6 Cara Menghilangkan Rasa Takut Buat Kamu Yang Mau!

Posted on

Orang pernah merasa takut itu hal yang wajar. Dari setiap manusia rasa takut itu normal dirasakan. Karena dengan adanya rasa takut itu, setiap orang akan lebih waspada dan berhati-hati sebelum melakukan sesuatu. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki rasa takut, mereka akan selalu merasa bebas melakukan sesuatu tanpa aturan dan cenderung ceroboh. Tapi, ada saatnya rasa takut dalam diri kita bisa menyebabkan masalahdan gangguan dalam kehidupan kita seperti menjadikan kita tidak ingin maju, menjadikan kita tidak kreatif, menyebabkan kita mengalami gangguan kejiwaan, dan lain-lain.

Selain rasa takut yang dialami oleh diri kita, para pengamat juga mengaitkan masalah ini dengan munculnya rasa cemas. Meskipun munculnya tidak selalu, tapi rasa cemas seringkali menyebabkan rasa takut muncul. Sebaliknya juga begitu, rasa takut bisa menyebabkan diri seseorang merasa sangat cemas.

Berbagai bentuk perasaan takut yang ada dalam diri seseorang bermacam-macam, munculnya bisa saja tergantung dengan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi seseorang. Beberapa contohnya seperti takut pada hal-hal  sepele sampai hal yang besar atau trauma. Misalnya takut pada gelap, takut pada ketinggian, takut pada hantu, takut pada kegagalan, takut pada perubahan, takut pada penyakit, takut untuk berbicara, takut ketika sendirian, dan trauma dengan sesuatu.

Lalu, apa penyebab dari munculnya rasa takut itu sendiri? Penyebab munculnya rasa takut dikarenakan oleh banyak hal, dan rata-rata penyebabnya adalah karena sesuatu yang membuat perasaan kita tidak aman. Bagaimana tindakan atau cara kamu saat melawan rasa takut sudah pasti berbeda dengan orang lain. Begitu juga dengan tingkat ketakutan dan kecemasan ang kamu rasakan juga berbeda dengan orang lain. Kenali dan ketahuilah rasa takut yang ada dalam dirimu agar kamu bisa mengendalikan dan bisa mencari solusi tepat saat menghadapinya.

Sekarang bagaimana ciri-ciri orang yang sedang merasa ketakutan? Orang yang sedang ketakutan biasanya nafasnya memburu tidak beraturan, jantung yang berdetak kencang,tubuhnya berkeringat dingin, otot-ototnya menjadi lemas atau tegang, sulit berkonsentrasi, tidak nafsu makan, merasa pusing, tubuhnya kaku dan sulit bergerak, menjadikan kita selalu waspada,perut merasa mual, dan lain-lain.

Jenis rasa takut yang kamu alami dalam dirimu bisa dihilangkan dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

  1. Kenali Dirimu dan Rasa Takut yang Kamu Alami

Ketika dalam situasi tertentu kamu pernah merasakan takut, cobalah untuk mengenali dan mengingat apa yang menyebabkan rasa takut dan cemas muncul. Misalnya, mungkin kamu merasa takut jika di rumah sendirian. Kamu juga merasa takut saat berada di tempat gelap dan tidak ingin mengunjunginya, kamu selalu berpiir bahwa di tempat gelap terdapat makhluk lain yang sedang mengawasimu meskipun kamu tidak bisa melihatnya atau kamu merasa takut jika ada penampakan, dan lain-lain.

Itulah salah satu contoh rasa takut yang mungkin ada dalam diri kamu. Adapun cara mengatasinya adalah dengan meyakinkan diri kamu bahwa tidak ada yang bisa membatasi hidupmu bahkan rasa takut sekalipun. Perasaan yang muncul dalam dirimu seringkali disebabkan karena bayangan dan angan-anganmu sendiri. Mungkin juga dari cerita-cerita yang kamu dengar padahal kamu sendiri belum pernah mengalaminya. Karena pengaruh film yang kamu lihat atau bisa juga karena trauma di masa lalu. Mungkin saat kamu kecil sering ditakut-takuti oleh orang tua dan orang-orang di sekitar kamu.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ini juga cara penting untuk menghadapi rasa takut. Dengan selalu percya diri kamu jadi tidak mudah mendengar omongan orang lain, jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal sekitarmu yang bisa menghambat pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Tetap percaya diri dan konsisten degan dirimu dan hatimu. Adapun cara untuk meningkatkan rasa percaya diri bisa dilakukan melalui banyak hal. Mulai dari belajar yang rajin untuk menambah pengetahuan dan mengatasi kegagalan, belajar ilmu bela diri dan menjalani gaya hidup sehat agar tidak merasa takut dengan penyakit maupun kematian, dan lain-lain.

  1. Bersikap dan Berpikir Positif

Biasanya orang itu takut dengan kematian, untuk mengatasi rasa takut mati bisa dilakukan dengan berpikir positif dan berbuat baik. Biasanya takut juga dengan cacian orang lain, takut jika melakukan sesuatu yang mengakibatkan dosa, takut jika berbuat salah padahal itu hal yang wajar. Hal-hal seperti itu bisa diatasi dengan berpikir dan bersikap yang positif serta jangan lupa untuk selalu berbuat baik. Perasaan takut mati, takut jika difitnah dan lainnya itu yang seringkali muncul jika kita berpikir negatif. Tetap jujur dan mentaati peraturan dan norma itu yang harus dilakukan.

  1. Rajin Berolahraga

Menurut ahli kesehatan, olahraga dapat membantu menghilangkan rasa stress dan cemas. Ini merupakan cara yang paling baik untuk membuat pikiran menjadi segar. Seperti halnya berlatih setiap hari untuk terbiasa, itu juga merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan dan melupakan rasa takut. Karena ketika kita berlatih atau berolahraga biasanya konsentrasi kita cenderung pada kegiatan yang sedang kita lakukan. Dngan cara begitu, rasa takut dan cemas akan hilang dengan perlahan.

  1. Tenangkan Pikiran dengan Bersantai

Bagaimana kebiasaan kamu saat bersantai atau relaksasi? Cobalah untuk belajar teknik relaksasi agar bersantaimu nyaman. Karena kemungkinan hal tersebut dapat membantu untuk membuat mental kita meningkat dan fisik menjadi tambah kuat sehingga tubuh menjadi lebih santai. Ada beberapa cara yang sederhana untuk relaksasi yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam dan tahan beberapa detik lalu keluarkan dengan perlahan. Bisa juga mengunjungi tempat-tempat yang tenang dan sejuk. Jika tidak bisa datang ke tempat seperti itu, maka kita bisa saja hanya membayangkan bahwa kamu sedang berada di suatu tempat yang menyenangkan. Jika butuh relaksasi tubuh bisa dengan pijat, spa, terapi dan lain-lain. Yang lebih baik jika kita beribadah.

  1. Tingkatkan Iman dan Takwa

Inilah cara ampuh untuk menghilangkan rasa takut. Di dalam ajaran islam ini adalahcara yang terbai untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa takut ataupun cemas. Katakutan dalam hati bisa diluluhkan dengan beribadah dan berdo’a agar mendapat solusi yang terbaik dari Allah. Karena apapun yang kita alami sudah ada qodarnya dan pasti ada solusinya. Tinggal kita mau atau tidak mencari petunjuk itu kepada yang memberi qodar.

Hidup dengan rasa takut akan membuatkita semakin stress dan sulit mengambil keputusan yang terbaik. Bahkan bisa menjadikan kita gagal dalam mencapai kesuksesan.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply