bahaya minum dengan berdiri
bahaya minum dengan berdiri

Bahaya Minum dan Makan Sambil Berdiri

Posted on

Pernakah anda di tegur oleh orang tua, teman, saudara, guru mengenai  hal makan dan minum sambil berdiri? Jika anda pernah, mungkin setelah itu kita bertanya- tanya, mengapa hal tersebut di larang. Apa penyebabnya?  Mungkin sebagian besar anda berfikir bahwa hal tersebut ada hubungannya dengan etika dan sopan santun.  Memang hal ini di benarkan, namun tidak hanya itu ternyata ada alasan lain di balik etika dan sopan santun yang perlu anda ketahui.

bahaya minum sambil bberdiri
bahaya minum sambil bberdiri

Posisi yang paling aman ketika kita sedang minum atau makan adalah saat kita sedang dalam keadan duduk. Ketika kita sedang duduk sebenarnya saraf- saraf pada tubub dalam kadaan tenang dan juga siap untuk menerima air yang akan masuk kedalam tubuh kita. Selain di karenakan alasan kesehatan, posisi duduk ketika kita sedang makan atau minum juga sangat erat hubungannya dengan etika kesopanan dan sebagai gaya hidup sehay yang seharusnya di tinbgkatkan dalam kehidupan masyarakat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa minum dan makan sambil berdiri berbahaya bagi kesehatan tubuh:

 

  1. Sakit perut.

Ketika kita sedang minum atau makan sambil berdiri, maka yang terjadi adalah tenggorokann mengalami penyempitan dan berkerut, hal ini dapat mempersulit makanan untuk digiling halus dengan lancar pada system pencernaan. Kondisi ini lah yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut.

 

  1. Perut kembung.

Ketika kita minum atau makan sambil bersdiri menyebabkan air langsung masuk kedalam tubuh tanpa melalui dinding usus dengan baik dan akan mengalir dengan cepat. Hal inilah yang akan membuat seseorang mudah terserang perut kembung, terjadi rasa tidak nyaman pada perut, dan bahkan akan menimbulkan rasa ingin muntah.

 

  1. Keseimbangan tubuh terganggu.

Kebiasaan minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan saraf pusat akan merasa tertekan dan akan dipaksa untuk bekerja keras secara terus- menerus untuk menstabilkan kondisi tubuh yang tanpa kita sadari dalam keadaan tegang. Akibatnya saraf pada tubuh dalam kondisi stress dan hal ini dapat menimbulkan disfungsi saraf.

 

  1. Terjadi luka pada lambung.

Pada saat kita minum dan makan samil berdiri, kondisi air yang masuk dalam lambung kita secara tiba- tiba ini akan mengalir secara tidak merata dan juga akan mengaibatkan makanan yang ada dalam lambung sulit uuntuk di cerna. Hal ini dapat melukai dinding lambung yang nantinya akan meningkatkan kadar lambung pada lambung.

 

  1. Tertutupnya filter penyaring dalam ginjal

Kebiasaan minum dan makan sambil berdiri dapat menyebabkan filter penyaring pada ginjal menjadi tertutup. Sehingga air yang kikta minum akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak akan melewati proses penyaringan terlebih dahulu pada jaringan ginjal. Kondisi ini dapat mempermudah terjadinya penumpukan berbagai kotoran dalam saluran ureter yang dapat mengakibatkan gangguan pada organ ginjal.

 

  1. Terganggunya saraf kelana.

Seseorang  yang tidak mau mengubah kebiasaan buruk  ini yang tidak lagi minum dan makan sambil berdiri, maka hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung, yang menyebabkan saraf kelana akan terganggu. Akan terjadi refleksi saraf yang di sebabkan oleh reaksi yang tiba- tiba dari saraf kelana atau bisa di sebutr dengan saraf otak yang ke sepuluh. Yang hal ini tersebar hamper di semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan organ usus kecil dan juga saluran usus besar.

 

  1. Kristal ginjal

Air yang kita minum akan menuju ke kandung kemih tanpa di sariung terlebih dahulu. Ketika proses menuju ke kandung kemih, maka akibatnya adalah akan terjadi pengendapan di sepanjang perjalanan air. Hal ini di karenakan banyaknya limbah yang tersisa di ureter. Hal ini lah  pemicu terjadinya keristal ginjal.

 

  1. Disfungsi pencernaan.

Pada saat kita duduk, apa yang kita minum atau kita makan  akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan- lahan. Ketika kita minum atau makan sambil berdiri, hal ini akan menyebabkan jatuhnya cairan yang cukup keras ke dasar usus, dan akan menabraknya dengan keras. jika hal ini terjadi dengan kurun waktu yang lama, maka akan menyebabkan disfungsi pada pencernaan.

 

Itulah beberapa bahaya yang dapat di timbulkan dari minum dan makan sambil berdiri. Jika anda tidak ingin terkena bahaya tersebut, maka anda harus mengubah pola hidup anda yang tidak baik tersebut yaitu tidak lagi melakukan minum dan makan sambil berdiri.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply