Putus Asa
Putus Asa

Apa Saja Sih Yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa?

Posted on

Putus asa? Kata tersebut yang pasti sering terdengar saat kamu sedang menghadapi masalah berat. Kata putus asa tidak akan jauh dari  kata masalah. Masalah? Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata tersebut. Kata yang bisa merubah mood mu saat itu, yang sebelumnya merasa tenang dan damai, kemudian karena kata tersebut datang pasti kamu akan langsung merasa sedih, down, dan nggak karuan. Itulah fase hidup yang pasti dan harus dialami manusia. Sebuah masalah merupakan proses pendewasaan diri yang akan terus dialami oleh manusia seiring berkembangnya usia mereka. Tapi kamu juga harus bisa mengendalikan semua itu, jangan sampai permasalahan membuat kamu terpuruk dan jatuh. Bangkit dan sadari itu hanyalah sebuah fase kehidupan yang pasti akan dialami semua orang.

Penyelesaian Masalah
Penyelesaian Masalah

Semua orang pasti pernah mengalami sedih , gak mood, putus asa, dan menderita. Untuk mengurangi perasaan tersebut kamu harus bisa mengendalikan perasaan kamu. Tips berikut akan membantu kamu merasa lebih baik dan membuat kamu akan lebih percaya diri lagi.

  • Stop memprediksi masa depan yang akan kamu alami

Jika saat ini kamu sedang menghadapi suatu permasalahan, jangan pernah menganggap bahwa pasti hari-harimu yang lain juga akan buruk seperti hari itu. Itu adalah suatu pemikiran yang sangat salah. Jika kamu terus menerus berasumsi bahwa masalah tersebut akan terulang kembali besok, kamu nggak akan bisa hidup bahagia. Karena apa? Hidupmu akan dipenuhi dengan ketakutan yang sebenarnya tak perlu ditakutkan. Berhentilah untuk menebak-nebak masa depanmu, jalani semua ini dengan pikiran tenang dan selalu berpikirlah positif. Bahwa masa depanmu akan lebih baik dari masa lalumu. Hari ini akan lebih baik dari kemarin dan besok akan lebih baik dari hari ini.

  • Sadari bahwa kamu tidak sendiri

Tidak sedikit orang merasa sendiri dan tidak ada yang memperdulikanya saat dia ada masalah. Itu adalah hal yang wajar, tidak perlu merasa sendiri jika kamu memiliki suatu  masalah. Sebenarnya bukan mereka menjauhi kita, tapi kita yang sedikit menjauh dari mereka karena terlalu sibuk dengan masalah yang sedang dihadapi saat itu. Mereka sebenarnya selalu ada disekeliling kita, tapi kita yang semakin memojokkan diri karena masalah tersebut. Jadi mulailah lihat orang-orang yang perduli dengan kamu, sadari kamu tidaklah sendiri. Disekelilingmu pasti ada orang lain yang memperhatikanmu dan pasti akan membantu masalahmu jika kamu juga menyadari keberadaan mereka saat itu.

Sadari Teman Disekitarmu
Sadari Teman Disekitarmu
  • Yakin bahwa kamu mampu membuat perubahan

Masalah akan tetap menjadi masalah jika kamu tidak menyelesaikannya. Selesaikan masalahmu dengan membuat suatu perubahan. Membuat suatu perubahan bisa saja merubah skenario hidupmu yang sebelumnya buruk menjadi hal yang lebih baik lagi, dan siapa yang akan tau jika setelah membuat perubahan tersebut hidupmu lebih bahagia dan lebih tenang dari sebelumnya.

  • Jangan mengulur-ulur waktu

Jangan menunggu nunggu dalam menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi, semakin cepat kamu  menyelesaikan masalahmu itu, maka akan membuat masalahmu semakin  membaik. Walaupun mungkin kamu pernah mendengar tentang waktu yang akan  menyelesaikan semuanya, itu akan membuat kamu semakin putus asa dan semakin membuat masalahmu menjadi lebih besar dari sebelumnya karena kamu mengulur ulur waktumu. Segera akhiri masalahmu selagi ada waktu untuk dapat menyelesaikannya. Sebelum masalahmu semakin menjadi besar dan tak terkendali.

On Time
On Time
  • Ingat semua masalah pasti ada penyelesainya

Dengan bermacam macam masalah yang sudah menimpa kamu, jangan pernah membuat kesimpulan bahwa kamu akan segera mengakhiri hidupmu karena keputusasaanmu. Yakinlah bahwa masalah pasti ada ujungnya, ada jalan keluarnya. Jangan membuat pikiranmu menjadi ketakutan dan lemah untuk mencari ujung dan jalan keluar dari masalah tersebut. Itu hanya akan menjadikan kamu terpuruk dalam keputus asaan. Ingat semua masalah hanyalah sementara. Mendung tidak akan datang terus terusan, pasti matahari juga akan muncul. Tanpa ada mendung dan matahari, tidak akan ada pelangi. Tanpa ada masalah dan jalan keluar tidak akan ada kata kedewasaan dalam hidup ini.

Mulailah percaya pada dirimu sendiri, bahwa kamu bisa menyelesaikan masalahmu. Jangan merasa masalah akan terus datang menghampirimu. Dibalik semua itu akan terselip hikmah dan kebahagiaan tersendiri, ingat itu.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply