Ingin Motor Anda Awet? Inilah Beberapa Tips agar Motor Anda Awet dan Terlihat Mulus

Posted on

Sepeda motor atau kendaraan beroda dua ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Apalagi kalau kita lihat-lihat di sekitar jalan raya pastinya kebanyakan orang itu menggunakan sepeda motor. Mungkin karena harganya yang murah bila dibandingkan dengan mobil, motor ini juga merupakan kendaraan yang praktis dan mungkin lebih fleksibel untuk dipakai kemana-mana.

Para pencinta motor pasti mengidamkan motor yang awet dan mulus
Para pencinta motor pasti mengidamkan motor yang awet dan mulus

Dan dengan teknologi mesin motor yang semakin lama bertambah baik, dan sekarang ini juga motor cukup bisa diandalkan atau bahkan sangatlah diandalkan untuk melakukan perjalanan jauh seperti halnya lintas provinsi atau hanya menggunakan dalam jarak dekat.

Dan akan tetapi dibalik itu semua terkadang juga seseorang kurang peduli atau kurang memperhatikan akan keadaan motornya itu karena kesibukannya. Padahal dengan anda bisa meluangkan waktu sedikit untuk melakukan service atau perawatan pada motor anda itu sangatlah bermanfaat sekali bagi keawetan motor anda nantinya. Dan kemungkinan biaya motor yang mahal bisa anda hindari karena keawetan pada mesin motor anda, sehingga nantinya anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk reparasi. Berikut ini ada beberapa cara atau beberapa tips merawat mesin sepeda motor anda supaya awet, antara lain:

  1. Buat sepeda motor yang baru

Untuk sepeda motor yang baru mungkin anda tidaklah harus memanfaatkan perawatan gratis yang diberikan dari deler motor yang ada beli itu. Mungkin perawatan yang diberikan dari deler yang kita beli motornya itu hanyalah memberikan gratis  oli dan juga gratis service 3 kali jalan saja. Oleh karena itu, belum tentu motor yang masih baru tau gras mempunyai kesalahan dalam prakitannya. Dan anda seharusnya mengecekkan motor anda setelah menempuh jarak kurang lebih 500 km pada saat pemakain pertama, agar anda bisa mengetahui ada masalah atau tidak pada mesin motor yang baru anda beli itu.

Oke, dan selain itu juga pada awla pemakaian, mesin juga perlu penyesuaian gesekan dengan komponen-komponen lainnya, sehingga dalam hal ini perlunya penggantian oli lebih awal (pada 500 km), dan dalam hal ini sangatlah penting sekali, larena oli sendiri dapat lebih cepat bercampur dengan serpihan logam-logam akibat adnya gesekan pada komponen mesin.

Mungkin untuk motor yang bermesin 4, bisa dilakukan dengan menuangkan sedikit oli kedalam knalpotnya dan hal ini dapat membuat knalpot yang orisinil tahan lama dan awet, bahkan tidak mudah keropos. Dan sedangkan untuk motor mesin 2, anda tidak usah melakuakn hal seperti mesin 4 tadi karena pada dasarnya secara otomatis knalpotnya akan terpapar oleh oli.

  1. Mengganti oli sepeda motor

Mungkin dalam hal ini banyak orang yang terlalu menyepelekan tentang mengganti oli pada motor secara rutin. Tapi dalam hal ini yang perlu anda ketahuai adalah kapan yah waktu mengganti oli yang tepat untuk motor anda? Jika anda terlambat mengganti oli nantinya oli yang melewati batas itu akan menjadi en’cer dan mungkin tidaklah sesuai lagi dengan kondisi mesin anda nantinya dan pada jarak yang jauh oli akan semakin berkurang.

Kebanyakan orang itu akan mengganti oli sebagaimana pemakaian lama motornya, dan hal seperti ini biasanya berdasarkan hitungan bulan. Tapi cara seperti ini terkadang juga tidaklah baik bagi motor anda nantinya. Dan terlalu cepat ganti oli juga merupakan tindakan pemborosan. Jadi dalam hal seperti ini anda haruslah disiplin dalam mengganti oli motor dan anda juga haruslah berpatokan oada kilometer pemakaian oli tersebut dan hal ini akan membuat motor tetap awet dan selalu prima.

  1. Cara pemakian sepeda motor

Untuk hal ini anda janganlah terlalu suka menggeber-geber motor anda atau anda melakuakn tarikan gas spontan pad motor anda. Hal seperti inilah akan semakin mempercepat kerusakan pada motor anda nantinya, terutama pada rantai mesin, kopling, katup bahan bakar, piston dan juga stang piston. Apabila motor anda itu menggunakan gigi manual, sebaiknya anda memakai gigi yang sesuai juga dengan kecepatan motor anda. Intinya itu jika anda mempunyai sepeda motor ntah itu matic, gigi ataupun kuplingan sekalipun anda itu harus tahu bagaimana kemampuan motor anda, jangan sampai salah menggunakan kemampuan motor anda sendiri dan mungkin hal seperti ini akan mengakibatkan kerusakan pada motor anda nantinya.

  1. Usahan rutin melakukan tune up pada speda motor

Tune up sangatlah penting supaya anda bisa mengetahui ada berapa sih komponen motor anda yang aus. Mesin motor juga dapat berubah karena keausan yang terjadi dari beberrapa komponen mesin tertentu. Dan oleh karena itu, lakukanlah penyetelan ulang dengan cara tune up ini ke bengkel yang anda percayai. Jika anda merasakan motor sudah tidak nyaman pada saat dipakai seperti biasanya, maka ketika itu juga anda harus melakuakn tune up ke bengekel yang anda percayai.

  1. Memakai sepeda motor untuk menempuh perjalan yang jauh

Jika anda ingin melakuakan perjalan jauh ataupun anda akan keluar kota dengan menempuh jarak 90 km atau lebih? Mungkin lebih baik anda melakukan ganti oli terlebih dahulu. Karena perjalanan yang jauh dan nonstop ini akan membuat suhu oli motor anda menjadi mudah panas, dengan oli yang baru mungkin bisa mengatasi keadaan seperti ini menjadi lebih baik lagi. Apalagi untuk motor yang tidak menggunakan water cooler, sebaiknya motor yang seperti selalu mendinginkan mesin, dengan cara bisa berhenti sesaat pada sekitar kilometr 90 km ini.

  1. Menjaga kebersihan sepeda motor

Rajin-rajinlah mencuci motor anda supaya lebih awet lagi dan supaya motor anda tidak mudah berkarat dan keropos. Apalagi kalu sudah dipakai pada saat hujan. Dan usahakan jangan sudah dipakai pada saat hujan saja motornya di cuci, tapi sebisa mungkin seminggu 2 kali cuci motor. Karena kalau motor anda bersih orang juga akan memandangnya enak dan andapun tidak malu dengan motor anda sendiri.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply