7 Manfaat Mandi Subuh Sangat Memperbaiki Hidup

Posted on

Apa sebenarnya tujuan kita mandi? Yang pasti untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Orang yang jarang mandi pasti banyak kuman yang terdapat pada tubuhnya. Nabi saja sehari mandi sampai lima kali. Nabi setiap akan sholat selalu mandi. Sedangkan kita yang menurut kesehatan hanya cukup dua sampai tiga kali sehari masih bermalas-malasan.

Membahas tentang kesehatan yang sangat dianjurkan oleh para ahli salah satunya adalah di pagi hari bangun lebih awal agar segala aktivitas bisa dilakukan lebih awal. Dan ternyata, aktivitas tersebut jika dilakukan di pagi hari akan memberikan efek yang cukup efektif terhadap kesehatan, mood, produktivitas kita sepanjang hari.

Untuk selengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat mandi subuh yang harus kamu tahu terutama bagi orang yang memang memiliki kebiasaan ini.

  1. Terhindar Dari ResikoTekanan Darah Tinggi

Bagi kamu yang takut dengan penyakit darah tinggi jangan kawatir karena kamu bisa mengantisipasinya dengan rajin bangun awal di pagi hari dan mandi subuh. Beberapa penelitian seperti seorang yang ahli hypnotherapy dari Amerika, dia mengatakan bahwa mandi dengan air dingin saat pagi hari dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu, ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan seperti dapat mengurangi resiko pengerasan pembuluh darah dan varises. Kondisi seperti ini akan menjadian peredaran darah dalam tubuh kita lebih lancar. Jika peredaran darah dalam tubuh kita lancer, maka fungsi organ-organ dalam tubuh kita menjadi lebih maksimal karena mendapat pasokan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Meningkatkan Mood

Biasanya ketika pagi hari, kita merasa sangat malas untuk bangun apalagi jika harus menyentuh air untuk mandi. Padahal, jika kita segera bergegas untuk mandi di pagi hari setelah tidur semalam yang nyenyak, perupahan yang akan kita rasakan sangat luar biasa. Karena mandi di pagi hari saat subuh utamanya dapat meningkatkan mood kita. Jadi, tidak boleh heran jika ada seseorang yang rajin mandi subuh pasti terlihat lebih cerah dan bersemangat. Berarti dia sudah memiliki kebiasaan yang baik untuk mengawali harinya dengan mood yang selalu senyum.

  1. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih

Mandi subuh memiliki banyak manfaat yang luar biasa terutama untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, pernyataan ini telah dibutuhkan oleh sebuah studi di Inggris. Tugas sel darah putih di dalam tubuh kita adalah untuk melawan berbagai macam benda asing yang masuk pada tubuh kita seperti virus, bakteri dan lain-lain. Itulahtugas sel darah putihselain untukmembekukan darah seperti saat kita terluka. Oleh karena itu, sel darah putih sangat dibutuhkan bagi tubuh. Jadi kesimpulannya adalah mandi subuh dapat meningkatkan imunitas.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Asal kamu tahu, suhu tubuh kita akan meningkat saat satu jam sebelum bangun tidur. Lalu, apa yang akan terjadi setelah itu jika terkena air? Terutama saat subuh ketika kamu mandi dengan air dingin, tubuh kamu akan mencoba untuk memberikan kehangatan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme dalam tubuh, akan membuat tubuh kamu menjadi lebih aktif. Demikan secara otomatis juga menjadikan sirkulasi darah lebih lancer sehingga tubuh kamu menjadi lebih segar, bugar, dan bersemangat.

  1. Menyuburkan Rambut

Inilah salah satu cara yang harus dicoba bagi kamu yang ingin memiliki rambut subur dan sehat tentunya. Caranya dengan rajin mandi subuh dengan air dingin. Para ahli kesehatan dan kecantikan mengatakan secara spesifik bahwa menyuburkan rambut dengan sehat bisa dilakukan dengan rajin menyiramnya menggunakan air yang dingin. Jadi semangat untuk bangun pagi dan mandi subuh dengan air dingin, jangan lupa rambut disiram agar subur dan sehat.

  1. Mengecilkan Pori-pori

Tidak hanya menyuburkan rambut, ternyata para ahli kecantian juga mengatakan bahwa air yang dingin bisa untuk mengecilkan pori-pori. Tidak hanya tidur di malam hari yang dapat mengecilkan pori-pori,selain itu mandi subuh dengan air dingin juga membuat pori-pori terutama pada wajah menjadi lebih kecil dan rapat sehingga kulit terlihat lebih bersinar dan cerah.

  1. Menguatkan Memori

Jika mungkin kamu sering lupa dan tidak ingin semakin menjadi seorang yang pelupa ataupun pikun saat usia lanjut nanti, maka cobalah cara mudah ini yaitu dengan rajin mandi subuh. Guyurlah kepalamu dengan air dingin saat mandi subuh yang barangkali jika kamu lakukan dapat membantu meringankan beban seperti meredakan stress dan depresi yang mungkin  akan mempengaruhi pikiran dan jiwa. Rajin mandi subuh juga akan membuat otak menjadi lebih dingin sehingga siap bekerja dan berkonsentrasi seharian dngan daya ingat yang baik.

Ada satu hal penting yang  harus diketahui dan diperhatikan. Kamu tidak boleh mandi subuh jika sebelumnya begadang sampai pagi. Karena saat itu tubuh kamu masih dalam keadaan panas setelah bekerja semalaman. Hal ini yang membuat tubuh kamu lelah dan imun dalam tubuh turun. Dan jika kamu langsung menyiramnya dengan air dingin, maka kemungkinan besar berdampak negatif yaitu tubuh akan menjadi sakit.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply