berbeda jika kamu meletakkan disamping tampat tiduk yang kamu mudah menjangkaunya, kamu hanya akan mematikan lalu tidur lagi.

  1. Minta Orang Lain Untuk Membangunkan

Ini cara yang cukup ampuh untuk bisa bangun pagi, mintalah bantuan pada orang lain di rumah kamu bisa orang tua,kakak, adik atau lainnya. Jika kemungkinan alarm kamu tidak ada efeknya, ini bisa sebagai antisipasi. Agar lebih optimal lagi, kamu bisa meminta orang lain membangunkan dengan cara yang unik. Misalnya, dengan menarik bantaldan selimut kamu sambil berkata untuk bangun atau memercikkan air ke wajah kamu dan masih banyak cara unik lain yang bisa kamu pakai.

  1. Berdo’a Untuk Bisa Bangun Pagi

Inilah cara ampuh yang harus kamu lakukan. Jika kamu yakin dengan niat kamu untuk bangun pagi ditambah berdo’a kepadaAllah agar dibangunkan pagi dengan cara-Nya, insyaallahini berhasil. Saya sendiri juga sudah membuktikannya.

  1. Buat Agenda Penting Yang Akan Dilakukan Besok

Tuliskan agenda yang akan kamu lakukan besok agar kamu semangat untuk bangun pagi dan sehera malakukan kegiatan itu. Mungkin ini adalah cara terakhir yang orang lain bisa bangun pagi karena ada suatu janji atau kegiatan yang tidak bisa diulang kembali. Dengan hanya mengingat atau menulis lalu ditempel pada tembok, setelah bangun pagi kamu langsung melihat tulisan itu dan tidak ingin tidur lagi karena ada hal yang harus dilakukan.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply