12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas yang Berlebihan

Posted on

Terbayang bayang dengan sesuatu yang akan kita kerjakan, dengan hadirnya rasa cemas dan takut pasti sudah sering dialami oleh semua orang. Apalagi, jika anda adalah orang yang penakut, seringkali rasa khawatir yang berlebihan menganggu pikiran anda dan membuat anda makin ketakutan. Jika perasaan seperti ini tetap anda pelihara, bisa saja anda akan stres menghadapinya. Inilah beberapa cara untuk menghilangkan rasa takut anda yang berlebihan :

12 cara ampuh menghilangkan rasa cemas yang berlebihan
12 cara ampuh menghilangkan rasa cemas yang berlebihan
  1. Sadar diri

Untuk menghilangkan rasa cemas anda yang berlebihan, sebaiknya anda menyadari bahwa rasa takut anda membawa dampak negatif pada diri anda dan tidak semua yang anda pikirkan itu akan terjadi pada kehidupan anda.

  1. Sekuat apa rasa takut itu?

Seberapa kuat rasa takut yang anda miliki? Anda harus mengetahuinya agar anda dapat melawan rasa takut itu, jika anda memiliki rasa takut yang cukup besar bisa saja anda akan takut pergi kemana mana karena terbayang akan hal hal jahat yang nanti datang pada anda.

  1. Mengetahui penyebab datangnya rasa takut

Mengapa anda takut? Tanyakanlah hal itu pada diri anda, jika anda sudah mengenali hal hal apa saja yang membuat anda takut, anda pasti lebih gampang untuk menghilangkan rasa takut itu dan berubah menjadi diri yang lebih baik.

  1. Tersenyumlah

Cobalah untuk melakukan pembicaraan dengan teman anda ataupun keluarga anda dan jika anda sedang sendirian cobalah untuk melihat hal hal yang membuat anda tertawa, yang bisa mengubah mood anda menjadi positif. Sebab, bisa saja rasa takut yang membuat aktivitas anda terganggu karena masalah dimasa lalu anda.

  1. Bayangkan hasil yang akan anda dapat

Pasti anda sudah tau mengapa anda takut? Jika sudah cobalah untuk memikirkan apa saja yang bisa anda dapatkan jika anda tidak merasakan rasa takut itu? Mulailah berpikir untuk menghilangkan rasa takut anda, pasti hidup anda akan lebih bahagia dan tentram lagi.

  1. Tidur yang cukup

Rasa takut berlebihan yang menyebabkan rasa stres muncul pada diri anda dan membuat anda tegang ketika mengahadapi suatu permasalahan, itu semua bisa anda hilangkan dengan mengambil beberapa jam untuk tidur. Sebab, kualitas tidur yang baik dapat menyegarkan pikiran anda ketika bangun tidur.

  1. Aromaterapi

Bau wangi-wangian yang sejuk dan dapat menenangkan pikiran ini, bisa membuat pikiran anda menjadi lebih baik lagi, rasa tegang akan tergantikan dengan rasa rileks. Sebab, bisa jadi rasa takut yang anda alami tersebut hanyalah rasa takut berlebihan akan hal hal yang belum terjadi pada anda.

  1. Melatih pernapasan

Mengambil napas dalam dalam lalu dikeluarkan dengan pelan pelan secara berulang ulang dapat membantu anda menenangkan pikiran anda, apalagi jika rasa cemas itu tiba-tiba datang pada anda. cara tersebut dapat mengurangi kepanikan anda, sebab pola napas yang teratur dapat menjadikan otak anda lebih rileks dan tubuh anda juga akan lebih nyaman.

  1. Kualitas makan

Nafsu makan akan berubah jika rasa takut menghadiri anda, tapi tetaplah untuk mengkonsumsi makanan bergizi agar pikiran anda tidak terganggu.

  1. Berinteraksi

Mungkin anda tidak percaya, jika berkumpul dengan teman anda dapat menjadikan pikiran anda lebih positif, sebab kebanyakan orang orang menjadi optimis karena teman bergaul yang selalu berpikiran positif.

  1. Menambah teman

Faktor utama yang dapat membentuk mental seseorang adalah lingkungan sekitar, bergaullah dengan orang orang yang mampu membawa anda kearah positif dan jika anda memiliki teman negatif bergaullah seperlunya saja.

  1. Konseling

Cobalah untuk mendatangi seorang ahli yang mampu menjelaskan bagaimana caranya agar anda dapat menghilangkan rasa takut anda. sebab, rasa cemas yang berlebihan dapat membawa dampak negatif kesehatan dan lingkungan sekitar anda, anda akan takut berinteraksi dengan orang orang sekitar anda.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply