Gambar Keju

Mengupas Berbagai Manfaat yang Ada Pada Keju.

Posted on

Sebuah makanan yang berwarna kuning dan memiliki cita rasa sedikit asin yang bernama keju ini merupakan makanan yang dihasilkan melalui proses pengentalan atau koagulasi yang memisahkan zat padat yang ada dalam susu. Dalam proses pengentalan ini membutuhkan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet, yang kemudian dilanjutkan dengan proses pengeringan dan pengawetan. Dari satu jenis susu dapat diolah menjadi berbagai variasi keju, susu yang digunakan juga dapat bervariasi tergantung dengan jenis keju yang akan dibuat. Contoh dari beberapa jenis keju misalkan keju cheddar, keju mozzarella, keju edam, dan keju parmesan.

Gambar keju Parmesan
Gambar keju Parmesan

Ngomong-ngomong soal keju, keju ini dapat diolah lagi menjadi beraneka jenis makanan yang lezat dan sehat. Apalagi kebanyakan orang barat juga menyukai olahan makanan yang mengandung keju, hal ini menjadikan olehan keju semakin lama semakin berkembang dan bertambah benyak jenisnya. Namun dibalik kelezatan keju ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Antara lain: mineral, protein, vitamin, dan laktosa. Nah, karna kandungan ini menjadikan kehju mempunyai berbagai manfaat. Dibwah ini kita akan mengupas berbagai manfaat yang ada pada keju.

  1. Membantu untuk menjaga kesehatan mata.

Keju yang kaya akan kandungan vitamin A ini akan dapat menjaga kesehatan mata kamu. Vitamin A ini hanya salah satu jenis vitamin yang ada pada keju dari sekian banyak kandungan yang bermanfaat dalam keju.  Selain itu, vitamin A ini juga berguna untuk menjaga kesehatan kulitmu serta dapat melindungi dari infeksi.

  1. Membantu untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Nah, dengan mengonsumsi keju ini juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu, dan membuatmu untuk dapat tidur dengan nyenyak. Kerena di dalam keju ini mengandung triptifan yang terbukti ampuh dalam menangani stress dan dapat mengurangi adanya rasa khawatir saat kamu akan tidur. Caranya kamu dapat mengonsumsi keju ini dengan rutin setiap mau tidur, asalkan tidak berlebihan keju ini tak akan membahayakan padamu. Yang akhirnya kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak hingga pagi.

  1. Menjaga keelastisan kulit dan memudarkan bekas luka.

Selain vitamin A seperti yang saya jelaskan diatas, keju ini juga mempunyai kandungan vitamin K yang berguna untuk menjaga kulitmu untuk tetap elastis dan memudarkan bekas luka yang ada pada kulit, entah itu bekas luka terbakar, tergores, ataupun bekas memar. Kandungan vitamin K ini juga berfungsi untuk mencegah adanya penggumpalan darah dan akan melancarkan peredaran darahmu. Dengan peredaran darah yang lancer akan membuat kulitmu lebih sehat bukan?. Dan jika kamu termasuk orang yang mempunyai mata panda, vitamin K pada keju ini juga berguna untuk menyamarkan lingkar hitam yang ada dibawah matamu itu.

  1. Membantu Dalam Menambah Berat badan.

Susu yang menjadi bahan utama keju ini pastinya mempunyai kandungan seperti kalsium, lemak, protein dan mineral juga, yang membuat keju ini bisa dengan mudah membantumu dalam proses penambahan berat badanmu. Karna pasalnya keju ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

  1. Memperkuat susunan gigi dan tulang serta mencegah osteoporosis.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, keju ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi serta memiliki kandungan vitamin B. Dua zat inilah yang akan memperkuat tulangmu dan  membantu pertumbuhan pada gigi. Serta mempercerpat proses pembekuan darah, sehingga dapat membantu agar membuat luka cepat kering. Kalau sudah tulang kita kuat pastinya akan dapat mencegah oestoreporosis yang kemungkinan akan terjadi di saat lansia nanti.

  1. Sebagai pembangun jaringan otot.

Untuk yang satu ini agak rumit untuk bisa dipahami, karna keju ini yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan kendungan asam aminonya yang lengkap yang membantu untuk membangun jaringan otot serta memperkuat sistem metabolisme tubuh dan tulang.

Itulah beberapa uraian tentang beberapa manfaat keju, semoga bermanfaat.

 

 

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply