Say No To Hate
Say No To Hate

Kenapa Harus Saling Membenci Dan Menyakiti? Jika Damai Itu Lebih Indah

Posted on

Benci? Saya selalu bertanya tanya, kenapa ada kata itu ada didunia ini. Kenapa harus ada kata itu, kata yang pasti akan diikuti oleh kemarahan dan akan berakibat jelek, yaitu semakin menjauhnya suatu hubungan seseorang. Betapa indahnya hidup ini tanpa ada kata benci, pasti semua orang akan merasakan kasih sayang yang sebenarnya. Tapi itu semua hanyalah bayangan semu, Karena manusia tidak akan terbebas dari sifat itu.

Sebenarnya benci bermula karena hawa nafsu yang tak terkendali yang membebani hati dan perasaan diri sendiri. Kenapa sampai timbul perasaan  benci? Mustahil jika tiba tiba benci itu muncul dengan sendirinya tanpa adanya sebab, seperti rasa iri, prasangka buruk, kesombongan, hasutan, ketidak sukaan yang sangat dan sebab lainnya. Hal lain yang membuat sifat itu muncul adalah karena hati orang yang membenci itu telah kotor dan terkontaminasi dengan keburukan dan hawa nafsu yang sedang menguasai dirinya.

Pertengkaran Yang Tidak Memiliki Manfaat
Pertengkaran Yang Tidak Memiliki Manfaat

Membenci orang yang belum tentu bersalah itu akan menyakiti hati orang tersebut. Meskipun terkadang kebencian itu dianggap hanya hal sepele, tapi karena kebencian itu bisa membuat suatu masalah besar. Coba ingat tentang perang dunia 2, itu adalah hasil kebencian yang sangat berakibat fatal, karena banyak menelan korban dari orang yang tak bersalah. Yang sebenarnya itu adalah permasalahan 2 negara yang berujung pada peperangan besar banyak negara lain yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan masalah tersebut. Itu adalah hal nyata yang diakibatkan oleh kebencian. Dengan seperti itu, kebencian awal mula permusuhan besar tersebut.

Semua agama pasti akan melarang untuk saling membenci, Karena kebencian tidak akan bermanfaat dan pasti akan menimbulkan suatu permasalahan. Benci itu boleh, kok bisa? Ya bisa, asalkan yang dibenci itu kelakuannya bukan orangnya itu boleh. Karena jika kamu membenci orangnya, secara otomatis kamu juga akan membenci keseluruhan yang ada pada orang itu. Walaupun sebenarnya orang itu berbuat baik, tetap saja di mata orang yang membenci akan selalu terlihat salah. Maka dari itu jangan sampai kamu membenci orang lain hanya karena kesalahan yang dibuat oleh orang tersebut. Setiap manusia pasti akan melakukan kesalahan, itu pasti. Manusia itu nggak ada yang sempurna, jadi jangan pernah membenci orang lain karena sifatnya. Sifat itu pasti akan bisa dirubah semudah telapak tangan yang dibolak balikkan.

Damai
Damai

Buat apa kita membenci orang lain, jika dengan rukun kita bisa hidup dengan bahagia. Buat apa kita mencari kesalahan orang lain, jika kita belum bisa mengkoreksi diri kita dengan baik. Buat apa kita melakukan  sesuatu yang merugikan diri kita, padahal dengan melakukan hal yang baik dapat menguntungkan buat kita.

Hati seseorang yang penuh dengan kebencian itu bagaikan rumah kumuh yang kotor yang tidak pernah dibersihkan oleh pemiliknya. Cobalah membersihkan hatimu dengan selalu berfikiran positif dan jangan saling membenci, karena kebencian itu adalah sumber dari permasalahan. Seseorang yang pembenci itu sama dengan dia merendahkan kehormatannya sendiri, jika seperti itu tidak akan ada orang yang mau menghormati orang tersebut. Karena pada hakikatnya seorang pembenci itu akan terus terlihat kekanak kanakan, belum bisa bersikap dewasa dan bijaksana. Seorang pembenci akan terus memiliki mental lemah karena dia tidak melihat kemampuan yang dia miliki. Dia akan terus melihat kemampuan orang lain dan merasa rendah, karena merasa kemampuannya kurang dari yang lainnya dan mereka akan merasa iri dengan hal tersebut. Maka dari itu jauhi sifat benci yang hanya membuat hidupmu menjadai lebih buruk. Ubah pola pikirmu menjadi positif, jangan sampai kebencian bersemayam dihatimu. Pasti dengan seperti itu semua orang akan hidup dengan rukun, damai, dan tentram.

Demikian artikel kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply