Manfaat kunyit untuk kecantikan

Posted on

Sebelum saya memberitahukan apa itu manfaat kunyit untuk kecantikan, mari kita bahas dulu tentang pengertian kunyit. Kunyit adalah salah satu rempah rempah tropis yang banyak digunakan orang untuk memasak dan juga pengobatan herbal sejak ratusan tahun lalu di Asia. Dan taukah anda jika kunyit banyak sekali memiliki manfaat bagi kecantikan terutama kecantikan untuk wajah?

Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan antara lain:

  1. Dapat menghilangkan jerawat

Kunyit dipercaya dapat menghilangkan jerawat, biasanya kunyit dibuat menjadi masker wajah. Caranya yaitu dengan cara mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau bisa 3 sendok makan air hasil perasan kunyit segar. Kemudian campur dengan sedikit yogurt dan madu. Aduk secara merata hingga menjadi pasta yang kental. Kemudian pakailah masker wajah dari kunyit tersebut selama 15 menit. Jangan sampai terlalu lama, sebab kunyit mengandung pewarna yang sangat sulit untuk dihilangkan. Setelah itu cucilah wajah anda dengan air bersih.

  1. Dapat mengatasi kulit yang berminyak

Manfaat kunyit selanjutnya yaitu dapat mengatasi kulit yang berminyak. Karena kunyit dapat mengontrol minyak yang berlebih dan sebum pada pori pori anda. Anda juga bisa membuat masker dari kunyit untuk kulit berminyak anda yaitu dengan cara campur 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan air jeruk nipis maupun air jeruk lemon. Kemudian pakailah masker kunyit tersebut pada wajah anda. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Dapat mengurangi bulu pada kulit

Manfaat kunyit selanjutnya yaitu dapat mengurangi bulu pada kulit, karena kunyit dapat memperlambat pertumbuhan bulu pada kulit. Jika anda ingin bulu anda tidak cepat tumbuh maka rajin rajinlah memakai lulur yang terbuat dari bubuk kunyit. Pakailah lulur selama seminggu dua kali.

  1. Dapat mengatasi pigmentasi

Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai anti inflamasi dan antiseptik. Artinya kunyit dapat mengatasi pigmentasi pada kulit anda dan dapat mendinginkan kulit yang terbakar karena terkena sinar matahari. Caranya hanya dengan mengoleskan campuran bubuk kunyit dan jus timun diamkan selama 20 sampai dengan 30 menit. Lakukan ini secara rutin.

  1. Dapat mengangkat sel kulit yang telah mati

Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai eksfoliasi, karena kandungan dan tekstur yang terdapat pada kunyit dapat mengelupas sel kulit yang telah mati secara lembut tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Caranya adalah buatlah scrub dari bubuk kunyit serta tepung chickpea. Lalu pakai kurang lebih 2 kali dalam seminggu secara rutin sebelum mandi. Scrub ini dapat menjadikan kulit anda menjadi lebih cerah dan bercahaya.

  1. Dapat menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kunyit dapat bermanfaat untuk mengatasi kerutan yang ada pada kulit serta  dapat memperlambat proses penuaan dini. Jika anda ingin mendapat efek anti penuaan dari kunyit maka buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan susu, 1 sendok makan jus tomat serta 1 sendok makan tepung beras. Kemudian pakailah masker tersebut pada wajah dan leher. Lalu diamkan selama 20 menit kemudian basuh dengan air dingin.

  1. Dapat mengatasi ketombe dan rambut rontok

Jika anda memunyai rambut yang berketombe ataupun rontok, anda jangan resah karena ada cara yang mudah dan murah yaitu dengan menggunakan kunyit. Karena kunyit mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan kulit kepala serta mencegah kerontokan pada rambut dan pengelupasan kulit kepala. Caranya yaitu cukup oleskan parutan kunyit di kepala anda.

Demikian artikel dari saya tentang manfaat kunyit untuk kesehatan semoga dapat menambah wawasan anda, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply