Apa sih yang dimaksud dengan stress itu? Dan apakah stress ada obatnya?

Posted on

Stres adalah suatu keadaan atau satu kondisi yang sudah sangat umum dirasakan oleh banyak orang, saat anda merasa stress mungkin jantung anda akan berdebar kencang, telapak tangan anda akan berkeringat atau bahkan perut anda akan bergejolak saat anda sedang stress. Stres juga bisa anda rasakan saat anda sedang terbebani dengan pekerjaan, ketika anda mengalami krisis, ataupun ketika anda menghadapi sumber rasa takut seperti anjing yang sedang marah atau saat terbang dengan pesawat. Berlawanan dengan kepercayaan umum, stress sebenarnya juga merupakan respons yang biologis. Pada saat tubuh kita dirancang untuk dapat mendeteksi atau bereaksi terhadap stress. Bahkan ada yang mengatakan bahwa stress itu bersifat baik loh guys. Tetapi stress bisa menjadi berbahaya bila bersifat kronis.

stress adalah gejala yang sering dirasakan oleh banyak orang
stress adalah gejala yang sering dirasakan oleh banyak orang

 Stress juga telah memengaruhi kita sejak zaman nenek moyang kita loh, selalu menghadapi bahaya saat mereka harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya atau bahkan saat akan berburu binatang untuk bisa mendapatkan makanan. Hipotalamus yang ada di dalam otak adalah salah satu bagian yang bertanggung jawab untuk dapat mendeteksi penyebab stress ini. Hipotalamus akan mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang tempatnya tertetak di dekat ginjal kita untuk melepaskan dua jenis hormone yaitu: kortisol dan adrenalin.

Dan adapun tanda-tanda gejala stress antara lain sebagai berikut:

  • Otot akan tegang terutama di sekitar leher, rahang, bahu dan punggung.
  • Depresi dan kecemasan yang melanda.
  • Terjadi perasaan lelahterus menerus.
  • Cepat marah dan ini meyebabkan perubahan pada suasana hati.
  • Peningkatan tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol yang berlebihan.
  • Produksi air mania tau sel telur akan rendah.
  • Buang air besak tidak teratur ataupun susah buang air besar.
  • Kesulitan bernapas.
  • Palpitasi ataupun denyut jantung tidak teratur.
  • Akan merasa kelaparan.
  • Kesulitan dalam berkonsenterasi.
  • Gangguan tidur atau yang sering dikenal dengan sebutan insomnia.
  • Hilangnya dorongan seksual.
  • Kesulitan dalam mempertahankan ataupun menurunkan berat badan.
  • Kerentanan terhadap infeksi.
  • Kulit tidak sehat dan rambut mudah rontok.
  • Nyeri dada.
  • Mual, sakit kepala dan pusing.

Stres juga ada obatnya loh guys, ada beberapa jenis perawatan untuk menghilangakan stress ini. Mungkin beberapa diantaranya akan langsung mengatasi dampak dari stress ini, seperti halnya kecemasan dan depresi. Obat seperti statin juga dikenal dapat mengurangi kadar kolesterol dan resiko terserangnya penyakit jantung ataupun darah tinggi. Mungkin hal-hal berikut inilah yang paling sering disarankan oleh ahli kesehatan untuk bisa mengatasi atau menangani stress secara tepat, yaitu:

  • Latihan pernapasan: mungkin dalam hal ini sederhana , namun sangatlah efektif untuk bisa mengendalikan tingkatan stress karena ini bisa membantu anda tetap tenang dan membuat tubuh anda tenang. Pernapasan meredakan ketegangan otot anda dan bisa mengurangi perasaan cemas yang melanda pada diri anda.
  • Konseling: berbicara tentang penyebab stress anda kepada seorang ahli atau pada seorang teman ataupun keluarga ini juga dapat membantu mengatasi masalah pada pikiran anda nantinya.
  • Tidur: dengan tidur sebanyak mungkin, ini bisa membantu anda untuk rileks dan tidur juga bisa membantu menekankan nafsu makan pada diri anda dan memperbaiki sistem kekebalan pada tubuh anda.

