5 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak yang Mandiri

Posted on

Di dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentunya mempunyai harapan kalau anak-anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang baik, kebanggaan orang tua, dan juga memiliki karakter atau sifat positif dalam segala hal. Dengan begitu, orang tua akan mencari cara untuk mendidik anak.

Orang tua juga telah melakukan segala cara untuk membahagiakan anaknya, dan para orang tua cenderung untuk memberikan apa yang diinginkannya. Namun hal ini tidak selalu baik dalam cara mendidik anak. Ada juga yang hidupnya sudah terbiasa nyaman dan mereka tidak pernah merasakan kesulitan dalam hidupnya, dan hal itu akan membuatnya menjadi anak yang tidak mandiri atau lebih mudahnya yaitu manja.

Orang tua yang baik pastinya menginginkan anak yang baik juga, maka dari itu anda harus berhati-hati ketika mendidik anak, apalagi pada masa perkembangannya. Karena pada setiap didikan yang sudah anda berikan kepada anak akan berpengaruh pada masa depannya.

cara-mendidik-anak-yang-baik

Yuk, simak! Bagaimana sih cara mendidik anak agar bisa menjadi anak yang baik dan mandiri.

  1. Jangan menuruti semua yang diinginkan anak

Anda memang sangat mencintai si buah hati, namun menuruti semua keinginannya adalah cara yang salah dalam mendidik anak. Karena hal ini akan membuat anak menjadi seorang yang manja, dan ia biasanya akan mengandalkan orang tua tanpa berusaha untuk mendapatkan apa yang sedang ia inginkan. Anda juga berusahalah untuk membiasakan anak berusaha mengerjakan setiap tugasnya dengan mandiri, dan berusaha untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Agar ia bisa belajar bertanggung jawab apalagi untuk dirinya sendiri.

  1. Jangan banyak melarang

Rasa ingin tahu anak dengan dunianya akan membuatnya ingin mencoba untuk melakukan apa yang ingin ia ketahui secara luas. Namun kebanyakan orang tua ini merasa takut yang akan dilakukan anaknya sehingga para orang tua sering melarangnya. Namun orang tua juga harus ingat, larangan yang telah ia berikan akan membuat rasa penasaran anak untuk melakukan suatu hala menjadi berbohong. Dan cara yang tepat yaitu bangunlah komunikasi antara orang tua dengan anak untuk mengingatkan si anak. Mungkin anda bisa memberi tahu resiko yang akan terjadi bila si anak melakukan hal itu, dan katakan pada mereka supaya berhati-hati pada apa yang akan mereka kerjakan.

  1. Ajarkan mereka agar tidak berbohong

Orang tua yang baik, tidak mengajarkan pada anaknya untuk berbohong. Namun sebagai orang tua yang baik supaya mengajarkan anak agar terbuka terhadap keadaan segala hal, baik keadaan perasaan yang sedang ia rasakan maupun kendala yang sedang ia hadapi. Jangan biarkan anak menutup perasaan yang sedang ia alami.

  1. Jangan pernah menghukumnya dengan kekerasan fisik

Untuk anda sebagai orang tua mungkin pernah merasakan marah dan kesal dengan ulah buruk yang telah ia lakukan. Dan untuk membuatnya merasakan kapok, mungkin anda sering kali menghukumnya dengan hukuman fisik, misalnya mencubit, memukul dan lain sebagainya. Jika si anak melakukan hal yang salah, jangan pernah menghukumnya dengan kekerasan fisik. Anda juga bisa dengan memberi arahan yang baik dan Bahasa yang mudah untuk di mengerti. Lebih-lebih anda bisa menerapkan system disiplin pada si anak.

  1. Berikan ia kasih sayang dan perhatian

Anak akan merasa lebih nyaman dan aman ketika orang tua menunjukkan bentuk kasih sayang dan perhatiannya kepada mereka. Apalagi ketika si anak sedang membutuhkan kasih sayang dan perhatian darimu. Rasa peduli ini akan membantu orang tua dalam hal mendidik anak.

Untuk menjadi orang tua yang baik adalah salah satu tanggung jawab dan tugas yang sangat mulia. Maka dari itu, akan supaya bisa menjadi orang tua kebanggan bagi si anak. Jika anda mendidiknya dengan baik, maka anak juga akan memberikan suka cita yang baik kepada anda maupun keluarga.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply