melawan-mimpi
Gapailah Mimpi-mimpimu

Bermimpilah! Tapi Jangan Lupa Bangun dan Wujudkan!

Posted on

Setiap manusia pastinya memiliki mimpi. Dan setiap orang itu bebas bermimpi dan harus memiliki mimpi apa saja. Sebab dengan mimipi itulah yang nantinya akan membawa  kita ke satu tujuan. Tujuan yang pastinya ingin dicapai, sebuah harapan yang ingin kita raih. Yang nantinya akan membuat diri kita mengukir senyum dan membuat diri kita bangga sendiri. Tak akan jadi masalah bila kamu mempunyai mimpi yang besar ataupun kecil, yang terpenting adalah kamu mau bangun dan mewujudkannya satu persatu.

Oleh karena itulah, untuk menjadikan mimpi-mimpi itu nyata di depan mata, kita harus mempunyai langkah-langkah agar semua mimpi-mimpi tersebut terwujudkan.

Menggabungkan mimipi-mimpimu dalam tabel prioritas.

melawan-mimpi
Gapailah Mimpi-mimpimu

Jika kamu mempunyai mimpi yang jutaan bahkan milyaran itu pun sebenarnya tak akan jadi masalah. Yang menjadi masalahnya adalah bagaimana dalam waktu yang singkat kita bisa mewujudkan milyaran mimpi-mimpi tersebut. Nah, untuk itu buatlah Tabel Prioritas. Yang kamu lakukan adalah membuat urutan-urutan mimpimu yang sangat kamu inginkan menjadi nyata, sehingga sedikit demi sedikit nantinya kamu akan melengkapi mimpi-mimpimu. Jika kamu masih saja bingung dan tidak mengerti mana sih yang menjadi prioritasmu, dengan itu cobalah untuk menenangkan diri lalu bertanya pada diri sendiri seenggaknya untuk satu tahun ke depan kamu ingin menjadi apa? Apa yang kamu inginkan? Dan apa yang sangat ingin kamu capai? Setelah kamu mengerti dan memahaminya lalu sudah kamu susun dengan rapi, maka untuk menjalani hidup pasti akan lebih mudah dari sebelumnya karena kamu memiliki mimpi-mimpi yang tersusun.

Pengujian diri dengan deadline.

deadline
Deadline Sebagai UJian Diri

Dalri semua mimpi-mimpimu yang sudah kamu prioritaskan, maka berilah waktu sampai kapan kamu bisa menyelesaikannya. Karena tanpa batasan waktu mimpi-mimpi tersebut hanyalah menjadi angan-angan saja. Akan tetapi, yang harus kamu tahu dan perhatikan saat menetapkan deadline adalah bagaimana kondisi yang saat itu kamu miliki. Seberapa jauh kemampuanmu untuk mencapai apa yang kamu inginkan dan ini adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Lebih baiknya lagi kalau kamu membuat batasan waktu yang lama namun pasti dan masuk akal, daripada kamu menentukannya terlalu cepat namun tidak mungkin kamu jangkau. Hal ini yang nantinya akan membuatmu kecewa dan tidak bersemangat lagi.

Menuliskan tujuan mimpi-mimpimu untuk menjadi langkah awal memotivasi diri sendiri.

menulis
Tulislah Tujuan Mimpimu

Banyak dari kita yang diantaranya mempunyai mimpi segudang. Akan tetapi jika ditanya apa tujuan dari mimpi-mimpi tersebut mungkin responnya hanya tertegun dan nggak tahu apa jawabannya, dan yang kalimat yang terlontar yaitu “Ya aku pingin aja”. Kalimat ini tak bisa menjadikan mimpi kamu tercapai dan mulai sekarang tulislah mimpi berserta tujuannya. Mengapa harus ditulis? Karena dengan adanya kamu menulis tujuan mimpimu yaitu untuk menjadi langkah awal memotivasi diri supaya kamu mampu melawan bermacam-macam rintangan dan beban yang berat ketika kamu akan mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Kemanapun kakimu melangkah sertailah mimpi-mimpimu.

langkah-kaki
Melangkahlah ke Arah yang Baik

Segala macam rintangan dan beban serta godaan pastinya akan selalu ada dan menghantui diri kita masing-masing bahkan bukan hanya menghantui bisa jadi menghasut kita ke dalam kehidupan kita disaat kita sedang berusaha meraih mimpi tersebut. Rintangan yang membuat kita menjadi putus asa dan godaan yang selalu membuat kita terlena untuk meninggalkan semua yang sudah kita perjuangkan. Oleh karena itulah, supaya mimpimu tidak macet di tengah jalan hanya karena keputusan yang ceroboh bawalah mimpimu itu kemanapun langkah kakimu ingin melangkah. Selalu dekatilah mimpimu agar kamu selalu ingat dan tidak mudah menyerah. Dan hal ini bukan hanya kamu simpan dalam pikiranmu akan tetapi kamu juga bisa menuangkannya dalam sebuah tulisan atau bahkan gambar yang bisa kamu bawa kemanapaun kamu ingin pergi. Dan jika ada godaan yang membuatmu putus asa maka bukalah kembali tulisan dan gambaranmu tentang keinginanmu itu.

Jika kamu berhasil, maka hadiahkanlah dirimu sendiri.

benteng
Jalan-jalan

 Hargailah dirimu sendiri ketika kamu berhasil mencapai salah satu keinginanmu. Karena hal inlah yang akan membuatmu lebih mudah mempertahankan konsistensi untuk mencapai tujuan. Tidak perlu hal yang mewah dan mahal untuk menghadiahkan diri sendiri. Kamu juga bisa memberi dengan hadiah-hadiah kecil. Atau kamu juga bisa menghadiahkan dirimu dengan bermain ke tama air atau ke tempat wisata yang tidak memakan biaya banyak. Hal ini akan membuat dirimu bahagia walau hanya kesederhanaan.

Dalam menggapai mimpi pasti ada jatuh dan terluka karena dia termasuk dalam bagian mimpi itu sendiri.

terluka
Jatuh dan Terluka itu Pasti

Entah itu batu kecil ataupun batu besar yang menghadangmu, baik itu masalah yang membuatmu kecewa atau sebuah hamabatan yang membuatmu menangis dan ingin menyerah itu semua pasti ada disetiap kamu akan mewujudkan impianmu itu. Karena pada dasarnya dalam perjalanan hidup tidak ada yang selalu mulus. Dalam jiwa seorang pejuang harus memiliki sifat yang sabar, tabah dan pantang menyerah. Jika kamu ingin menangis karena terlalu menyakitakan maka tak apa menangislah, akan tetapi selanjutnya bangkitlah dan kembalilah kuat untuk berjuang kembali. Carilah sebab permasalahan dari kegagalanmu itu dan perbaikilah agar tidak menjadi suatu kebiasaan yang mensia-siakan.

Melangkahlah dengan irama yang sesuai untuk menuntunmu mewujudkan mimpimu.

melangkah-sesuai-irama
Melangkahlah Sesuai Iramamu

Langkah terakhir yang bisa mewujudkan mimpi-mimpimu itu adalah melangkah dengan irama yang sesuai. Irama seperti apa yang ada dalam hidupmu? Itu yang bisa menjawab hanyalah dirimu sendiri. Jika kamu belum mengerti maka fokuslah pada satu tujuan terlebih dahulu. Jangan mencampurkan dengan hal-hal yang nantinya akan membuat impianmu terhambat. Misalnya seperti kamu mempunyai keputusan menabung untuk membeli sesuatu yang kamu butuhkan maka kendalikan dirimu untuk tidak mengambilnya hanya untuk sesuatu yang kamu inginkan saja bukan yang kamu butuhkan. So, tetaplah bersabar untuk hadiah yang lebih besar.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply