Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan, Dan Arti Dari Topologi Star
Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan, Dan Arti Dari Topologi Star

Penjelasan Tentang Karateristik, Kelebihan, Kekurangan, Dan Arti Dari Topologi Star

Posted on

Topologi star?, mungkin masih banyak dari kalian yang masih belum tahu tentang topologi yang satu ini. Dan pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan tentang apa arti topologi star, karakteristik topologi star, kelebihan dan kekurangan dari topologi star. Semuanya itu akan aku jelaskan disini.

Penjelasan Topologi Star

Topologi Star
Topologi Star

Topologi Star adalah bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node/pengguna yang ada. Workstation-workstation yang ada dihubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Intinya topologi star ini menggunakan Hub/swich untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain. Hub/Swich ini berfungsi sebagai penerima sinyal dari komputer dan meneruskannya ke komputer yang lain yang masih terhubung dengan Hub/Swich ini.

Karakteristik Dari topologi Star

  1. Setiap dari Node berkomunikasi secara langsung dengan Central Node. Traffic data mengalir dari Node ke Central Node dan kembali lagi seterusnya.
  2. Mudah untuk dikembangkan karena setiap Node hanya memiliki kabel yang lansung terhubung ke Central Node.
  3. Jika megalami kerusakan pada salah satu Node maka yang terganggu hanya pada Node itu sendiri tanpa mengganggu Node yang lain.
  4. Dapat menggunakan Kabel Lower karena hanya menghandle satu traffic Node.

Kelebihan Dari Topologi Star

  1. Kerusakan pada satu saluran cuma akan memengaruhi pada saluran itu sendiri dan station yang terpaut.
  2. Tingka keamanan topologi ini termasuk tiggi.
  3. Kuat terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  4. Jika ingin mengurangi atau menambah station dapat dilakukan dengan mudah.
  5. fleksibel.

Kesimpulan yang kita dapat dari diatas adalah bahwa adanya kabel yang tersendiri untuk setiap Workstation ke Server, maka Bandwithnya akan semakin lebar sehingga dapat menambah atau meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga jika terdapat gangguan atau kerusakan disuatu jalur kabel maka gangguannya hanya terjadi pada jalur tersebut dan tidak mengganggu jalur yang lain.

Kekurangan Dari Topologi Star

  1. Boros dalam pemakaian kabel.
  2. Hub menjadi elemen yang kritis karena kontrol terpusat.
  3. Fungsi Hub akan sangat sensitive sehingga jika terdapat masalah pada Hub maka jaringan tersebut akan down.
  4. Jaringan sangat tergantung pada terminal pusat.
  5. Biaya jaringan mahal.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari diatas adalah kebutuhan kabel yang lebih banyak dibandingkan topologi yang lain. Karena setiap workstation yang ada memiliki kabel tersendiri yang terhubung dengan Hub/Swich dan juga di butuhkan penanganan yang khusus pada topologi ini.

Nah, sekian dulu dari saya jika terdapat kesalahan pada penulisan saya mohon untuk dimaklumi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya…

Gravatar Image
Saya adalah orang yang penuh akan keingintahuan dan ingin mencobanya. walaupun aku belum bisa melakukannya, maka aku tidak akan pernah menyerah untuk selalu mencobanya sampai berhasil. jika kalian tertarik ingin berbagi pengalaman/ilmu denganku silahkan berhubungan dengan saya... :)

Leave a Reply