Dan disini saya  akan membagi bagaimana sih cara menyenagkan untuk mengatasi stress. Untuk mengatasi stress, biasanya seseorang akan meluangkan waktu untuk berlibur ke tempat-tempat wisata, dan bahkan bisa ke luar negeri sekalipun. Tapi tenang saja guys, ternyata stress juga bisa anda atasi dengan cara yang lebih mudah dan lebih menyehatkan, yaiutu dengan anda mengkomsumsi beberapa jenis makanan sehat sebagai berikut ini:

  1. Ice Cream

Mungkin makanan yang satu ini udah gak asing lagi bagi anda, rasanya yang manis dan dingin ini memang sangatlah enak bukan. Jadi kalau misalkan kita sedang stress kalian bisa mendinginkan kepala anda dengan memakan ice cream.

  1. Coklat

Wah mungkin kalau cemilan yang satu ini mungkin sudah tidak diragukan lagi dan bisa mengurangi stress juga, dan walaupun ujung-ujungnya bisa bikin ada gemuk. Coklat yang manis juga bisa membantu menenagkan pikiran anda, dan membantu tubuh anda lebih rileks lagi.

  1. Susu

Minumlah susu yang rendah lemak yang memungkinkan tidak akan membuat anda gemuk tentunya. Dan cobalah anda meminum susu yang rendah lemak dan hangat sambil duduk dan merasakan indahnya pagi hari, mungkin cara ini mampu mengurangi rasa pada stress anda dan bisa membuat hati anda meras lebih tenang dan lebih baik lagi.

  1. Yogurt

Tidak jauh berebda dengan susu, yogurt juga akan lebih terasa jauh enak jika dimakan dalam keadaan dingin. Yogurt juga bisa mengembalikan kebugaran pada tubuh anda dan melancarkan pencernaan. Yogurt juga bisa menenagngkan pikiran anda saat stress.

  1. Teh Hijau

Mungkin banyak orang yang tidak tau akan hasiat the yang satu ini kan, teh hijau ini sangatlah has aromanya, bahkan aromanya mampu memberikan rasa tenang pada anda yang menghirupnya. Dan teh ini juga mengandung asam amino yang mampu menenagkan otak anda dari bermacam hal yang membuat anda stress. Minumlah teh hijau ini selagi panas karena bisa membuat diri anda rileks nantinya.

  1. Kedelai

Kedelai juga memiliki kandungan vitamin B, magnesium, kalium dan lain-lain. Dan manfaatnyapun tidaklah jauh berbeda dengan susu ataupun yogurt. Kedelai juga sangat baik sebagai pengganti susu yang rendah lemak. Oleh karena itu, anda janganlah khawatir akan gemuk bila mengkomsumsi kedelai ini, bahkan nantinya stress andapun akan hilang dan tubuh akan tetap kecil (langsing).

  1. Keju

Keju ini juga memiliki kandungan minyak hewan yang berfungsi meningkatkan kadar serotin yang ada pada tubuh anda. Sehingga dapat membuat otak merasa tenang dan mampu menangkal stress dan sepresi yang anda alami ini. Dan rasanyapun enak, gurih dan lembut dimulut jika dimakan.

  1. Buah

Buah yang kaya akan serat ini juga memiliki vitamin dan nutrisi lainnya. Bahkan buah juga bisa mengurangi rasa penat ataupun rasa kesal yang sedang anda rasakan. Buah sendiri juga memiliki kandungan gula yang alami yang mampu mengurangi rasa depresi yang anda derita. Dan cobalah anda mengkomsumsi buah ketika anda merasa sangat depresi, hal ini bisa membuat anda kembali segar dan lebih fresh lagi.

  1. Makanan Ringan

Mungkin makanan ini tidak ada sangkutannya dengan stress yang sedang anda rasakan, tapi anda bisa coba sendiri mungkin ketika anda sedang kesal, marah dan stress ambilah 1 bungkus makanan ringan yang kriuk-kriuk, dan lampiaskanlah rasa amarah atau rasa kesal anda pada makanan itu sehingga anda akan merasakan lebih baik lagi dari sebelumnya. Meskipun resiko seperti ini bisa berdampak gemuk pada diri anda nantinya, tapi tidak ada masalahnya jika anda mencobanya bukan dan bisa membuat anda lebih tenang dan senang kembali.

  1. Ikan

Ikan juga memiliki zat omeg 3, zat omega 3 sendiri ini bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada diri anda nantinya. Tapi apakah anda mengetahui bahwa zat omega 3 ini juga bisa membuat otak anda jadi tenang loh?  Mungkin karena itulah anda dianjurkan sarapa atau mnegkomsumsi ikan ini, supaya otak anda siap dan mampu mendapatkan berbagai macam tekanan.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply