Manfaat dan Khasiatnya Mengkonsumsi Bawang Bombai
Manfaat dan Khasiatnya Mengkonsumsi Bawang Bombai

Manfaat dan Khasiatnya Mengkonsumsi Bawang Bombai

Posted on

Bawang bombai istilah kata dari kota Mumbay, maksudnya pertama kali yang membawa itu para  pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai ,yang sekarang kota itu disebut kota Mumbay.Bombai itu termasuk herbal biennial yang banyak dibudidayakan sebagai taman semusim, tapi kecuali produk benih.

Bawang Bombai
Bawang Bombai

Bawang bombai merupakan satu jenis dengan bawang yang biasanya digunakan untuk memasak makanan di Indonesia terutamanya seluruh dunia, dan tidak hanya digunakn untuk hiasan dari makanan entah itu karena bentuknya yang besar dan daging bawang yang tebal.

Bawang timur atau yang terkenalnya disebut bawang bombai ini berada  di dalam satu garis keturunan dari bawang merah.Perbedaan dari keduanya adalah baunya atau aroma yang terlalu menyolok itu bawang bombai.Harga Bawang Bombai lebih mahal dari pada harga dari bawang merah.

Kandungan yang Terdapat dalam Bawang Bombai :

Bawang Bombai di dalamnya terdapat kandungan asam amino, mangan, kalsium, allicin, sodium, vitamin C dan E, sulfur, minyak asiri, dan lain-lain.Kandungan yang ada dalam Bawang Bombai dapat menekankan kadar kolestrol darah, bisa meningkatkan HDL atau Kolestrol baik sampai 30 persen, dapat memperbaiki penyempitan pada pembuluh darah dan hipertensi(Darah Tinggi) dan masih banyak lagi.

Manfaat dan khasiat dari bawang bombai untuk kesehatan :

  • Menjaga Kesehatan Jantung agar tetap Terkontrol.

Para ahli peneliti memberitahu jika anda memakan setengah dari potongan bawang bombai itu dapat menurunkan kadar kolestrol jahat pada darah.Secara otomatis tekanan pada jantung akan terkontrol.Memakan bawang bombai dimakan dengan cara mentah dan mengkonsumsinya secara rutin.

  • Mencegah pertumbuhannya Kanker.
Mencegah Tumbuhnya Kanker
Mencegah Tumbuhnya Kanker

Bawang bombai adalah salah satu cara untuk mencegah pertumbuhannya kanker.Karena tingginya antioksidan dan senyawa sulfide yang ada dalam bawang bombai itu sangatlah efektif untuk menjaga tubuh anda dan dapat mencegah serangan sel kanker yang akan masuk kedalam tubuh.

  • Dapat Mencegah dari Penggumpalan Darah.

Bawang bombai dapat mencegah penggumpalan pada darah.Bawang bombai memiliki kandungan sulfur yang dapat menjaga peredaran darah dari penggumpalan darah.

  • Sebagai Anti Virus.

Anti Virus terdapat pada kandungan niacin yang ada pada bawang bombai.Kandungan niacia itu bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus, seperti penyakit flu atau pilek dan influenza.

  • Memperkuat Tulang-Tulang.

Tulang kuat karena kalsium.Bawang bombai memiliki kandungan kalsium sehingga dapat memperkuat tulang-tulang dan mencegah dari osteoporosis pada tulang.

  • Mengatasi atau Menyembuhkan Maag.

Dengan mengkonsumsi bawang bombai juga menjadi obat untuk penderita maag.Hal tersebut karena bawang bombai memiliki kandungan nutrium yang dapat menormalkan pada kadar asam lambung yang ada pada lambung.

  • Mengatasi Penyakit Cacingan.

Dengan mengkonsumsi bawang bombai dapat mengobati cacingan yang ada pada perut anak.Bawang bombai yang dimasak kemudian dikonsumsi pada anak yang menderita cacingan.

  • Sebagai Pencegah Mual.

Bawang bombai memiliki rasa panas dan pedas itu bisa sebagai penghilang rasa mual.Cara menggunakan sangatlah mudah yaitu dengan memarut bawang bombai dan kemudian tempelkan pada perut.Rasa panas dan pedas itu juga dapat digunakan untuk mengobati orang yang masuk angin.

  • Bisa Memperkuat Gigi.

Kandungan kalsium yang terdapat pada bawang bombai tidak hanya untuk memperkuat pada tulang saja, tapi juga dapat menguatkan pada gigi.

  • Menyembuhkan Penyakit Anemia.

Kandungan zat besi yang terdapat pada bawang bombai juga dapat sebagai obat penderita Anemia.Karena zat besi yang terdapat pada bawang bombai.

  • Meningkatkan Daya Ingat(Mudah Ingat).

Bawang bombai memiliki banyak macam vitamin yang sangat berguna untuk mudah mengingatkan daya ingat pada otak.Dan jika daya ingat pada otak meningkat maka akan terhindar dari yang namanya pikun dan mungkin berbagai macam penyakit pada otak lainnya.

Nah, setelah kita ketahui apa saja manfaat dan khasiatnya mengkonsumsi bawang bombai, apa anda yang masih tidak mau untuk mengkonsumsi bawang bombai yang berjuta manfaatnya untuk kesehatan ini.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply