Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Bagi Kehidupan
Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Bagi Kehidupan

Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Bagi Kehidupan

Posted on

Daun pandan merupakan tanaman yang memiliki bau wangi, anggota genus screwpine yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini secara umum memiliki semak yang berbentuk panjang, Dengan daun yang sempit dan menghasilkan bau wangi yang kuat. Daun pandan segar hanya memiliki bau wangi yang sedikit Bila dibandingkan daun pandan tua yang memiliki wangi yang sedap. Manfaat daun pandan yang menonjol yaitu sebagai bahan memasak atau pembungkus masakan . tak banyak yang tahu bahwa daun pandan bukan hanya sebagai bahan masakan tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari . daun pandan yang kering biasa digunakan sebagai atap rumah-rumah penduduk yang jauh dari perkotaan.

Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Bagi Kehidupan
Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Bagi Kehidupan

Manfaat daun pandan

Hay sobat kali ini saya akan mengulas apa saja manfaat daun pandan bagi kehidupan. Berikut beberapa manfaat daun pandan secara umum.

  • Bumbu Masakan

Daun pandan memiliki rasa yang manis dan bau yang wangi. Jadi tak heran bila daun pandan sering digunakan sebagai penambah harum masakan yang diikat dan simpul ditempatkan dalam sup masakan atau dipotong untuk digunakan dalam pudding, kue, minuman segar dan lain sebagainya.

Sekarang  tak perlu susah-susah mencari daun pandan karena Ekstrak daun pandan sekarang sudah tersedia ditoko-toko makanan khusus etnis.

  • Membungkus Makanan

Beberapa tradisi dan budaya yang menggunakan daun pandan untuk aroma masakan dengan cara membungkus makananya. Misalnya tradisi di India, yang melempar kan daun ke sumur terbuka yang bertujuan mengharumkan air dalam sumur. Beberapa  Koki di Asia Tenggara yang Menggunakan daun pandan untuk membungkus daging babi, ayam, ikan dan beras ketan yang bertujuan melindungi dan mengharumkan masakan saat memanggang atau mengukus masakan.

  • Anti Serangga

Daun pandan memiliki beberapa kandungan bahan kimia pembasmi, termasuk 2-asetil-1-pirolina (2AP). Misalnya sopir taksi di Singapura dan di Malaysia yang menggantung  tandun daun pandan di taksi mereka untuk mecegah infestasi kecoa.

  • Pengharum Ruangan

Daun pandan juga bisa di gunakan sebagai pengharum ruangan alami. Caranya mudah cukup memotong tipis daun pandan dan letakkan pada ruangan. Pengahrum ruangan dari daun pandan hanya bertahan wanginya 5 hari sampai 7 hari saja. Maka setelah beberapa hari segeralah ganti pengharum daun pandan.

  • Sebagai Komestik Atau Obat-obatan

Daun pandan bila dikonsumsi dalam jumlah besar akan memberi efek diuretik. Daun pandan juga digunakan dalam mengobati beberapa kondisi kulit. Dalam pengobatan Tradisional biasa menggunakan akar pandan sebagai pengobatan anti Diabetes karena daun pandan memiliki rasa manis yang tidak terlalu dan baik di konsumsi karna baik untuk melancarkan peredarahan darah kecil maupun besar. Aroma manis yang dihasilkan dari daun pandan ini membuatnya banyak diinginkan sebagai bahan parfum atau bahan kosmetik wangi lainya.

  • Peralatan Rumah Tangga

Pada umumnya daun pandan yang kering sudah tidak lagi bermanfaat dan tidak fleksibel. Secara historis, Daun pandan yang kering bisa digunakan sebagai atap rumah. Daun pandan yang kering juga bisa ditenun menjadi hasil kerajinan yang bermutu seperti tas, dompet, tikar, pakaian, keranjang dan lain sebagainya. Menurut pendapat ahli budaya menerangkan bahwa perempuan di kepulauan Pasifik menjahit dan merangkai daun pandan kering menjadi rok yang bagus. Daun pandan juga dapat di ubah menjadi mainan kecil yang unik. Yaitu perahu yang terbuat dari daun pandan kecil. Perahu-perahu-an ini biasa di mainkan anak-anak kecil yang ada di desa-desa.

Demikian sedikit Informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply