bahaya minum air dingin

11 Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan, Bagi Kesehatan

Posted on

Bahaya minum air dingin setelah makan adalah salah satu dampak buruk yang di sebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan seseorang yang terlalu berlebihan. Minum air dingin memang sangat melegakandan menyegarkan saat di minum setelah makan. Dengan minum air dingin setelah makan memang lebih menyegarkan dari pada meminum air hangat. Berikut adalah beberapa bahaya minum air dingin setelah makan .

perut buncit karna minum es
bahaya minum dingin setelah makan menyebabkan perut buncit
  1. Menggagalkan proses penyerapan nutrisi.

minum air dingin setelah makan yang terlalu sering akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Salah satu nya adalah gagalnya proses penuyerapan nutrisi , hal ini terjadi karena nutrisi yang telah amsuk ke dalam tubuh tidak akan mampu terserap dengan baik dan juga proses penyebarann nutrisi ke dalam darah juga akan menjadi terhambat, ini terjadi karena masuknya air dingin secara berlebihan.

 

  1. Menggagalkan proses pembakaran lemak

Bahaya lain dari minum air dingin setelah makan adalah dapat menggagalkan proses pembakaran lemak dalam tubuh kita.  Bagi anda yang sedang melakukan progam diet yang baik maka anda supaya menghindari minum air dingin setelah makan, agar anda terhindar dari penumpukan lemak di tubuh anda. seperti di perut, paha, pipi, lengan dan pada bagian tubuh ynag lainnya.

 

  1. Memicu terjadinya sakit kepala.

Minum air dingin setelah makan terlalu sering dapat memengaruhi suhu tubuh secara tiba- tiba dan akan menimbulkan pelebaran pembuluh darah di sekitar area kepala yang akhirnya akan menyebabkan seseorang merasakan sakit kepala. oranhg yang sering minum air dingin setelah makan adalah kebiasaan orang yang sering makan makanan yang siap saji atau junk food.

 

  1. Menyebabkan perut buncit.

Dampak buruk yang di sebabkan karena  minum air dingin setelah makan  yang sering terjadi pada orang dewasa, baik itu pria maupun wanita adalah pembesaran perut atau sering di sebut dengan perut buncit. Hal ini terjadi karena, air dingin yang masuk dalam jaringan perut akan kesulita untuk di peruses oleh tubuh kita, ketika terjadi penumpukan lemak. Kondisi inilah yang dapat perut menjadi buncit.

 

  1. Pembesaran amandel.

Bagi anda yang memiliki kebiasaan minum air dingin setelah makan, maka anda harus berhati- hati karena dapat menyebabkan proses miningkatnya pembesaran pada amandel yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan makanan. Terjadinya pembesaran amandel ini dapat mengganggu sisitem opernapasan dan juga akan menyebabkan terjadinya iritasi ketika anda sering mengkonsumsi air dingin yang disertai dengan makan makanan yang mengandung lemak jenuh.

 

  1. Gangguan pada fungsi fisiologis.

Kebiasaan minum air dingin setelah makan terlalu sering dapat meningkatkan aliran darah ynag menuju ke otak. Hal ini lah yang akan menyebabkan gangguan fisiologis yaitu di tandai dengan rasa pusing yang timbul dan pergi lalu terserang pembekuan di otak.

 

  1. Merasa dahaga

Bahaya minum air dingin setelah makan sering kali di lakukan oleh anak- anak maupun orang dewasa yaitu seseorang tersebut akan sering merasa haus. Dengan meminum air dingin secara berlebihan mamp[u mengancurkan stabilita skeseimbangan tubuh, sehingga orang tersebut akan merasa cepat haus.

 

Minum air dingin setelah makan dapat menyebabkan peningkatan gas dan juga asam lambung dan pada jaringan perut menjadi tegang dan kejang. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami perit kembung dan perut akan terasa penuh. Akibat banayknya gas yang ada di jaringan perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan perut terasa begah.

 

  1. Gangguan pada ritme jantung

Bahaya minum air dingin setelah makan dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah menuju jantung. Akibatnya saraf- saraf yang ada di sekitar jantung yang menjadi tempat singgahnya air dingin dalam jumlah yang banyak dapat mnegganggu ritme jantung. Denyut jantung tidak beraturan dapat menyebabkan nyeri pad bagian dada dan juga akan menyebabkan sesak napas.

 

  1. Penyumbatan usus.

Terlalu sering minum air dingin setelah dingin dapat menyebabkan gangguan pada proses pengancuran serta penyerapan makanan dalam usus. Gangguan ini sering di sebabkan karena adanya suhu dingin air yang menjadikan struktur makanan berubah menjadi beku. Hal ini lah yang dapat menyebabkan pengendapan lemak pada saluran usus sehingga akan terjadi penyumbatan.

 

  1. Iritasi tenggorokan.

Bahaya yang dapat di timbulkan dari kebiasaan yang terlalu sering dari minum air dingin setelah makan adalah menyebabkan  iritasi dan peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit ketika sedang menelan ludah ataupun makanan. Iritasi pada tenggorokan ini dapat menjadi batuk.

 

Itulah beberapa bahaya yang dapat di timbulkan dari gaya hidup yang tidak sehat, yaitu sering minum air dingin setelah makan. Jika anda tiak ingin terserang beberapa bahaya diatas, maka usahaknlah untuk tidak meminum air dingin setelah makan. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply